Serba-Serbi ASI

Bingung mau buat judul apa, kalau buat “Manajemen ASI” ntar terlalu serius, padahal kan ini postingan ala-ala mama miguel tentang ASI dan “pengetahuannya” tentang ASI yang selama ini dikumpulkan dari semua media dan orang2 yang berpengalaman dan jadi role model untuk memberikan yang terbaik buat buah hati kami, tapi karna udah beberapa kali orang “bertanya”, hehe..iya bertanya tentang pengalaman-ku, biar ndak bolak-balik jelasinnya, jadi aku buat 1 postingan ajah buat para calon mama-mama keceh dan mama-mama keceh yang lagi berjuang buat ASIX untuk anak2 tercinta.

#BabyMiguel si Anak ASI

#BabyMiguel si Anak ASI

Kapan sebaiknya mengetahui dan persiapan untuk mendukung ASIX, ASIP, ASI ?

Secepatnya! Iya secepatnya!

Untuk PENGETAHUAN nya, sedini mungkin, pengalaman aku, sejak sebelum menikah lagi, belajar dan cari tau dari teman-teman yang sedang menyusui anak mereka dan saat hamil aku baca buku-buku(baca: AYAH ASI), di blog mama-mama keceh tentang ASIX, dan setiap informasi yang aku dapat, aku informasikan kembali ama Pak suami yang sama sekali blank untuk dunia per-ASI-an(baca: Ya pikir nganaaa?)

Untuk WADAH nya, aku dan hubbie mulai sejak aku diketahui “HAMIL” , persiapaan yang paling awal adalah dimulai dengan rutin-nya hubbie saat itu mengkonsumsi minuman vitamin C yang terkenal ntuh, iya U C 1000 (baca: promosi juga), kita nyicil wadah penyimpanan ASIP nantinya yang bakal dipakai #BabyMiguel, kalau mama-nya udah kembali ngantor,dan dikantor juga puji TUHAN setiap ada temen yang minum, pasti botolnya diletakin di meja aku, hihi…thank you guys🙂. 

Untuk PERALATAN nya, aku cari dan tanya-tanya dulu informasi dan perbandingan dari 1 breast pump dengan breast pump lainnya, sampai akhir terpilihlah 1 breast pump yang cocok dengan spesifikasi yang aku butuhkan, yaitu breast pump MEDELA HARMONY (baca: sampai 1 saat ada kecelakaan kecil yang membuat aku ndak bisa pakai lagi breast pump-nya dan belum bisa beli ganti komponen) dan 1 lagi breast pump pengganti yaitu PIGEON, so far sampai #BabyMiguel usia 7 bulan aku pakai BP Medela-nya dan setelahnya pakai BP Pigeon-nya sampai #BabyMiguel sampai usia 13 bulan, setelahnya MARMET, hahaha..hidup marmet…..! (baca: akan diceritakan selanjutnya)

Untuk TEMPAT nya, sebelum hamil dirumah adanya 1 kulkas 1 pintu, yang notabene freezernya itu kecil dan cuma 1 rak, so..otomatis kita harus ganti untuk mendukung ASIX ini. Aku dan pak suami memutuskan untuk ganti dengan kulkas 2 pintu, dimana freezer dipintu atas akan hanya digunakan untuk tempat penyimpanan ASIP ku. Kenapa ndak freezer khusus ASIP yang 1 pintu? karna tempat-nya ndak memenuhi dirumah(baca: rumahnya imut, puji TUHAN🙂 ), dan nanti mikir kalau udah ndak konsumsi ASIP mau dikemanain ntuh freezer, hehehe..

Untuk PENDUKUNG, seperti nursing cover(apron), bra menyusui, baju menyusui, breast pad, cooler bag dan ice pack/ice gel dibeli sekalian saat belanja perlengkapan buat #BabyMiguel 

Apa itu ASIX dan ASIP?

Cuma intermesso ya, makanya aku bilang sebelumnya harus banyak baca dan tanya🙂, ASIX itu ASI Eksklusif yang mana artinya selama 6 bulan pertama, si baby hanya mengkonsumsi ASI di dalam hidupnya, even air putih sekalipun NDAK. ASIP itu artinya ASI Perah, jadi jika tidak dapat/mampu/memungkinkan menyusui secara langsung (baca: nempel dengan ibunya), si baby tetap bisa ASIX atau minum ASI dengan diperah terlebih dahulu oleh si ibu dengan breast pump atau marmet.

Apa yang harus dilakukan agar bisa menyusui dan ASI lancar?

Happy dan Happy, Optimis dan DOA

Simple kan? iya, ngomongnya simple, kenyataannya? hehhe.. Cerita bagaimana perjuangan untuk “mengeluarkan” si ASI ku diawal itu artinya Optimisme dan DOA, happy nya ndak ya(baca: gimana mau happy, wong “dipaksa” kasih susu formula tapi karna ke-keras-an kepala aku dan pak suami, akhirnya TUHAN tunjukkan juga cara-Nya, finally yang namanya susu formula hanya diberikan 2 hari, setelahnya (baca: saat ini #BabyMiguel usia 21 bulan) puji Tuhan masih ASI. Nah…kan perjuangan menyusui ntuh ndak gampang juga, karna kita harus tau “posisi” yang bener ntuh bagaimana, ndak gampang juga ngajak si baby bekerjasama lho, secara dia hanya mengikuti naluri-nya sebagai lelaki anak bayi pada ibu-nya, dan si ibu pun akan mengikuti naluri-nya sebagai seorang ibu untuk menyusui, PRACTICE MAKES PERFECT🙂, jadi kalau anaknya nangis dan ndak mau nyedot, jangan langsung bilang ASI nya kurang atau ASI nya ndak enak, tapi bisa saja karena POSISI menyusui-nya belum benar.

Cerita tentang happy-nya biar menyusui dan ASI nya lancar itu yang mana? kalau menyusui langsung dan si baby aman(baca: menikmati dan tenang) artinya ASI kita cukup walau kita ndak bisa liat dengan kasat mata, seberapa banyak ASI yang dinikmatin si bayi, namun keliatan dengan kasat mata-nya adalah saat PUMPING, catet..PUMPING yang mungkin awal-awal atau pertama kali hasilnya hanya 5 ml walau sudah diperah dengan Breastpump canggih dan waktu hampir 1 jam, hahhaa….sabar ya mama-mama keceh. Jadi..awal-awal perah/pumping ntuh biasanya emang dikit, tapi kalau teratur dan konsisten, apalagi jam-jam perahnya sama dari hari ke hari, pasti dech semakin banyak dan semakin melimpah, jadi harus happy happy juga waktu pumping, caranya bisa baca buku yang lucu atau disukai, bisa liatin si bayi yang lagi tidur ama bapak-nya dengan posisi yang hampir sama, bisa dengan nonton acara reality show yang lucu-lucu, see…banyak lho caranya, jadi emang harus happy🙂

Gimana persiapan ASIP untuk Ibu bekerja? dan bagaimana perlakuannya setelah ibu bekerja?

Okay, kalau ini aku kasih short explanation ajah ya, atau bisa dibilang poin-poin penting ajah, hehe..kan ala-ala mama miguel😀 *Alibi

1. Perah ASI itu sebisa mungkin jangan detik-detik terakhir maternity leave(cuti lahiran) udah mau kelar, ntar kejar tayang mending sedia payung sebelum hujan. Mama miguel perah asi ntuh dari sejak pulang dari rumah sakit, which is sejak ASI-nya keluar

2. Sebelum menyusui dan perah, pastikan berdoa terlebih dahulu, sambil tumpang tangan dibagian payudaranya(baca: sesuai kepercayaan masing-masinglah ya), minta TUHAN berkati ASI-nya lancar, ASI-nya bisa memenuhi kebutuhan si bayi dan dicukupkan untuk kesehatan, kepintaran dan kemuliaan nama TUHAN(baca: Ini poin utama sich seharusnya)

3. Pastikan 1 payudara(PD) mencukup untuk si bayi menyusui langsung(baca: jangan gegara mau perah, si bayi dibiarin kurang atau ditambahkan susu lain), dan selalu “kosongkan” 1 PD biar si bayi dapat semua komposisi ASI tersebut(baca: hind milk dan fore milk)

4. Setelah si bayi menyusui(baca: which is untuk bayi ASI, biasanya menyusui 1x 2 jam) dari 1 PD, PD yang 1 lagi di perah dan kalau PD yang disusukan langsung sebelumnya masih bisa di perah, perah ajah, ASIP dari kedua PD bisa disatukan kok, rasanya ndak beda ntuh :)(baca: pengalaman ku awal menyusui dan perah, sempat parno, hasil perah PD kiri ama kanan harus dipisah, huaahhaha….)

5. Hasil perah itu bisa langsung disimpen didalam botol/ plasti penyimpanan dan dilabel-in langsung masuk kulkas(baca: masuk kulkas bawah jangan langsung ke freezer, demi menjaga suhu yang tidak terlalu ekstrem yang bisa merusak komposisi ASI tersebut)

6. ASIP bisa bertahan disuhu ruangan itu selama 4 jam, setelah ini harus dibuang karena sudah tidak bagus kandungannya (baca: bisa explore lagi informasi ini)

7. Jika hasilnya tidak penuh 1 botol/ tidak penuh 1 plastik (baca: yang mana kondisinya alokasi penyimpanan ASIP hanya freezer kulkas atas yang mana itu kecil), sebaiknya hasilnya perah selanjutnya digabung dengan kondisi. ASIP bisa digabung bila diperah didalam 1 hari yang sama

8. Pelabelan pada botol/ plastik penyimpanan ASIP dibuat dengan tanggal dan jam perah terakhir(baca: jika digabung) dan pelabelannya bisa langsung di plastik-nya pakai spidol permanent atau pakai kertas label pada botol/plastiknya.

9. Yang perlu ditulis adalah, tanggal perah, jam perah dan jumlah isi botol/plastik tersebut karena pemakain ASIP nantinya berlaku FIFO (first in first out)

10. Perlakuan untuk ASIP yang digabung(poin 7), seperti contoh dibawah, per tanggal 01.01.2015 :

– Perah 1 : Jam 10 am –> Hasil Perah –> 50 ml –> wadah penyimpanan diplastik A –> masukkan kulkas bawah

– Perah 2 : Jam 2 pm –> Hasil Perah –> 75 ml –> wadah penyimpanan dibotol B –> masukkan kulkas bawah

*pastikan suhu keduanya sudah sama(baca: sama-dingin), lalu penggabungannya, bisa dengan :

– Masukkan isi botol B ke plastik A dan goyangkan perlahan sampai bercampur sempurna, atau

– Masukkan isi plastik A dan botol B ke wadah penyimpanan baru  wadah plastik C

Maka, label di plastik A/ plastik C(baca: penyimpanan akhir  masuk freezer) nantinya adalah : 01.01.2015 – 2pm – 125ml

11. Setelah ASIP dingin bisa dinaikkan ke freezer, namun jika langsung dikonsumsi si bayi, bisa dibiarkan di kulkas bawah saja, dimana ketahanan antara kulkas bawah dan freezer itu beda. Untuk kulkas bawah sekitar 3 – 8 hari, sedangkan di freezer atas bisa 3 – 6 bulan (baca: semakin cepat dikonsumsi semakin baik)

12. Jika ASIP dari kulkas bawa ingin dikonsumsi, bisa dengan dihangatkan(baca: wadahnya langsung, bukan isinya dicampur air hangat), dan dihangatkan dengan air hangat bukan air mendidih, atau bisa juga di air kran mengalir. Kenapa harus dihangatkan? karena kebiasaan si bayi saat menyusui langsung dari si Ibu itu hangat, jadi biar si bayi tidak menolak atau terbiasa juga, makanya ASIP-nya dihangatkan.

13. Menghangatkan ndak juga HARUS pakai bottle warmer(baca: awal-awal “kepo” sampai beli), ternyta ndak sabaran dan “ribet” kalau minta orang yang jaga #BabyMiguel dengan cara ini, akhirnya pakai air hangat doank, haha..simple.

14. Seperti poin 12, jika ASIP dari freezer ingin dikonsumsi(baca: kondisi beku), sebelum dikonsumsi esok harinya, turunkan dari freezer ke kulkas bawah terlebih dahulu, dan proses pencairannya beda-beda tiap kulkas. Seperti kulkas dirumah kami, biasa 12 jam, bisa 8 jam bisa juga 20 jam dan sampai sekarang ini masih misteri, hahaha…

15. Catatan penting : Untuk ASIP yang diturunkan dari freezer, dari mencair total (baca: seluruhnya artinya tidak ada lagi titik beku-nya) harus dihabiskan dalam waktu 24 jam dari jam mencair-nya, jadi kalau ndak tau jam cairnya kapan, ambil ajah waktu dari turunin ke kulkas bawah ya, buat anak jangan coba2😀, jadi cari aman

16. Jika misalnya dari plastik C contoh diatas tadi(poin 10) hanya akan dipakai 50ml, maka ndak perlu semua di panaskan, karna untuk ASIP yang sudah dipanaskan hanya bertahan 4 jam untuk dikonsumsi, sayang kan kalau si bayi-nya 4 jam kedepan ndak mau ngabisin🙂, panasinlah seperlunya. *ASI ntuh gratis tapi sayang ya kalau dibuang sia-sia, gimana yang susu formula, bukan? hehe… no offense ya🙂

17. Giman cara baiknya susun ASIP di freezer itu, sepintar-pintarnya dech ya, biar tetap sistem-nya FIFO, emang lebih nyaranin pakai plastik sich,selain hemat tempat, nyusunya juga bisa gampang didalm freezer.

Setelah ngejalanin kasih ASI ke #BabyMiguel, apa manfaatnya sejauh ini?

Puji TUHAN, manfaatnya banyak dan paling penting, bahagia karena bisa memberikan yang terbaik untuk anak sendiri🙂. Untuk mama-nya emang berat badang selama menyusui lebih stabil(baca: naiknya ndak drastis) even makannya banyak bgt, ndak takut kanker payudara(baca: konon kaya’nya emang manfaat utama untuk ibu), dan #BabyMiguel ndak gampang sakit, bukan NDAK pernah ya, tapi ndak gampang. Sakit flu atau batuk paling lama 3 hari dengan perawatan rumah atau obat tradisional, gembur dengan ASI, SEHAT🙂, semoga sehat-sehat selalu ya amang.

Hemat, iyalah…Gratis dari TUHAN, duit beli susu formula ndak perlu masuk catatan bulanan, bisa dipakai buat yang lain kan, seperti belanja di OLShop *eh….hahaha…

GAMPANG, apa2 tinggal buka, kalau si mama deket ama si anak, kemana-mana ndak perlu bawa peralatan tempur yang gimana-gimana, yang penting bawa apron atau kain yang bisa nutupin ajah, MALU? Bangga tau…. *ntar rasain sendiri dech ditengah2 keramain, kita duduk sambil gemdong anak dan ditutup apron/kain gendong, trus ditanyain, “NYUSUIN?”, “Iya nich..”, “Wah..hebat ditengah2 kegaduhan gini, sempat ya..”, *senyum pepsodent

Mama dan Bayi ASI

Mama dan Bayi ASI

Trus apa lagi yang yang penting?

Hahaha…saya juga ndak tau, mungkin kalau inget, bisa diposting lagi.. Please check this http://aimi-asi.org/ for more info🙂

Happy Breastfeeding, Awesome Mommas out there..

Doa’kan saya 4 bulan lagi sukses 2 tahun menyusui, hihi….

One thought on “Serba-Serbi ASI

  1. wowwwwwwwwwwwwwww….aku baru tau apa bedanya ASIX dengan ASIP hahahah.
    infonya sangat berguna untuk calon mamah keceh ini, semoga bisa ASIX 2 tahun juga *amin.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s