15 Bulan #BabyMiguel

15 Bulan udah si toddler kami, ndak sabar setiap melihat milestone-nya dari hari ke hari, Terima Kasih teramat sangat buat Tuhan Yesus yang selalu campur tangan atas pertumbuhan #BabyMiguel sampai pada usia 15 bulan ini. Bicara tentang milestone, patokan yang aku dan Pak suami buat adalah KPSP, dan Puji Tuhan untuk usia 15 bulan ini nilai #BabyMiguel 10, bahkan kalau review KPSP #BabyMiguel untuk usia 18 bulan, dia dapat nilai 9 donk, yeayy..good job, baby boy! Ayo..PR mama sekarang untuk dapat nilai 10 itu bisa minum sendiri dari gelas, dan ini memang sedang selalu diajarin ama #BabyMiguel, sejak dia sendiri juga tertantang minum dari gelas sendiri gitu lihat orang2 dewasa disekitarnya selalu minum dari gelas, ayo nak, pasti bisa🙂

Selain minum dari gelas sendiri, kami juga lagi seneng ngajak #BabyMiguel maen corat coret, kasih spidol atau pena dan buku buat dia corat coret, karena kalau dikasih papan tulis-tulis yang bisa dihapus otomatis ntuh, yang ada digigit2 dan pecah dibuatnya, jadi mending kaya’ orang dewasa ajah langsung ke pena dan buku, hahaa. Selain itu, dirumah lagi suka ngajak #BabyMiguel maen bola basket, tujuannya biar #BabyMiguel berlatih jinjit dengan memasukkan bolanya dan berlatih memegang dan ngelempar bola dengan baik, semoga semakin kokoh juga semua otot2 #BabyMiguel.

Toilet training masih juga berjalan, terutama saat aku ada bersama #BabyMiguel sebisa mungkin aku ndak pakaikan diaper, dan setiap bangun tidur atau mau pergi tidur dibawa ke kamar mandi biar buang air kecil terlebih dahulu, walau kadang2 dibawa ke toilet ndak keluar, stelah kluar dari toilet eh malah buang air dirumah, haha…tak apa nak, semoga secepatnya bebas dari yang namanya diaper ya nak, lumayan juga ntuh setiap bulan budgetnya masuk tabungan #BabyMiguel dan inget2 tabungan #BabyMiguel, masih usia 1 tahun, udah bisa dicapai “segitu nak”, wah..puji Tuhan, semoga Tuhan tetap kasih kesehatan buat Papa dan Mama dan kasih rejeki buat keluarga kecil kita biar target2 papa dan mama bisa tercapai, seperti tabungan pendidikan #BabyMiguel salah 1-nya.

#BabyMiguel termasuk anak yang tidak terlalu agresif, maksudnya kalau ada anak-anak lain disekitarnya, sepenglihatan kami, jarang sekali dia yang melakukan pendekatan terlebih dahulu, memang sehari-harinya teman #BabyMiguel hanya Opungnya, papa dan mama, dan tidak ada juga teman bermainnya disekitar rumah, mungkin karena faktor itu juga, makanya sebisa mungkin kami pulang ke Siantar dimana ada sepupunya yang jadi teman bermainnya dirumah, jadi bisa melatih #BabyMiguel untuk bermain dengan anak-anak lain yang jarak usianya tidak terlalu beda. Walaupun tidak agresif, tapi saat sudah mulai “baca” situasi, maka #BabyMiguel bisa masuk dan bergabung dengan anak-anak lainnya.

ASI masih menjadi favorit #BabyMiguel, apalagi kalau udah ketemu langsung ama mamanya, dan malam hari rasanya mustahil #BabyMiguel ndak bangun dengan menikmatin ASI ^.^, dan disinilah letak kekuatiran untuk nantinya bisa dengan gampang weaning,hahaha..padahal masih lama yak, sekitar 9 bulan lagi. Produksi ASI ku juga dari hari kehari memang semakin berkurang, namun tetap cukup untuk kebutuhan #BabyMiguel, karena jika ditinggal selama 12 jam setiap hari kerja, #BabyMiguel hanya menghabiskan sekitar 100-150ml ASIP.

Libur lebarang kemarin, kita semua balik ke siantar, tapi berhubung aku harus ngantor dihari kerjanya yang nanggung 3 hari, jadi mau ndak mau, aku harus balik ke Medan, sedangkan Pak Suami yang masih libur dengan iklasnya nganterin, tapi rasanya ndak tega ngajak #BabyMiguel dan opungnya pulang, jadi kami putuskan untuk ninggalin mereka di Siantar, sementara kami balik ke Medan dan kembali lagi ke Siantar waktu weekend buat jemput. Jadi dari Medan sebelum libur lebaran aku udah bawa persediaan ASIP buat dikonsumsi #BabyMiguel selama aku ndak ada bersamanya, kalau dari pagi ke sore aku ndak kuatir, hanya kuatir kalau malam hari, karena #BabyMiguel juga ndak mau minum dari botol dot. Sampi malamnya tiba, ke-kuatiran kami pun terjadi, dia menangis karna mau minum ASI, sedangkan ASIP yang sudah dibuat oleh opungnya di botol dot dia ndak mau, akhirnya dia bangun dan dikasih minum dengan gelas, dengan cara ini dia mau minum ASIP nya, tapi tetap sedih, karna dia bakal kebangun untuk minum dengan cara seperti itu dalam 2 sampai 3x dari malam sampai pagi hari. Yah..maabkan mama ya nak, it doesn’t work, actually, dan ketika mamanya udah nyampe siantar lagi 2 malam berikutnya, #BabyMiguel udah bisa minum ASI lagi dari mama, sehat2 terus ya nak🙂.

Mengenai stimulasi ngomong #BabyMiguel, sampai dengan usia 15 bulan ini, kata-kata yang pernah dan sering diucapkan #BabyMiguel itu : Papa, Mama, Opung, Ante, Bou, Ndak apa-apa, Ndak mau, mamam, minum, nenen, bruno, kaka, abang *seingatku masih ini, semoga semakin hari semakin banyak ya nak.

oh ya, kadang-kadang aku melihat karena ndak bisa ngelepas dipikirkan juga karna komunitas serta orang-orang disekitarku yang aku kenal banyak punya punya anak kecil dan masa-masa belajar menjadi orang tua seperti aku, namun rasanya ada beberapa yang masih suka membandingkan milestone anaknya dengan anak orang lain, sometimes it’s annoying, actually. Aku ndak peduli anak mu udh bisa apa ajah, yang aku tau dan bahagiaku, sampai saat ini milestone anak ku luar biasa buat ku, dan aku ndak perlu “memaksakan” seperti apa seharusnya anak ku untuk menjadi seperti anak orang lain. I know mine.

“One step at a time… There’s no need to rush… It’s like learning to fly, or fallin’ in love… It’s gonna happen when it’s supposed to happen.” – Jordin Sparks

For Our #BabyMiguel :
Hi gorgeous, getting bigger, getting smarter, getting better in everything ya nak. Ndak ada yang lebih bisa kami berikan buat #BabyMiguel selain doa tulus kami dan kasih sayang kami yang tulus yang kami berikan setiap saat buat #BabyMiguel. Walaupun masih banyak kekurangan kami sampai saat ini selama membesarkan #BabyMiguel, maabkan papa dan mama ya nak, semoga apa yang baik itulah yang #BabyMiguel ikutin dan ingat sepanjang hidupnya kelak. Tetap bertumbuh dalam Tuhan anak kesayangan kami. Tuhan berkati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s