5 cm

Mungkin judul postingan kali ini yang paling singkat selama aku pernah nulis blog, termasuk yang ada di blog ini. Bagi yang belon tau terkait apa “5 cm” itu, aku kasih tau kalau itu terkait ama judul novel yang sudah keluar sejak sekitar 5 tahun yang lalu dan baru diangkat ke layar lebar dan baru bisa dinikmati orang masyarakat Indonesia pertengahan Desember ini. Trus kenapa aku buat postingan tentang film ini? biasanya juga nonton ndak buat postingan, ehmm…berarti artinya film ini sangat berkesan buat ku, hhihihi.

Jadi ceritanya, selama hubbie di Medan, kami ber2 manfaatin bisa ngelakuin banyak hal yang kami sukai bersama, terutama sepulang kantor, dan seminggu ini bisa dibilang hampir tiap hari nyampe rumah minimal jam 22.00 wib, walaupun tepat di jam-jam 19.00 sampai 20.00, aku bakal nguap berkali-kali, tapi setelahnya ndak dan bertahan ampe nyampe rumah baru tepar dan tadi malam begitu tau kalau film 5 cm udah keluar, langsung dech ngajakin hubbie nonton. Konsekuensi dari itu, setiap pagi kami telat bangun pastilah kurang dari 7 jam tidurnya, dan aku yang korban bakal kena denda di kantor karna terus menerus telat, klo hubbie mah enak, sejak tugas di proyek absensi kantor ndak berlaku ama dia, tapi ndak apa dech *kesempatan dalam kesempitan🙂.

Eh..ko jadi cerita tentang hubbie ya, hahaha…I’m obsessed with that man, actualy. Hahahaha…ok jadi ceritanya aku udah baca novel 5 cm ini dari sejak 3 tahun yang lalu. Sebelum aku beli buku ini, udah didahuluin ama adik kecil, teman dan appiri (baca: panggilan saudara perempuan tidak sedarah di batak versi ku :D) yang memberikannya buat ku sebagai kado hadiah ulang tahun ku saat itu.  Novel karya Donny Dhirgantoro ini emang ndak lebai dengan kata-kata yang biasanya menghiasi novel mana pun dibumi ini, justru cerita bagaimana tantangan yang mereka hadapi saat mendaki gunung semeru ntuh yang buat penasaran dan ingin cepat-cepat menyelesaikan novel ini.

Buku 5cm

Hampir sama dengan novelnya, filmya juga bagus, dan banyak quote yang sangat nasionalis di novel-nya juga dipaparkan di saat kita menikmati filmnya. 1 hal yang pasti, mata kita bener-bener dimanjakan dengan pemandangan indah Malang, Gunung Bromo, Gunung Semeru yang ada di Jawa Timur. Kalau kita ndak baca novel atau dengar percakapan mereka dengan melihat pemandangan itu, kita ndak akan percaya kalau ntuh di Indonesia, sueerrrr…tempatnya benar2 seperti tempat syuting film The Sound of Music waktu si nanny nyanyi bareng anak-anak itu atau tempat syuting film Twilight waktu si Robert Pattinson dan Kristen Steward bermesraan dipadang ilalang *ini lebai, tapi setelah direnung-renungkan bener juga.

Ceritanya tentang 5 orang sahabat, yang setelah 3 bulan sengaja putus komunikasi, bukan karena perselisihan tapi emang rencana yang disengaja, berangkat naik kereta ekonomi dan ndak tau mau kemana, hanya 1 orang yang merencanakan yang tahu, dan ternyata mereka ke Malang. Ternyata mereka mau melakukan pendakian ke mahameru, namun sebelumnya disinilah mata penonton mulai dimanja, pemandangan gunung bromo yang luar biasa itu namun hanya sebentar ditunjukkan. Pendakian sebenarnya dimulai di  Ranu Pane, terlihat banyak para pendaki disana juga, dan lanjut perjalanan dengan berjalan kaki, hingga tiba di 1 tempat yang namanya Ranu Kumbolo, yaitu sebuah danau yang sangatttttttttt indah, sering disebut surga mahameru.

Setelah melewati Ranu Kumbolo, mereka melanjutkan perjalanan kembali dan kembali mata disuguhkan pemandangan yang sangat indah, pokoknya penonton tadi malam yang bersama-sama dengan kami ndak putus-putusan juga berdecak kagum dan meneriakkan “woaaaaaaa….”. Dan tantangan pun mulai datang saat menapaki perjalanan dari Arcipodo menuju pundah Semeru, Mahameru, karena medannya adalah bukit pasir vulkanik yang naejubilehbinjali curamnya dan persahabatan mereka juga terlihat disini.

Ini beberapa snap shot film 5 cm yang aku caplok dari beberapa sumber di internet *maab klo ngambil ndak permisi😀

Ranu Kumboro Arcopodo

Arcopodo Padang Ilalang Ranu Kumboro

Komentar untuk para bintangnya, yah..sedikit dimanjakan juga sich, dan membawa gelak tawa serta haru. Zafran yang puitis dan konyol adalah bintangnya untuk tadi malam, Ian yang super duper lucu bisa buat perut bergejolak, Genta yang gentle dan tangguh buat para wanita berdoa mendapatkan pria seperti ntuh, si ganteng Arial yang pemalu dan ternyata cintanya langsung bersambut, Riani yang loveable ,lemah lembut dan sangat cantik membuat pria dan wanita ndak berkedip melihatnya serta Dinda yang kekanak-kanakan tapi luar biasa cantiknya buat semua wanita iri..iri…iri.

Kalau cerita tentang alur cerita, ya bok nonton sendirilah ya, intinya tentang persahabatan, nasionalisme, mimpi, cinta dan indahnya Indonesia. Kalau aku ceritain disini ntar ndak ada yang nonton lagi, yet I love the novel, I love the movie. So…happy watching people, hope you enjoy it.

2 thoughts on “5 cm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s