Pelajaran untuk Anak

Setiap pagi hal yang pertama kali dibuka saat sampai di kantor adalah email, dan langsung baca renungan harian yang setiap hari di kirim oleh santapan rohani. Pagi ini aku membaca 3 renungan, karena renungan untuk hari Sabtu, Minggu dan Senin ini yang belum di baca, berhubung  buka email biasanya di hari kerja doank😀, dan ada salah satu renungan dengan judul “Pelajaran untuk si Kecil” yang cukup membuat ku tergerak untuk buat postingan ini, karena langsung inget bagaimana aku memberikan pelajaran untuk Miguel dalam hal rohani-nya khususnya.

Ayat-nya diambil dari Amsal 22:1-16, sungguh2 indah isinya :

22:1Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas. 22:2Orang kaya dan orang miskin bertemu; yang membuat mereka semua ialah TUHAN. 22:3Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka. 22:4Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan. 22:5Duri dan perangkap ada di jalan orang yang serong hatinya; siapa ingin memelihara diri menjauhi orang itu. 22:6Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu. 22:7Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi. 22:8Orang yang menabur kecurangan akan menuai bencana, dan tongkat amarahnya akan habis binasa. 22:9Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin. 22:10Usirlah si pencemooh, maka lenyaplah pertengkaran, dan akan berhentilah perbantahan dan cemooh. 22:11Orang yang mencintai kesucian hati dan yang manis bicaranya menjadi sahabat raja. 22:12Mata TUHAN menjaga pengetahuan, tetapi Ia membatalkan perkataan si pengkhianat. 22:13Si pemalas berkata: ‘Ada singa di luar, aku akan dibunuh di tengah jalan.’ 22:14Mulut perempuan jalang adalah lobang yang dalam; orang yang dimurkai TUHAN akan terperosok ke dalamnya. 22:15Kebodohan melekat pada hati orang muda, tetapi tongkat didikan akan mengusir itu dari padanya. 22:16Orang yang menindas orang lemah untuk menguntungkan diri atau memberi hadiah kepada orang kaya, hanya merugikan diri saja.

Alkitab itu salah satu buku panduan bagaimana menjadi orang tua yang berkenan kepada Allah, dan bagaimana menanamkan pelajaran baik pada anak sesuai dengan kehendak Tuhan, segala sesuatunya sdah diingatkan melalui isi-nya, bahwa orang tua harus menanamkan hal-hal baik tersebut sejak dini, bahkan sejak di dalam kandungan, karena di dalam Alkitab juga ada ayat yang memaparkan bagaimana pada saat masih di rahim si anak di bentuk Tuhan dengan baik dan sempurna-nya.

Jika dipikir-pikir, untuk menumbuhkan iman seorang anak sejak dini, pastilah tidak mudah, dan tidak ada kata terlalu cepat untuk mengajarkan anak bagaimana mencinta Tuhan dan mengenal kasih Tuhan dari sejak masa muda mereka. Anggaplah saat mreka kecil belum mengerti apa-apa, atau hanya mengikuti apa yang orang tua mereka ajarkan, tapi yakinlah suatu saat nanti akan ada titik dimana mereka mengerti dan berterima kasih karena di perkenalkan sejak dini pada sang pencipta-nya dan pada Bapa yang selalu menyertai perjalanan hidup-nya.

Kami(baca : Aku dan Pak Suami) bukan termasuk orang yang rohaniawan/wati, tapi tidak ada yang salah kalau dari kecil kami mengajarkan Miguel tentang Tuhan Yesus.

  1. Jadi dari kecil, saat baru lahir, setiap mau menyusui aku selalu ambil tangan miguel dan berdoa bersama-sama Miguel agar Tuhan berkati ASI ku yang diminum Miguel menjadi kesehatan, kepintaran dan berkat buat pertumbutuhan Miguel dan aku.
  2. Saat sudah bisa ke Gereja bersama-sama, sebelum masuk gereja selalu ajarin Miguel untuk tenang beribadah karena kami sedang berada dirumah Tuhan, selalu ikut lipat tangan Miguel berdoa saat masuk ke rumah Tuhan
  3. Setelah Miguel udah mulai MPASI, sebelum makan selalu ajarkan Miguel berdoa sebelum menyantap makanan-nya dengan doa yang sama setiap mau makan, sehingga saat ini usia 2 tahun 8 bulan biasanya kalau makan bareng, yang memimpin doa kami saat makan adalah Miguel dengan doanya yang sederhana namun tulus🙂
  4. Setiap mau tidur malam, sejak lancar bicara kalau waktu tidur kami bareng, Miguel jugalah yang memimpin doa tidur kami, dengan doa yang kami ajarkan sejak dahulu saat Miguel masih cuma bisa kedap-kedip, haha..
  5. Bangun tidur juga, selalu dibiasakan bangun dengan ceria, sehingga saat diajak doa pagi, dia tetap semangat dan mood bawain doa bangun pagi-nya
  6. Miguel udah bisa dikasih tahu kalau Tuhan Yesus ada di hati Miguel dan di surga, dan 1 hal yang kami ndak pernah ajarkan, sehingga dia tau, saat ditanya Miguel takut ama apa? dia jawab, Miguel ndak takut apa2, tapi takut Tuhan Yesus, hahaa..
  7. Akhir-akhir ini, karena mama-nya lagi mengandung ade-nya Miguel dan baru pindah rumah jadi belum Gereja dengan jadwal sekolah minggu yang bisa bawa Miguel, jadi dia ikutan bareng Ompung, papa dan mama-nya gereja dewasa, udah mulai diajarkan doa saat sampai di Gereja, semoga segera kita masuk jadwal sekolah minggu ya nak, hehee..

Mungkin hal2 diatas ndak ada apa2-nya, masih pelajaran awal sejak kecil buat Miguel, tapi kami percaya apa yang kami tabur saat ini untuk Miguel, even sesederhana itu, tapi akan menjadi bekal pada masa depan-nya. AMINNN..

Berikut doa Miguel yang kami ajarkan dari dulu sampai saat ini, semoga menjadi berkat.

Doa Makan :

Tuhan Yesus, Miguel mau makan, Berkatilah Makanan dan Minuman Miguel ini, Berkatilah jugalah Papa, Mama, Ompung, Terima Kasih Tuhan Yesus, Halleluya, AMIN

Doa Tidur :

Tuhan Yesus, Miguel mau tidur, Berkatilah sepanjang malam ini, Terima Kasih Tuhan Yesus, Halleluya, AMIN

Doa Bangun Tidur :

Tuhan Yesus, Miguel udah bangung, Berkatilah sepanjang hari ini, Terima Kasih Tuhan Yesus, Halleluya, AMIN

Doa Masuk Gereja :

Tuhan Yesus, Miguel udah sampai di Rumah MU,berkatilah Miguel sepanjang kebaktian ini, Terima Kasih Tuhan Yesus, Halleluya, AMIN

 

2 thoughts on “Pelajaran untuk Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s