MINGGU KE-8 SAMPAI MINGGU KE-14

Wow…wow…wow…
Blog ini bener2 berdebu, huff…*tiup debu dimana-mana*, yah…aku maklum ko’ ama diriku sendiri, jangankan rumah online ini(*baca : blog), rumah ku ajah jarang aku bersihin, opss…(*baca: selama hamil), klo bukan karena hubbie pulang dari tugas nya luar kota, atau si eda yang bersihin, mungkin bisa diitung jari dech aku bersihin rumah selama 3 bulan terakhir, bukan karena dimales2in tapi emang bawaannya ndak ada tenaga selama hamil ini, mungkin pengaruh mual muntah jadinya bawaannya pengen istirahat mulu klo udah dirumah, eh..klo di kantor juga dech :D. Anw, mau cerita tentang minggu ke-8 ampe minggu ke-14 kehamilan ku, sambungan cerita yang ini 

Minggu ke-8

Minggu pertama ditinggal hubbie tugas keluar kota lagi, dan ini proyek yang multi years, which is pasti lama bgt proyeknya dan bakalan sering ditinggal tugas :(. Sebelum hubbie berangkat, kami kontrol ke dokter dahulu, seperti yang udah aku sebutkan sebelumnya, kami ke dr. Zaman Kaban, dan hasil usg nunjukin bahwa calon dedek untuk bertambah besar, walau masih belum berbentuk(baca: masih gumpalan bulat gitu). Bertepatan weekendnya ntuh adalah hari ulang tahun ku, jadi aku pulang ke siantar, SENDIRI eh ndak denk ama si dedek didalam perut :). Selama perjalanan pulang ke siantar, mual dan pengen muntah yang amat teramat sangat, gitu juga ampe siantar ndak berhenti-henti juga mual dan muntahnya. Semua yang pengen dimakan, diminta dan disediain MA’eee ama adek2 (baca: nginepnya dirumah, ndak dirumah mertua), tapi setelah masuk beberapa saat langsung keluar lagi, aku lemas dan tak bertenaga dan buat semua orang di rumah sedih, dan air mata si MA’eee po’on keluar gitu ngeliat kondisi ku seperti ntuh.

Berikut adalah apa saja yang terjadi selama minggu ke-8 kehamilan:

  • Di usia kehamilan 8 minggu, janinpanjangnya sudah lebih dari 12 mm.
  • Jari-jari tangan dan jari-jari kaki janin berkembang.
  • Lengan dan tungkainya tumbuh semakin panjang.
  • Di minggu ke-8 kehamilan, pergelangan tangan, siku dan pergelangan kakinya sudah kelihatan.
  • Kelopak matanya terbentuk dan telinga, bibir atas dan ujung hidung sudah semakin jelas.

Minggu ke-9

Belon ada perubahan untuk mual muntah yang aku alami, pokoknya ndak tau apa yang enak dimulut dan perut, semua yang masuk karena ndak menimbulkan aroma ‘aneh’, aku coba masukkan walau tetap dikeluarkan dari dalam dalam waktu yang tidak cukup lama setelahnya.

Saat hamil 9 minggu, bagian-bagian dan proporsi tubuh janin terus berkembang dan berubah dengan cepat:

  • Selama minggu ke-9 kehamilan, janin tumbuh sampai sekitar 2.5 cm, atau kira-kira sepanjang buah zaitun.
  • Pada minggu ke-9 kehamilan, rangka tubuh janin sudah mulai mengeras. Proses pengerasan tulang-tulang ini (osifikasi) dimulai dengan terbentuknya tulang rawan.
  • Jari-jari tangan, jari-jari kaki, lutut, dan sikunya tumbuh.
  • Puting susu dan folikel rambutnya terbentuk.
  • Sistem pencernaan – pankreas, saluran empedu, kantong empedu, dan anus – terbentuk. Ususnya memanjang.
  • Organ-organ reproduksi janin mulai tumbuh Anda hamil 9 minggu.
  • Otot-otot berkembang dan janin mungkin sudah mulai bergerak – bisa merasakan gerakannya dalam beberapa minggu lagi.

Minggu ke-10

Sesuatu kejadian yang sangat ndak diharapkan terjadi ama aku. Beberapa hari belakangan emang dikawasan rumah sering mati lampu, dan pagi ntuh seperti biasa aku dibangunkan oleh rasa mual dan munta, akhirnya dari kamar langsung lari ke arah kamar mandi, dan saat ntuh gelap karena sepertinya lampu masih mati, tanpa memperhatikan lantai, setelah keluar dari kamar mandi aku jatuh dan kepleset. Rasanya pengen nangis, cepat-cepat aku kekamar ngeliat apa ada sesuatu yang keluar di celana dalam aku, tapi Puji Tuhan ndak ada. Akhirnya nelfon hubbie dan MA’eee ceritainnya karna takutnya, akhirnya hubbie langsung berangkat pulang ke Medan karena kuatir sangat juga.

Saatnya hubbie pulang dari proyek kita langsung kontrol ke dokter dan puji Tuhan si dedek sehat2 ajah kata dokternya dan begitu juga saat kami lihat dilayar usg, karena dokter ngeliat kami parno akhirnya disuruh istirahat 3 hari. Selama hubbie di rumah dan di samping ku, sungguh sangat senang rasanya mendapatkan perhatian yang begitu luar biasa dari pria luar biasa itu. Rasanya tenang, ndak kuatir apapun, justru hubbie yang kuatirnya berlebihan ngeliat aku ndak bisa makan apa-apa dan ndak pengen apa-apa.

Setelah beberapa minggu hidup menjadi embrio, pada akhir minggu ke-10 kehamilan, calon janin sudah menjadi fetus*. Apa saja perubahan-perubahan lain yang dilalui janin selama minggu ke-10 kehamilan, berikut dijelaskan:

  • Memasuki minggu ke-10 kehamilan, ukuran janin sudah lebih dari 2.5 cm. Memasuki akhir trimester pertama, janin akan tumbuh menjadi sekitar 7.5 cm – kira-kira sepanjang buah kiwi. Namun ukuran ini tidak terhitung lengan dan kaki. Karenakan pada trimester pertama, janin diukur dari atas kepala ke bawah bokong.
  • Memasuki awal minggu ke-10 kehamilan, organ-organ utama janin sudah terbentuk semua.
  • Ekor embrionya, yang berada di dasar ujung saraf tulang belakangnya, sudah menghilang.
  • Tulang-tulangnya terus berkembang. Saat di-USG, tulang-tulang janin tampak berwarna putih.
  • Pada usia kehamilan 10 minggu, kedua telinganya semakin mendekati bentuk aslinya.
  • Bakal giginya sudah muncul dan kelopak-kelopak matanya berkembang terus.
  • Testisnya sudah mulai memproduksi hormon pria testosteron sekitar minggu ke-10 kehamilan.
  • Jari-jari kaki dan jari-jari tangan yang mungil sudah utuh terpisah (tidak ada lagi selaput di antara jari-jari).
  • Selain itu, pertumbuhan otak janin benar-benar sudah dimulai. Setiap menit ada 250.000 neuron baru (atau sel otak pertama) yang dihasilkan.

Minggu ke-11

Masih dengan mual dan muntah yang sangat berteman baik, tanpa hubbie disamping rasanya bercampur aduk, bukan pengen ngeluh, cuma ndak pernah rela saat hubbie udah bilang “Besok eyan ke lapangan lagi ya sayang”, hiks..aku jadi ngerasa wanita yang sangat lemah. Tanpa ada hubbie di rumah, berangkat dan pulang kantor sendiri, dengan kemacetan kota Medan yang sungguh luar biasa dan jarak rumah-kantor yang lumayan jauh, bawaannya setiap pulang kantor, mandi langsung tidur, yak…dan tengah malam kebangun sambil bengong2 :(.

Selama minggu ke-11 kehamilan, janin mulai tumbuh semakin cepat dan tubuh terus menyesuaikan dirinya menghadapi perubahan-perubahan yang akan terjadi.

  • Pancaran cahaya kehamilan? Ya, itu nyata! sudah mendengar bahwa ibu-ibu yang mengandung hampir memancarkan cahaya di wajah mereka dan mungkin merasakan sendiri hal ini. “Pancaran cahaya” ini berkat naiknya volume darah, yang bisa menyebabkan kulit kelihatan agak memerah dan kencang. Selain itu, hormon-hormon dalam tubuh menambah jumlah minyak pada wajah, sehingga kulit tampak lebih halus dan agak bercahaya. Pada titik ini mungkin ingin mempertimbangkan untuk beralih ke produk-produk kulit bebas minyak, jika belum.
  • Kandungan terus membesar selama minggu ke-11 kehamilan agar dapat menampung janin yang terus bertambah ukurannya. Mungkin bahkan mengalami tusukan-tusukan ringan saat pembesaran ini terus terjadi.
  • Jerawat juga bisa menjadi suatu persoalan bagi wanita hamil. Di samping memancarkan sinar kehamilan yang menyenangkan, minyak-minyak yang meningkat dari tubuh juga membuat lebih mudah berjerawat.Kabar baiknya? Masalah ini hanya bersifat sementara dan bisa hilang setelah melahirkan.

Minggu ke-12

Horeee…..hubbie pulang, dan seperti pulang-pulang sebelumnya komennya pertama kali ngeliat aku, “Makin kurus lagi sayang…”, hiks…buat aku sedih dan kuatir ama si dedek di dalam. Kalau wanita biasa sich seharusnya ngelonjak kegirangan kalau dibilang gitu, tapi saat ini sebenernya aku ndak pengen dengert ntuh, udah berbadan 2 ko’ malah jadi kurusan. Akhirnya waktu nimbang, beneran turun 3KG dan buat ndak sabar kontrol lagi dan ngeliat kondisi dan perkembangan si dede. Nafsu makan sama sekali belum ada, dan semua makanan masih ditolak dari dalam.

Dari bagian-bagian yang tadinya mungil ke perubahan-perubahan yang besar, pertumbuhan janin terus berlangsung dengan perubahan yang nyata selama minggu ke-12 kehamilan:

  • Saat hamil 12 minggu, bagian-bagian wajah janin terus menjadi semakin jelas, terlebih hidung dan dagunya.
  • Kuku tangan dan kuku kaki yang mungil sudah ada pada janin saat hamil 12 minggu.
  • Jantung janin bahkan bisa lebih cepat beberapa denyutan per menit.

Minggu ke-13

Kembali lagi, hubbie harus berangkat ke lapangan dan itu artinya jadwal kontrol si dede lagi, wuiss…si dedek ama hubbie kompak bener, setiap sehari sebelum berangkat ke lapangan(baca: luar kota tempat proyek hubbie tugas) selalu jadi jadwal ketemu ama si dedek.  Waktu kontrol ini udah keliatan lengkap anggota badan si dedek, di layar monitor usg keliatan dia bergoyang-goyang, aku dan hubbie bahagianya ngeliat perkembangannya ampe si hubbie bengong ngeliatinnya. Dokter bilang dedek sehat, puji Tuhan dan hubbie pun tenang bisa ninggalin kami buat berangkat esok nya kelapangan lagi.

Pada minggu ke-13 kehamilan, organ-organ tubuh, saraf-saraf dan otot-otot janin sudah terbentuk dan mulai bekerja sama. Sudah waktunya untuk fokus pada pertumbuhan!

  • Minggu ini, ukuran janin kira-kira sepanjang buah plum.
  • Mata dan telinga sudah tampak jelas. kelopak mata janinmenyatu satu sama lainnya untuk melindungi matanya yang masih berkembang.
  • Jaringan, yang akan mengeras menjadi tulang, sedang berkembang di kepala, lengan, dan kaki janin. Tulang-tulang rusuknya yang mungil mungkin sudah bisa dilihat.
  • Dia sudah bisa bergerak! Janin mungkin tersentak-sentak menggerakan badannya saat dia meregangkan lengannya dan menendang-nendang kakinya, tetapi Anda belum bisa merasakan gerakannya paling tidak dalam beberapa minggu lagi.
  • Pita suara terbentuk.
  • Sistem peredaran darah janin membantu membersihkan toksin dari tubuhnya.
  • Saat hamil 13 minggu, ukuran kepala janin mungkin ada setengah dari ukuran badannya.

Minggu ke-14

Benar-benar lemah dan hubbie ndak memungkinkan untuk pulang ke Medan, jadi minta MA’eee datang ke Medan. Selama seminggu MA’eee di Medan, puji Tuhan sukacita banget, bisa ngerasa dimanja lagi seperti saat belum menikah. Masih disuapin makan, masih dipijitin pulang kantor, sebelum tidur dan kalau kebangun tengah malam bisa dipuk-pukin ama MA’eee, bener-bener anak manja, seperti bukan calon seorang ibu, kalau ada orang yang liat dan berkomentar, I’m blessed. Tapi MA’eee ndak bisa berlama-lama karena banyak tugas dan kewajiban yang harus MA’eee lakukan di Siantar.

Dengan banyaknya bagian tubuh janin yang menjadi semakin lengkap selama minggu ke-14 kehamilan, sebagian besar dari perkembangan minggu ini berfokus pada sistem reproduksi kecil janin:

  • Saat hamil 14 minggu, panjang janin kira-kira sudah sekepalan tangan.
  • Pada anak laki-laki, sekarang kelenjar prostat terbentuk. Pada anak perempuan, indung telur kini bergerak masuk ke tulang panggul dari area abdomennya.
  • Kelenjar tiroid janin sudah berfungsi dan menghasilkan hormon.
  • Pada minggu ke-14 kehamilan, langit-langit mulut janin sudah terbentuk sempurna.
  • Kepalanya akan tumbuh empat kali dari ukurannya saat ini dan volumenya naik 60 kali saat ia lahir.

Begitu dulu ceritanya, sebelum kontrol lagi bertemu si dedek. Ndak sabar rasanya ngeliat dedek dengan perkembangan barunya yang buat aku dan hubbie terkagum-kagum dan bersyukur bgt atas anugrah TUHAN yang luar biasa didalam perut aku. Do’ain biar aku dan dedek tetap sehat ya. Tuhan Yesus Berkati.

3 Replies to “MINGGU KE-8 SAMPAI MINGGU KE-14”

  1. wah, untung si dedek ga kenapa2 ya sis, lebih hati2 kedepannya ya sis. Semoga sehat terus sister sm dedeknya sampe lahiran.

    Like

Leave a comment