MINGGU KE-30

LATE POST *Penting* . Postingan udah lama di save as draft, tp br bisa dipost hari ini *Maab* 

Akhirnya jadwal ketemu #Baby-M lagi, dan saat ini aku udah ama hubbie,yeay…senengnya luar biasa yah *angel face. Sebenernya harusnya bulan ini jadwal kontrolnya ke dokter minggu lalu, seperti jadwal sebelumnya, tapi berhubung aku sendiri disini, ndak ada hubbie dan hubbie juga pengennya ketemu #Baby-M barengan, jadinya nungguin dech dan taraaaa…this is the time🙂. Pokoknya umur nambah dech kalau udah jadwal ketemu dokter favorit ama ngeliat tingkah #Baby-M dari layar usg.

Anw sebenernya ada sedikit drama sebelum ketemu ama #Baby-M. Dua hari sebelumnya aku daftar buat jadwal kontrol, dan udah dapet nomer antrian 11, dan aku udah info ama hubbie, walaupun saat ntuh hubbie masih di Jakarta. Esoknya, saatnya hubbie pulang, dan sesaat hubbie touch down Medan, langsung bilang kalau dia mau ketemu ama #Baby-M di usg hari itu juga(baca: sehari sebelumnya), alhasil aku pun kaget, perasaan udah ngingetin kmren bahwa jadwalnya esoknya. Akhirnya aku nelfon ke klinik mencoba untuk daftar buat hari itu, tapi ternyata udah dapet nomer antrian 30, oh wow..malam bgt, akhirnya aku kabarin ama hubbie dan respon dia bener-bener seperti orang yang putus cinta, hahaha….

Dari kantor, aku udah siapin martabak ama rujak buat dimakan ama aku dan hubbie sambil nunggu antrian, dan beneran seperti biasa sambil nunggu antrian emang laper, jadi martabaknya aku kasih ama hubbie dan aku menikmati rujaknya (baca: sehat ya aku, hahaha…). Setelah makanan itu masuk keperut kami ber2, namaku dipanggil dan siap masuk ruangan si dokter ganteng (baca: dr. Zaman Kaban, SPOg), dengan sapaan hangatnya seperti biasa, lalu aku naik ke tempat tidur untuk di usg dan hubbie bergerak mendekat biar jelas ngeliat #Baby-M juga dari balik layar.

Puji Tuhan #Baby-M baik2 ajah, sehat dan posisinya kepala udah kebawah(baca: cari jalan keluar), jantungnya teratur detaknya dan normal kata dokter, berat badannya 1,4 Kg yang artinya naik 0,6 Kg dan berat badanku naik 2 Kg dari bulan lalu dan menurut dokter ini normal dan PAS, ndak terlalu lebih atau ndak terlalu kurang, nice ha’h🙂. Menurut dokter tetap dijaga dan dibatasin makan nasi ama roti, kalau boleh diperbanyak makan sayur dan buah, apalagi buah apel dan pir, tapi….seperti biasa, aku bener2 males makan buah2 ntuh, lebih suka jambu dan sampai saat ini masih lancar makan jambu(baca: yang penting sama2 buah yak).

Setelah dicek ama si dokter, dikasih resep vitamin dan penambah darah untuk aku konsumsi, aku dan hubbie tanya2 tentang rumah sakit tempat bersalin nantinya(baca: sekedar konsultansi dan mengumpulkan informasi). Sebelumnya dari beberapa bulan yang lalu aku ama hubbie emang suka baca dan dengar dari teman2 yang udah berpengalaman tentang proses persalinan yang ROOMING IN dan implementasi IMD serta ASIX sebisa mungkin ampe 2 tahun #Baby-M. Seperti ceritaku juga persiapan kami untuk  itu yang udah aku ceritain disini.

Informasi yang kami tahu kalau dr. Zaman Kaban ini hanya menangani persalinan di RS Sri Ratu dan RS Elisabeth, dan waktu tanya bisa ndak kalau minta ke RS lain, ternyata ada rule bahwa 1 dokter itu hanya bisa terikat pada 2 RS dan 1 tempat praktek. Kalau melewati hal itu bisa kena denda. Jadilah berencana dengan hubbie untuk cari informasi dari RS lain rencananya dengan hubbie. Dan pertemuan dengan dokter dan #Baby-M malam ntuh disudahi.

Tentang perkembangan #Baby-M lainnya, sungguh aktif anak Bapak Hutagaol dan Ibu Silalahi ini, dasyat…buat aku kegelian dan kadang menjerit sakit, mungkin karna tulangnya #Baby-M sudah mulai mengeras, ampe-ampe malam udah muter2 posisi tidurnya, tapi sampai saat ini posisi tidur yang paling aman masih miring ke kiri dengan bantal di ganjel dibadan sebelah kanan, jadi sebenernya sedikit telentang, cuma lebih enak dan nyaman daripada miring kiri, kaya’nya #Baby-M ndak nyaman karna dia bakal gerak-gerak terus🙂

Semoga kehamilanku sehat terus, #Baby-M didalam sehat dan berkembang sesuai bentukan TUHAN, dan persiapan persalinan dan penyambutan #Baby-M disertai TUHAN lancar dan tepat pada waktunya nanti, walau aku dan hubbie udah sangat ndak sabat bertemu pangeran ganteng dan luar biasa hadiah TUHAN ini ditengah-tengah keluarga kecil kami :’).

Selama kehamilan minggu ke-30 ini, janin terus bertambah berat secara stabil dan memiliki lapisan-lapisan penyekat lemak yang penting pada tubuhnya.

  • Pada kehamilan 30 minggu, janin beratnya sekitar 1500 gram dan panjangnya sekitar 27 cm dari puncak kepala sampai bokong, atau kira-kira sepanjang seikat seledri. (Tungkai dan kakinya menambah ukuran ini beberapa cm lagi).
  • Sejak minggu ini sampai kehamilan minggu 37, janin mendapatkan pertambahan berat yang mengesankan, yaitu 250 gram seminggu!
  • Janin mungkin menghasilkan gerakan-gerakan bernapas ketika ia menggerakkan diafragma secara berirama,bahkan mungkin merasakan kedutan ringan di dalam rongga perut ketika ini terjadi.
  • Otak janin terus meluas dan berkembang, menciptakan alur dan lipatan tambahan di permukaan otak. Lipatan – lipatan ini memberikan kepada jaringan otak janin ruang yang dibutuhkan untuk meluas ketika ia berkembang dan belajar sepanjang hidupnya.

2 thoughts on “MINGGU KE-30

  1. Pingback: All in One | WE'RE BLESSED

  2. Pingback: MINGGU KE-31 SAMPAI MINGGU KE-33 | WE'RE BLESSED

Leave a Reply

