6 Bulan #BabyMiguel

Wowww….just Wowwww… GOD did it, Pappa and Momma did it, especially #BabyMiguel did it, yeayyyy… ASIX. Hari ini 10 November 2013, menjadi salah satu moment bahagian dikeluarga kecil kami, kenapa ndak? Karena hari ini usia hubungan-ku dengan papa Miguel 9 tahun, hahha..lama yak, iya 7,5 tahun pacaran dan 1,5 tahun menikah dan hari ini juga 6 bulan usia anak kami yang luar biasa #BabyMiguel yang lulus dengan predikat Sarjana ASI(ASIX), dan hari ini #BabyMiguel bakal menikmati HIS FIRST SOLID, yeayyy…
Anw, untuk cerita Anniversary-nya papa Miguel dan mama Miguel ceritanya di postingan lain ajah yak, karna harus special donk yak, hahahaha…jadi kali ini postingannya hanya untuk 6 bulan #BabyMiguel. Seperti biasa cerita perkembangan #BabyMiguel setiap bulanya yang aku buat di blog ini, cerita tak habis-habisnya tentang anak luar biasa kiriman TUHAN dalam keluarga kecil kami ini, selalu buat sukacita.

Setelah rasa penasaran papa dan mama Miguel bulan lalu, saat imunisasi kalau dari bulan ke-4 ke bulan ke-5 ndak ada kenaikan BB(Berat Badan) dari #BabyMiguel, sementara TB(Tinggi Badan) dan LK(Lingkar Kepala) tetap ada kenaikan, padahal #BabyMiguel menghabiskan ASIP dengan kuantitas yang sama 450-550 ml per harinya, dan malam hari minum langsung dari emaknya. Akhirnya dibulan ini, berat badan #BabyMiguel naik, yeayyy…GOOD BOY!, Walaupun ndak endut bgt, tp ada peningkatan dan tetap dikurva ya saying. Emang perkataan ntuh DOA ya, dari awal tau ndak ada kenaikan berat badan #BabyMiguel, aku selalu ngomong ke dia, kalau bulan depan harus bisa naik ya nak , harus minum banyak ama mama-nya, harus minum banyak walau ditinggal kerja ama mama-nya, harus tidur yang cukup biar kenaikan berat badannya bisa lebih dari bulan yang lalu.

Apa yang terjadi dibulan ke-6 ini? Yah banyak..yg dari #BabyMiguel demam tinggi dan naik turun, ampe batuk kering, jadi batuk berdahak dan flu sampai sembuh yang buat degdegan serta drama yang buat kami jadi orang tua yang lebih bijak menentukan apa yang harus kami lakukan untuk anak kami disaat2 panik menyerang. Jadi ceritanya, hari kamis kami pulang dari kantor sampai di rumah seperti biasa, gitu didepan pintu, pasti teriak “Miguellll…”, tapi ternyata #BabyMiguel lagi digendong ama opungnya aka MA’eee dan lagi minum asip dari botol. Tiba-tiba MA’eee ngomong, “Dari tadi jam 3 dia demam, jadi bawaannya lemas”, whatttt…? Kaget bukan kepalang, karna MA’eee ndak ada hubungin kami buat kasih tau kabar ntuh.

Akhirnya seperti biasa, langkah pertama yang kami lakukan ukur suhu badan #BabyMiguel pakai thermometer, ganti bajunya jadi yang kuntung, celana pendek, matiin AC, buat terapi uap dikamar. Ternyata suhu badannya 38,5 decel donk, untung kita udah sedia parasetamol (Baca: Obat yang memang aman dikasih ke bayi 0-1 tahun dengan kondisi suhu badan sama atau diatas 38.5 decel), jadi kita kasih, setelah ntuh kita skin to skin ama #BabyMiguel , gentian antara aku dan papanya, kalau udah keserap padan badannya, gentian tapi suhu badan #BabyMiguel masih naik turun juga, mungkin karena #BabyMiguel juga ndak bisa tidur jadi istirahatnya kurang, dan 1 lagi #BabyMiguel hanya mau minum asip dari botol, ndak mau nyusu langsung ama aku, daripada ndak minum dan ndak ada cairan yang masuk, jadi kita kasih yang asip dari botol, akhirnya aku pumping dirumah karna ndak nyusuin langsung, kalau kata MA’eee sich, mungkin dia males nyusu karna harus usaha ngeluarinnya, kalau botol dot kan ndak, lagian tenggorokannya kaya’nya lagi sakit, ntahlah aku harus nerima atau ndak alesan ntuh, tapi yang penting #BabyMiguel mau minum dan ndak dehidrasi.


Besok paginya, aku coba lagi nyusuin #BabyMiguel secara langsung, dan dia udah mulai mau, Cuma beberapa x minum, sekian kali juga dimuntahin, kami jadi kaget dan panic, akhirnya kita langsung ke Rumah Sakit ketemu DSA, berhubung masih pagi jadi kita ndak ke dsa yang biasa ama #BabyMiguel , yaitu dokter bugis, karena dr. Bugis prakteknya jam 13.00. Sampai di RS. Stella Maris kita nyari dokter yang jam prakteknya dekat dengan jadwal kita, akhirnya jatuhlah pilihan pada dokter yang 1 ini(baca: Nama disamarkan demi keamanan data si dokter), yang sebelumya aku juga cari tahu ada yang bilang cocok dengan dsa ini.
Ternyata singkat cerita, si dokter seperti nakut2in kita, kalau kondisi #BabyMIguel udah gawat,untung cepat dibawa ke dokter dan sebenernya si dokter mau cek darah #BabyMIguel tapi dia minta makan obat dulu, dan 3 hari setelahnya kalau masih dalam kondisi yang sama, bawa kontrol lagi ketemu dia, dan obat-obat yang dia kasih ntuh salah satunya adalah ANTIBIOTIK sosodara! Saat ntuh juga dengan rasa panik deluan, langsung Tanya dokternya, “kenapa harus ANTIBIOTIK? Ini kah demam dan batuk which is ntuh karena virus, sedangkan ANTIBIOTIK buat penyebabnya bakteri”, “Karena ini udah parah!” yah, walaupun udah tau banyak informasi tentang bahaya ANTIBIOTIK, tetep ajah aku dan papa #BabyMIguel nebus ntuh obat, yang sebenernya harganya juga ndak murah lho, darn!
Oh ya 1 lagi, waktu aku bilang ama dokternya, “Dok, Miguel dari bulan lalu ke bulan ini berat badanya ndak naik lho, kenpa bisa gitu ya? Saya ASIX”, “Oh udah 5 bulan ya? Kita liat ajah bulan depan, kalau ndak ada perubahan, Ibu boleh kasih tambahan SUFOR ajah”, lagi dan lagi, bukan solusi yang membuat hati tenang dan bisa diterima dengan murah oleh aku, darn! Really..really hate him! Bukan karena aku “Pembenci” Sufor, not at all(baca: BOLD+UNDERLINE), tapi jawabannya bukanlah jawaban seorang tenaga ahli yang dibayar mahal dengan ilmunya dan membuat para orang tua yang sedang kuatir dengan keadaan anaknya menjadi tenang, malah menjadi semakin panik. Biarlah ntuh pertama dan terakhir kalinya bertemu dia, yah..bertemu dia, walaupun ndak, TUHAN ijinkan aku bertemu lagi dengannya beberapa hari kemudian, saat makan siang di 1 rumah makan dekat kantor.


Sampai dirumah, kita tetap ukur suhu badan #BabyMiguel, saat ada di 38,5 dercel kita kasih parasetamol dan tetap nyusuin langsung, puji Tuhan #BabyMIguel mau nyusu langsung jadi ndak harus pake asip dari botol dotnya. Akhirnya tiba-tiba papa #BabyMIguel minta aku iris-iris jahe, cengkeh, bawang putih, bawang merah dan dia buat di wadah terapi uap yang biasa kita pakai dialasin dengan sapu tangan, kemudian papa dan #BabyMIguel sama2 buka baju dan minta aku tutupin ama sarung sekeliling mereka, sementara #BabyMIguel digendong dipelukan papa, dan mengalihkan perhatiannya dengan menonton Disney Junior yang jadi kesenangannya, jadi metode ini dibuat papa #BabyMIguel seperti Sauna/Oukup yang mengeluarkan panas ditubuh, akhirnya begitu keluar banyak keringat dan #BabyMIguel udah basah badannya, kita bungkus pakai baju, trus ditengkurapkan, lalu punggungnya di puk-puk, sampai ada yang dimuntahin, dan ternyata adalah dahaknya, lalu disusuin dan langsung tidur lelap(baca: setelah dari beberapa hari lalu sulit tidur) dan begitu bagun suhu badannya normal langsung di 37.3 dercel, GLORY TO GOD.
Setelah ntuh ndak ada lagi demam-demaman, yang sisa adalah batuk dengan dahak yang nyangkut, berhubung MEDAN sedang disombongin ama sinar matahari, jadi kita juga ndak bisa jemur #BabyMiguel , eh..tiba2 karna posting keadaan #BabyMiguel di media social ada temen yang anaknya udah hampir 2 tahun nyaranin buat obatnya kencur dihaluskan trus dibuat diatas ubun-ubun dan sekeliling leher #BabyMiguel, and it worked!, yeayyy…tapi saat ada matahari walau udah jam 10 pagi, kita tetep jemur #BabyMiguel sampai batuknya bener2 hilang, huff….RUM is in the house, yeayyy..NO ANTIBIOTIC nor other medicines, GLORY TO GOD.
Yah…bener-bener pelajaran berharga buat aku , papa dan opungnya #BabyMiguel. Setelah ntuh hari-hari berikutnya, malah yang ada #BabyMiguel aktifnya luar biasa, sampai-sampai ndak bisa diam, tapi minum asi/asip nya juga nambah, yang biasanya Cuma 450-550ml per hari asip-nya, jadi 550-700ml per hari, yeayyy..bagus nak! Ntuh artinya mama harus lebih sering-sering pumping. HIkss..walaupun akhir-akhir ini udah ndak pumping beberapa waktu malam, karna kecapekan dan ketiduran, alhasil beberapa kali hasil pumpingnya deficit dari per hari dari yang dihabiskan ama #BabyMiguel, tapi mama janji setelah MPASI nanti which is 6bulan #BabyMiguel, mama mau rutin lagi pumping tengah malam/subuh biar tetap produksi asi mama banyak, apalagi bentar lagi mau liburan natal, huff…semoga liburan di kampong nanti tetap bisa disiplin pumping ya nak!.
Perkembangan #BabyMiguel diusia 6 bulan apa yah, banyak dech, tenaganya udah kuat banget buat genggam sesuatu, tapi lebih kuat tangan kanan dari tangan kiri, gigitannya dasyat, semua buku-buku yang bisa diraih sobekkkkk, dan beberapa x mama, papa dan opung kecolongan ada kertas yang masih disembunyiin dilangit-langit mulunya, hayaaa..nakkk…ntuh ndak enak, percaya dech!. Seperti biasa cek nilai KPSP #BabyMiguel dan sukses dengan nilai 10 juga, yeayy…Puji TUHAN. Oh ya #BabyMiguel udah bisa mundur-mundur, wakaka…harusnya ngerangkak ntuh maju nak, bukan mundur, tapi lucu setiap liat aksinya #BabyMiguel. Sekarang lagi belajar duduk, tapi klo distimulasi duduk sendiri dengan sandaran bantal, males bgt #BabyMiguel, dia langsung selonjoran, tp klo sandaran dibadan mama atau papa senengnya bukan main, kurang empuk bantalnya ya nak? Hahahha..
Ok, 6 bulan berarti saatnya MPASI yak, walaupun menurut WHO sebenernya diusia 180 hari pencernaan si bayi udah siap untuk mengkonsumsi makanan pendamping selain asi, jadinya hari sabtu, 9 November 2013, aku buat puree kabocha dan dengan semangatnya kita kasih ke #BabyMiguel, dan dengan suksesnya #BabyMiguel menolaknya walau masih nempel digusi , hahaha…Awalnya kita pikir karna texturnya yang masih terlalu kental, akhirnya aku tambahkan asip yang fresh, tapi ternyata #BabyMiguel tetep nolak, akhirnya tambah lagi asip-nya dan buat d botol dot-nya, sapa tau dia ndak suka ama wadahnya, tapi tetep juga, dan ternyata pikir punya pikir sepertinya dia masih dengan karena sebelumnya #BabyMiguel minum susu langsung dari mamake, o’alaaa…salah waktu kasihnya.
Akhirnya, besoknya kita ndak pantang nyerah dengan begitu, kita ganti menunya dengan puree alpukat, oh ya x ini dikasih waktu kita udah pulang gereja kira-kira jam 9-an pagi, dan begitu sendok 1 menyentuh ujung lidah #BabyMiguel, dia langsung mengecap-ecap dan sukses membuka mulutnya, yeayyyy…akhirnya habis semua, dan lebih mengherankan lagi #BabyMiguel ntuh kenceng bgt minum air putihnya, kaya’ papa dan mamanya, yang demen ama air putih , huaaa…can’t wait for the next day and the next day MPASI #BabyMiguel, sesuai dengan jadwal yang udah aku buat, semoga seneng makan ya nak, kaya’ mama dan papa juga, hahaha..
Oh ya, kita udah biasakan #BabyMiguel dari kecil dulu setiap bangun tidur berdoa dengan lipat tangan dan dengan doa yang sama, kalau doa tidur jarang, karena #BabyMiguel biasanya klo mau ditidurkan kadang-kadang ada dramanya, hehehe…dan setelah makan ini kita juga mau biasain #BabyMiguel berdoa sebelum makan, biar ntar semakin besar udah bisa doa sendiri ya nak, doa’kan papa,mama, opung dan keluarga yang lain 
For #BabyMiguel :
Hi Ganteng papa dan mama, udah gede ajah #BabyMiguel, baru kemaren mama ngerasain si ganteng mama ini goyang-goyang diperut, bentar lagi papa dan mama udah bisa liat #BabyMiguel goyang-goyang dihadapan papa dan mama ya nak, hahaaa. Terima Kasih ya nak, udah buat kebahagiaan papa dan mama bertambah-tambah dari hari ke hari, begitu pulang kantor ngeliat #BabyMiguel tidur ntuh rasanya sedih, tapi ternyata kata opung sebelum papa dan mama pulang #BabyMiguel juga resah kaya’ nyari-nyari ko’ blon plg, kita berdoa ya nak, biar dapat tempat tinggal yang ndak terlalu jauh dari kantor mama dan papa, jadi bisa ketemu #BabyMiguel saat masih bangun sorenya . Tetap tumbuh dijalannya TUHAN ya nak, tetap tumbuh dan bawa sukacita selalu seperti nama #BabyMiguel. Papa dan mama sayang #BabyMiguel.

One thought on “6 Bulan #BabyMiguel

  1. Pingback: 7 Bulan #BabyMaritha | We are Ms Family

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s