MINGGU KE-31 SAMPAI MINGGU KE-32

Lanjut lagi cerita perkembangan #Baby-M dari minggu ke minggu dan tetap excited. Setelah minggu ke-30 yang aku udah ceritain, akhirnya menjalanin usia kandungan 7 bulan ini lebih menguras semua-muanya, dan banyak hal-hal baru yang buat aku bingung sendiri, ntahlah kenapa dan mengapa, tapi sepertinya emang bawaan orok(baca: hormon ibu hamil), cuma DOA dan mendekatkan diri ama TUHAN serta dukungan hubbie yang tak putus-putusnya yang buat aku bisa bertahan dan tetap kuat ngejalanin hari-hari ku #ThankingGOD.

Minggu ke-31

Badan udah semakin membesar dan semakin bingung pakai baju ke kantor atau keluar rumah, yah..klo diruamh ajah bisa pake apa ajah yang adem, bodo teuing dengan cocok atau cakep, hahaha..udah ndak kepikiran ama hal2 ntuh. Baju yang dibawa hubbie sebagai oleh-oleh dari Bandung yang dibeli bareng Memez juga size-nya dasyat, tetep ajah kegedean(baca: masih), mungkin mereka mikir waktu beli ntuh bakal segede ntuh ntar badanku, walau ternyata ndak seperti ntuh, dengan model yang ndak pernah kebayang buat makenya(baca: Ndak moris bgt), tapi saat udah ndak ada pilihan aku bakal pake juga sich.

Pergerakan #Baby-M bener2 luar biasa, ampe2 kadang aku ngerasa sesak nafas kalau posisi duduk atau tidurku membuat dia nyaman bgt atau ndak nyaman. Tapi kalau udah gitu biasanya aku ajak ngobrol, tapi ndak jarang aku becandain hubbie bilang kalau #Baby-M mau maen ama hubbie, akhirnya hubbie uyel2 dech ntuh perut ku dan ngajak #Baby-M ngobrol, hihihi..such a great moment, indeed. Nafsu minum air putih ku luar biasa, ampe2 capek sendiri baru dari kamar mandi udah ke kamar mandi lagi, klo dirumah mungkin ndak masalah, tapi kalau udah di kantor kadang buat geli sendiri, yah..seiring perkembangan badan #Baby-M.

Minggu ini, aku sering bgt bad mood dari kantor, yang terbawa2 ke rumah, ndak jarang tiba2 air mata ku mengalir dan aku menangis tanpa lihat tempat, yang kadang buat bingung sendiri kenapa bisa begitu, akhir-akhirnya hubbie yang harus membuatku lega dan tenang kembali, tapi mungkin karna hubunganku ama TUHAN udah ndak se-intim dulu lagi, yang membuat aku banyak kuatir, kecewa, takut akan hal2 yang belum terjadi. Jadi setiap perasaan ntuh muncul, aku berusaha bernyanyi dan berdoa, minta TUHAN peluk aku, minta ROH KUDUS berbicara dengan ku, lalu kelegaan ntuh aku dapat, Puji Tuhan.

Selama kehamilan minggu ke-31, tubuh dan otak janin terus membuat koneksi yang memungkinkan sistem-sistemnya bekerja secara terpadu. Juga ketika hamil 31 minggu:

  • Ketika hamil 31 minggu, janin beratnya lebih dari 1500 gram dan panjangnya 28 cm dari puncak kepala sampai bokong, kira-kira sepanjang seikat bok choi.
  • Sistem reproduksi janin terus berkembang. Pada anak laki-laki, kedua testikel sedang bergerak dari ginjal melalui pangkal paha ke skrotum.
  • Paru-paru janin sekarang sudah berkembang namun belum matang sempurna.
  • Ketika bertriliun-triliun koneksi otak berkembang, janin sudah menggunakan kelima panca indera.
  • Mungkin mengamati bahwa janin memiliki periode-periode terjaga (dan aktif) atau tidur yang lebih pasti.

Minggu ke-32

Wah..ndak kerasa ya, aku dan hubbie udah semakin ndak sabar nunggu kelahiran #Baby-M, makin hari aku dan hubbie smakin amaze ama pergerakan #Baby-M dan udah keliatan manjanya #Baby-M kalau udah pengen maen ama hubbie, dia bakal gerak2 terus, ampe diuyel2 ama hubbie dari luar, dia bakal ngerjain hubbie dengan gerakan2nya. Sedangkan akunya, klo ngeliat #Baby-M gerak, bakal elus2 perut biar tenang dikit, tapi klo #Baby-M tenang, aku bakal gangguin biar dia gerak2, hahaha…

Kata orang2 komunikasi antara Ibu, Bapak dan Janin yang masih dikandungan itu ada efeknya dan baik, kadang kalau aku udah ngerjain hal2 rumah biasanya #Baby-M banyak gerak dan aku kurang ngerti juga, apa emang #Baby-M ndak nyaman aku kerja, atau dia kegirangan. Tapi sebisa mungkin klo dia gerak bgt dan buat aku kurang nyaman sambil kerja, aku bakal ngobrol “Nak..mama masak dulu ya, biar kita makan, papa udah lama ndak makan masakan mama, dan permintaan papa, klo lagi bisa papa minta mama masak dirumah, temenin mama masak ya nak, kan buat papa dan #Baby-M juga” *sambil elus-elus perut*, dan dasyatnya, biasanya #Baby-M langsung tenang #ThankingGOD.

Ok, minggu ini hubbie keproyek lagi, walau dengan kondisi badan yang drop(baca: kasian harus tetap pergi ke luar kota, padahal seharusnya butuh istirahat), dan lebih kasian aku dan #Baby-M harus mandiri lagi. Tapi tetap biar nantinya #Baby-M juga jadi anak yang kuat dan mandiri, harus dimulai dari ibunya dan sewaktu dia masih dikandungan, semoga kami tetap kuat dan sehat, sambil menunggu kepulangan hubbie dan jadwal bertemu #Baby-M kembali, hehe..

Janin cukup menghabiskan waktunya dalam melatih keterampilan yang akan dia perlukan sesudah lahir, seperti menghisap, menelan, dan bernafas. Beberapa perubahan lain selama kehamilan pada minggu ke-32 meliputi:

  • Pada kehamilan 32 minggu, janin beratnya sekitar 2000 gram dan hampir sepanjang 29 cm dari puncak kepala sampai bokong, atau sepanjang sebuah semangka kecil.
  • Lanugo, rambut yang lembut dan halus yang menyekat janin, terus rontok minggu ini.
  • Mungkin mengamati perubahan dalam gerakan-gerakan janin minggu ini, karena ia menjadi lebih sesak di dalam rahim.
  • Tendangan-tendangan dan gerakan-gerakan mungkin terasa berkurang tenaganya.
  • Pastikan memonitor gerakan janin dari waktu ke waktu, khususnya jika mengira telah merasakan kegiatan yang berkurang. Hitungan 10-Tendangan bisa membantu.
  • Kulit janin tidak lagi tembus pandang. Kulitnya tampak lebih seperti kulit ibu.

One thought on “MINGGU KE-31 SAMPAI MINGGU KE-32

  1. Pingback: MINGGU KE-33 | WE'RE BLESSED

Leave a Reply

