Foto Keluarga

Semua orang pasti suka saat lihat postingan temen atau siapa pun saat bersama keluarganya, baik itu direncanakan dengan memakai seragam atau kostum samaan atau candid dengan apa adanya, tapi momentnya bagus untuk dijadikan foto keluarga dan di print untuk dibuat frame dan ditampilkan di rumah.

Begitu juga dengan aku pribadi, sangat-sangat ingin memiliki foto keluarga yang bagus dalam arti ekspresi bagus dengan suami yang notabene sangat tidak bersahabat dengan kamera dan anak-anak yang masih moody saat diajak fotoan, boro-boro dengan pose dan ekspresi yang bagus.

Jadi, kalau ubek-ubek folder gambar di laptop belum menemukan foto yang PAS untuk diprint dan dibuat frame agar bisa dipajang dirumah. Saat sebelum pesta pernikahan adik ipar kemarin(bacaL: februari) ngobrol ama Pak suami, karena moment-nya pas karena pasti berpakaian rapih agar berfoto yang nantinya bisa dipajang dirumah, dan hasilnya…tetep ndak seperti ekspektasi saudara-saudara, hahaha…tapi diantara semua foto sekeluarga saat ini, paling ndak inilah foto yang paling bisa di print dan dipajang dirumah.

This is it, M’s Family (Malthus, Moris, Miguel and Maritha)

msfamily

Other things may change us, but we start and end with the FAMILY.

 -Anthony Brandt.-

1 Tahun #BabyMiguel

Helllooooooooooo……Akhirnya, saat yang ditunggu-tunggu tiba juga, hahaa.. Akhirnya, si bocah baby boy sampai diusia ini,yuppp… 1 tahun. Puji TUHAN tak terkira buat kemurahan hati-nya memberikan waktu buat kami bersama-sama menikmatin masa2 jadi orang tua, dan menjadi saksi setiap kepinteran anak kami terkasih, #BabyMiguel.
image

Trus, apa yang terjadi di hari ulang tahunnya? hahaa…nothing :), dari awal aku dan papa Miguel emang ndak ada acara spektakuler yang gimana2 buat ngerayain ulang tahunnya, walau dari bulan sebelumnya kita punya rencana mau ngerayain di Siantar, biar dia dikeliling orang2 yang mencintainya (Opung Siantar, Tante, Bapak dan Mama Tua serta sepupu2), tapi berhubung si mobil baru keluar dari bengkel, jadi kagak berani bawa perjalanan jauh, soo..nikmatin di Medan ajah dengan jarak tempuh yang ndak terlalu jauh :).
image
Orang tua mana yang ndak excited coba ngerayain ulang tahun pertama anakny, ndak beda juga dengan kami, seminggu sebelumnya juga udah setiap pagi ngeledekin #BabyMiguel dengan nyanyiin lagu “Happy Birthday”, tapi si bocah ntuh kan blon ngerti, jadi kegembiraan kami sebenernya bertepuk sebelah tangan, wkwkwkkw… Ndak beda juga dengan si opung Damanik (baca: opung panggoaran #BabyMiguel), udah sibuk ngajarin si bocah tiup lilih, hahhaa..dan dengan tampang lucunya, si bocah tiup lilin dengan bunyi nafas yang begitu kecil, haha…
image
Awalnya aku mau pesenin cake ulang tahun gambar karakter gitu, setelah cari2 yang lumayan(baca: lumayan enak dan murah), waktu tanya ternyata udah ndak bisa pesen dan aku baru sadar ternyata waktu mau pesan itu udah hari Jumat, dan ulang tahun #BabyMiguel ntuh Sabtu, arghhh….betapa..betapa.. *pentung diri sendiri, akhirnya hari jumat aku pergi beli cake rainbow kecil gitu ke Bakers King, berhubung papa Miguel juga kasih ide beli yang kecil ajah dengan alasan dirumah juga orang2nya ndak pada suka makan yang manis2, ehmmm…bener juga sik, lumayan juga duitnya nambah buat Ucapan Syukur Pertambahan Usia #BabyMiguel ke Gereja dan masuk Tabungan Pendidikan #BabyMiguel, wowww….Ibu yang bijak kan saiaaa? *dilempar cake :)))
image

Okay then, Sabtu pagi seperti biasa, #BabyMiguel bangun disekitaran jam 5 dan 6 pagi, begitu rasakan cubitan dan denger teriakannya(baca: cara membangunkan papa dan mamanya, ala #BabyMiguel), langsung dech kita cium bertubi2 si bocah ganteng ntuh, dan nyanyi teriak2 lagu “Happy Birthday”, cluess..si bocah tetap tepuk2 tangan sambil geleng2, ciri khas #BabyMiguel, hahaha..
image

Rencananya hari itu, kita cuma rayakan makan siang diluar, pilihan jatuh ke Restoran Lembur Kuring didaerah Amir Hamzah, berhubung ditempat ntuh juga menyediakan area permainan anak2, ada enjot2an, ayunan, puter2an, panjat2an, jadi lumayan dech buat #BabyMiguel maen, dan makanannya juga enyakkkk…. begitu pula harganya, makan ber-3 bisa buat makan seminggu, hahaha..it’s oklah ya 🙂

oh ya, hadiah apa yang kami kasih buat #BabyMiguel? hmm…hanya DOA INDAH dan TERBAIK :),

Our prayer for our #BabyMiguel
Hope you grow up with a soft and gentle heart, pleasing in GOD’s eyes.
Dearly loved by everyone around you; families, friends and most important by GOD Himself.
Have a strong faiyh in Jesus, to experience Him personally since your young age.
Obedience to your parents and always make us laugh.
Be a handsome man in and outside.
Stay healthy,cheerful,outgoing,funny, cute,adorablr,creative and has incredible singing voice,so you can be GOD true worshipper as our dream 🙂
image
Sekali lagi, Selamat Ulang Tahun #BabyMiguel, Anak kebanggaan kami :*

11 Bulan #BabyMiguel

Nakkkkkkkkkkkkk….Maafkan emakmu, untuk cerita perkembangan #BabyMiguel di bulan ke-11 terlewatkan, karena 1 dan bannyak hal yang buat ndak sempat bercerita tentang semua-muanya, huuu..I feel bad 😥

image

Yang pasti #BabyMiguel di usia 11 bulan ini tumbuh semakin besar, pintar, sukacita, cerita dan bawa kebahagiaan buat orang-orang disekitar #BabyMiguel ya nak. Diusia 11 bulan ini #BabyMiguel kembali dijaga ama opung panggoaran ya nak, lebih baik daripada harus dijaga ama orang yang ndak bisa dipercaya ama Papa dan Mama. Semoga secepatnya dapat yang jaga #BabyMiguel yang sayang ama #BabyMiguel, dan bisa dipercaya dan cocok dengan kebutuhan Mama dan papa buat dipercayakan jaga #BabyMiguel ya nak.

image

11 bulan usianya #BabyMiguel, penuh sukacita, pertama x ngelakuin perjalanan naik pesawat, anak yang pinter ndak buat kewalahan Papa dan Mama-nya saat dipesawat walau mama sangatttt minta maaf atas apa yang kita lewatin menghabiskan liburan kita disana ya nak, mama egois sampai2 mama disadarkan bahwa ndak ada KEBAHAGIAAN LEBIH ketika ada Papa dan #BabyMiguel disamping mama, dimana pun itu, mau di bawah jembatan sekalipun lebih baik daripada di atas tugu monas bersama orang lain, so sorry hubbie and #BabyMiguel.

image

Oh ya, 1 bulan lagi ulang tahun #BabyMiguel, bukan pesta ulang tahun yang meriah dan besar yang mama pikirkan nak, tapi bagaimana caranya Mama masih tetap konsisten bisa kasih ASI, MPASI Homemade dan Imunisasi lengkap ama #BabyMiguel, itu investASI paling luar biasa yang saat ini Papa dan Mama bisa berikan. Tapi apapun yang kita cita-citakan, biarlah tetap kita sampaikan ama Tuhan, dan Tuhan mau dengarkan doa2 kita ya nak.

image

For Our #BabyMiguel:
Selamat 11 bulan sayang, tetap tumbuh dan berkembang sesuai dengan kehendak TUHAN ya nak. Tetap ceria dan penuh sukacita serta membawa kebahagiaan terus buat orang-orang disekitar kamu. 1 bulan lagi #BabyMiguel udah 1 tahun, udah bukan baby lagi ya nak, udah abang-abang, hehehe…sehat terus ya nak, semoga milestone #BabyMiguel dari hari ke hari selalu mengejutkan buat Papa, Mama dan opung.
Sayang #BabyMiguel selalu, Tuhan Berkati.

6 Bulan #BabyMiguel

Wowww….just Wowwww… GOD did it, Pappa and Momma did it, especially #BabyMiguel did it, yeayyyy… ASIX. Hari ini 10 November 2013, menjadi salah satu moment bahagian dikeluarga kecil kami, kenapa ndak? Karena hari ini usia hubungan-ku dengan papa Miguel 9 tahun, hahha..lama yak, iya 7,5 tahun pacaran dan 1,5 tahun menikah dan hari ini juga 6 bulan usia anak kami yang luar biasa #BabyMiguel yang lulus dengan predikat Sarjana ASI(ASIX), dan hari ini #BabyMiguel bakal menikmati HIS FIRST SOLID, yeayyy…
Anw, untuk cerita Anniversary-nya papa Miguel dan mama Miguel ceritanya di postingan lain ajah yak, karna harus special donk yak, hahahaha…jadi kali ini postingannya hanya untuk 6 bulan #BabyMiguel. Seperti biasa cerita perkembangan #BabyMiguel setiap bulanya yang aku buat di blog ini, cerita tak habis-habisnya tentang anak luar biasa kiriman TUHAN dalam keluarga kecil kami ini, selalu buat sukacita.

Setelah rasa penasaran papa dan mama Miguel bulan lalu, saat imunisasi kalau dari bulan ke-4 ke bulan ke-5 ndak ada kenaikan BB(Berat Badan) dari #BabyMiguel, sementara TB(Tinggi Badan) dan LK(Lingkar Kepala) tetap ada kenaikan, padahal #BabyMiguel menghabiskan ASIP dengan kuantitas yang sama 450-550 ml per harinya, dan malam hari minum langsung dari emaknya. Akhirnya dibulan ini, berat badan #BabyMiguel naik, yeayyy…GOOD BOY!, Walaupun ndak endut bgt, tp ada peningkatan dan tetap dikurva ya saying. Emang perkataan ntuh DOA ya, dari awal tau ndak ada kenaikan berat badan #BabyMiguel, aku selalu ngomong ke dia, kalau bulan depan harus bisa naik ya nak , harus minum banyak ama mama-nya, harus minum banyak walau ditinggal kerja ama mama-nya, harus tidur yang cukup biar kenaikan berat badannya bisa lebih dari bulan yang lalu.

Apa yang terjadi dibulan ke-6 ini? Yah banyak..yg dari #BabyMiguel demam tinggi dan naik turun, ampe batuk kering, jadi batuk berdahak dan flu sampai sembuh yang buat degdegan serta drama yang buat kami jadi orang tua yang lebih bijak menentukan apa yang harus kami lakukan untuk anak kami disaat2 panik menyerang. Jadi ceritanya, hari kamis kami pulang dari kantor sampai di rumah seperti biasa, gitu didepan pintu, pasti teriak “Miguellll…”, tapi ternyata #BabyMiguel lagi digendong ama opungnya aka MA’eee dan lagi minum asip dari botol. Tiba-tiba MA’eee ngomong, “Dari tadi jam 3 dia demam, jadi bawaannya lemas”, whatttt…? Kaget bukan kepalang, karna MA’eee ndak ada hubungin kami buat kasih tau kabar ntuh.

Akhirnya seperti biasa, langkah pertama yang kami lakukan ukur suhu badan #BabyMiguel pakai thermometer, ganti bajunya jadi yang kuntung, celana pendek, matiin AC, buat terapi uap dikamar. Ternyata suhu badannya 38,5 decel donk, untung kita udah sedia parasetamol (Baca: Obat yang memang aman dikasih ke bayi 0-1 tahun dengan kondisi suhu badan sama atau diatas 38.5 decel), jadi kita kasih, setelah ntuh kita skin to skin ama #BabyMiguel , gentian antara aku dan papanya, kalau udah keserap padan badannya, gentian tapi suhu badan #BabyMiguel masih naik turun juga, mungkin karena #BabyMiguel juga ndak bisa tidur jadi istirahatnya kurang, dan 1 lagi #BabyMiguel hanya mau minum asip dari botol, ndak mau nyusu langsung ama aku, daripada ndak minum dan ndak ada cairan yang masuk, jadi kita kasih yang asip dari botol, akhirnya aku pumping dirumah karna ndak nyusuin langsung, kalau kata MA’eee sich, mungkin dia males nyusu karna harus usaha ngeluarinnya, kalau botol dot kan ndak, lagian tenggorokannya kaya’nya lagi sakit, ntahlah aku harus nerima atau ndak alesan ntuh, tapi yang penting #BabyMiguel mau minum dan ndak dehidrasi.


Besok paginya, aku coba lagi nyusuin #BabyMiguel secara langsung, dan dia udah mulai mau, Cuma beberapa x minum, sekian kali juga dimuntahin, kami jadi kaget dan panic, akhirnya kita langsung ke Rumah Sakit ketemu DSA, berhubung masih pagi jadi kita ndak ke dsa yang biasa ama #BabyMiguel , yaitu dokter bugis, karena dr. Bugis prakteknya jam 13.00. Sampai di RS. Stella Maris kita nyari dokter yang jam prakteknya dekat dengan jadwal kita, akhirnya jatuhlah pilihan pada dokter yang 1 ini(baca: Nama disamarkan demi keamanan data si dokter), yang sebelumya aku juga cari tahu ada yang bilang cocok dengan dsa ini.
Ternyata singkat cerita, si dokter seperti nakut2in kita, kalau kondisi #BabyMIguel udah gawat,untung cepat dibawa ke dokter dan sebenernya si dokter mau cek darah #BabyMIguel tapi dia minta makan obat dulu, dan 3 hari setelahnya kalau masih dalam kondisi yang sama, bawa kontrol lagi ketemu dia, dan obat-obat yang dia kasih ntuh salah satunya adalah ANTIBIOTIK sosodara! Saat ntuh juga dengan rasa panik deluan, langsung Tanya dokternya, “kenapa harus ANTIBIOTIK? Ini kah demam dan batuk which is ntuh karena virus, sedangkan ANTIBIOTIK buat penyebabnya bakteri”, “Karena ini udah parah!” yah, walaupun udah tau banyak informasi tentang bahaya ANTIBIOTIK, tetep ajah aku dan papa #BabyMIguel nebus ntuh obat, yang sebenernya harganya juga ndak murah lho, darn!
Oh ya 1 lagi, waktu aku bilang ama dokternya, “Dok, Miguel dari bulan lalu ke bulan ini berat badanya ndak naik lho, kenpa bisa gitu ya? Saya ASIX”, “Oh udah 5 bulan ya? Kita liat ajah bulan depan, kalau ndak ada perubahan, Ibu boleh kasih tambahan SUFOR ajah”, lagi dan lagi, bukan solusi yang membuat hati tenang dan bisa diterima dengan murah oleh aku, darn! Really..really hate him! Bukan karena aku “Pembenci” Sufor, not at all(baca: BOLD+UNDERLINE), tapi jawabannya bukanlah jawaban seorang tenaga ahli yang dibayar mahal dengan ilmunya dan membuat para orang tua yang sedang kuatir dengan keadaan anaknya menjadi tenang, malah menjadi semakin panik. Biarlah ntuh pertama dan terakhir kalinya bertemu dia, yah..bertemu dia, walaupun ndak, TUHAN ijinkan aku bertemu lagi dengannya beberapa hari kemudian, saat makan siang di 1 rumah makan dekat kantor.


Sampai dirumah, kita tetap ukur suhu badan #BabyMiguel, saat ada di 38,5 dercel kita kasih parasetamol dan tetap nyusuin langsung, puji Tuhan #BabyMIguel mau nyusu langsung jadi ndak harus pake asip dari botol dotnya. Akhirnya tiba-tiba papa #BabyMIguel minta aku iris-iris jahe, cengkeh, bawang putih, bawang merah dan dia buat di wadah terapi uap yang biasa kita pakai dialasin dengan sapu tangan, kemudian papa dan #BabyMIguel sama2 buka baju dan minta aku tutupin ama sarung sekeliling mereka, sementara #BabyMIguel digendong dipelukan papa, dan mengalihkan perhatiannya dengan menonton Disney Junior yang jadi kesenangannya, jadi metode ini dibuat papa #BabyMIguel seperti Sauna/Oukup yang mengeluarkan panas ditubuh, akhirnya begitu keluar banyak keringat dan #BabyMIguel udah basah badannya, kita bungkus pakai baju, trus ditengkurapkan, lalu punggungnya di puk-puk, sampai ada yang dimuntahin, dan ternyata adalah dahaknya, lalu disusuin dan langsung tidur lelap(baca: setelah dari beberapa hari lalu sulit tidur) dan begitu bagun suhu badannya normal langsung di 37.3 dercel, GLORY TO GOD.
Setelah ntuh ndak ada lagi demam-demaman, yang sisa adalah batuk dengan dahak yang nyangkut, berhubung MEDAN sedang disombongin ama sinar matahari, jadi kita juga ndak bisa jemur #BabyMiguel , eh..tiba2 karna posting keadaan #BabyMiguel di media social ada temen yang anaknya udah hampir 2 tahun nyaranin buat obatnya kencur dihaluskan trus dibuat diatas ubun-ubun dan sekeliling leher #BabyMiguel, and it worked!, yeayyy…tapi saat ada matahari walau udah jam 10 pagi, kita tetep jemur #BabyMiguel sampai batuknya bener2 hilang, huff….RUM is in the house, yeayyy..NO ANTIBIOTIC nor other medicines, GLORY TO GOD.
Yah…bener-bener pelajaran berharga buat aku , papa dan opungnya #BabyMiguel. Setelah ntuh hari-hari berikutnya, malah yang ada #BabyMiguel aktifnya luar biasa, sampai-sampai ndak bisa diam, tapi minum asi/asip nya juga nambah, yang biasanya Cuma 450-550ml per hari asip-nya, jadi 550-700ml per hari, yeayyy..bagus nak! Ntuh artinya mama harus lebih sering-sering pumping. HIkss..walaupun akhir-akhir ini udah ndak pumping beberapa waktu malam, karna kecapekan dan ketiduran, alhasil beberapa kali hasil pumpingnya deficit dari per hari dari yang dihabiskan ama #BabyMiguel, tapi mama janji setelah MPASI nanti which is 6bulan #BabyMiguel, mama mau rutin lagi pumping tengah malam/subuh biar tetap produksi asi mama banyak, apalagi bentar lagi mau liburan natal, huff…semoga liburan di kampong nanti tetap bisa disiplin pumping ya nak!.
Perkembangan #BabyMiguel diusia 6 bulan apa yah, banyak dech, tenaganya udah kuat banget buat genggam sesuatu, tapi lebih kuat tangan kanan dari tangan kiri, gigitannya dasyat, semua buku-buku yang bisa diraih sobekkkkk, dan beberapa x mama, papa dan opung kecolongan ada kertas yang masih disembunyiin dilangit-langit mulunya, hayaaa..nakkk…ntuh ndak enak, percaya dech!. Seperti biasa cek nilai KPSP #BabyMiguel dan sukses dengan nilai 10 juga, yeayy…Puji TUHAN. Oh ya #BabyMiguel udah bisa mundur-mundur, wakaka…harusnya ngerangkak ntuh maju nak, bukan mundur, tapi lucu setiap liat aksinya #BabyMiguel. Sekarang lagi belajar duduk, tapi klo distimulasi duduk sendiri dengan sandaran bantal, males bgt #BabyMiguel, dia langsung selonjoran, tp klo sandaran dibadan mama atau papa senengnya bukan main, kurang empuk bantalnya ya nak? Hahahha..
Ok, 6 bulan berarti saatnya MPASI yak, walaupun menurut WHO sebenernya diusia 180 hari pencernaan si bayi udah siap untuk mengkonsumsi makanan pendamping selain asi, jadinya hari sabtu, 9 November 2013, aku buat puree kabocha dan dengan semangatnya kita kasih ke #BabyMiguel, dan dengan suksesnya #BabyMiguel menolaknya walau masih nempel digusi , hahaha…Awalnya kita pikir karna texturnya yang masih terlalu kental, akhirnya aku tambahkan asip yang fresh, tapi ternyata #BabyMiguel tetep nolak, akhirnya tambah lagi asip-nya dan buat d botol dot-nya, sapa tau dia ndak suka ama wadahnya, tapi tetep juga, dan ternyata pikir punya pikir sepertinya dia masih dengan karena sebelumnya #BabyMiguel minum susu langsung dari mamake, o’alaaa…salah waktu kasihnya.
Akhirnya, besoknya kita ndak pantang nyerah dengan begitu, kita ganti menunya dengan puree alpukat, oh ya x ini dikasih waktu kita udah pulang gereja kira-kira jam 9-an pagi, dan begitu sendok 1 menyentuh ujung lidah #BabyMiguel, dia langsung mengecap-ecap dan sukses membuka mulutnya, yeayyyy…akhirnya habis semua, dan lebih mengherankan lagi #BabyMiguel ntuh kenceng bgt minum air putihnya, kaya’ papa dan mamanya, yang demen ama air putih , huaaa…can’t wait for the next day and the next day MPASI #BabyMiguel, sesuai dengan jadwal yang udah aku buat, semoga seneng makan ya nak, kaya’ mama dan papa juga, hahaha..
Oh ya, kita udah biasakan #BabyMiguel dari kecil dulu setiap bangun tidur berdoa dengan lipat tangan dan dengan doa yang sama, kalau doa tidur jarang, karena #BabyMiguel biasanya klo mau ditidurkan kadang-kadang ada dramanya, hehehe…dan setelah makan ini kita juga mau biasain #BabyMiguel berdoa sebelum makan, biar ntar semakin besar udah bisa doa sendiri ya nak, doa’kan papa,mama, opung dan keluarga yang lain 
For #BabyMiguel :
Hi Ganteng papa dan mama, udah gede ajah #BabyMiguel, baru kemaren mama ngerasain si ganteng mama ini goyang-goyang diperut, bentar lagi papa dan mama udah bisa liat #BabyMiguel goyang-goyang dihadapan papa dan mama ya nak, hahaaa. Terima Kasih ya nak, udah buat kebahagiaan papa dan mama bertambah-tambah dari hari ke hari, begitu pulang kantor ngeliat #BabyMiguel tidur ntuh rasanya sedih, tapi ternyata kata opung sebelum papa dan mama pulang #BabyMiguel juga resah kaya’ nyari-nyari ko’ blon plg, kita berdoa ya nak, biar dapat tempat tinggal yang ndak terlalu jauh dari kantor mama dan papa, jadi bisa ketemu #BabyMiguel saat masih bangun sorenya . Tetap tumbuh dijalannya TUHAN ya nak, tetap tumbuh dan bawa sukacita selalu seperti nama #BabyMiguel. Papa dan mama sayang #BabyMiguel.

4 Bulan #BabyMiguel

Kembali bekerja dan udah 1 bulan ninggalin #BabyMiguel selama kurang lebih 12 jam seharinya, betapa rasanya ingin ngeliat setiap perkembangannya secara langsung dan berada disampingnya setiap saat. Mana perjalanan rumah-kantor-rumah benar2 menguras waktu dan tenaga karna ndak bentar, apalagi dengan kondisi lalu lintas kota Medan yang semakin acak adut. Jadi sebisa mungkin kami berangkat kantor udah maen2 ama #BabyMiguel sebelumnya dan pulang kantor udah nyampe sebelum #BabyMiguel tidur. Tapi ada kalanya kami sampai dirumah pulang kantor #BabyMiguel udah tertidur, gimana rasanya saat ngeliat seperti ntuh? Nyesss…..sedihnya :’(, puji Tuhan #BabyMiguel ngerti dan tetap nyediain waktu buat maen ama papa mamanya dipagi hari, karna pagi2 jam 5 atau jam 6 dia udah bangun tidur, dan sebelum brangkat kantor kita selalu sempatin maen bareng #BabyMiguel dan beberapa kali kita brangkat udah duluan balik boboin #BabyMiguel lagi.

Setelah cerita 3 bulan kemaren, masih banyak rasa penasaran aku dan papa Miguel tentang pencapaian2 yang seharusnya udah didapat oleh #BabyMiguel, tapi belum juga kami lihat, tapi kami ndak nyerah dan ndak berputus asa untuk tetap menstimulasi #BabyMiguel. Puji Tuhan memang semua ada waktunya, dan pasti waktu itu yang tepat seturut rencana Tuhan. Kami juga ndak mau maksa #BabyMiguel untuk achieve sesuatu sesuai keinginan kami, sama seperti nanti masa depan #BabyMiguel, kami mau dia ngejalanin semuanya sesuai dengan keinginan hatinya, kami sebagai orang tua hanya mendukungnya dan member pengertian tentang segala sesuatu yang kami lebih dahulu tahu J.

Ceritanya hari itu kami pulang kantor, dan dengar cerita tante Miguel(baca: Jagaian sementara #BabyMiguel) kalau hari itu dia rewel bgt ndak tau karna apa, yang pasti bukan karena sakit atau apa2, tapi rewel ajah, tapi begitu mama dan papa Miguel pulang dan disambut ama #BabyMiguel sperti biasa kita pasti mandi dan bersih2 dulu trus maen2 ditempat tidur. Seperti biasa kami stimulasi lagi #BabyMiguel dengan menengkurapkannya dan disinilah hal itu terjadi, tiba2 dia angkat ajah kepalanya ampe 90 derajat, ndak pake 30 derajat dulu, trus 45 derajat dulu, tapi langsung 90 derajat, betapa kami ndak bersyukur dan bahagia bgt, dan saat ntuh usia #BabyMiguel 3m5d(baca: 3 bulan 5 hari), yang mana artinya masih kategori 3mos(baca: kalau 3m16d sudah termasuk 4mos) dan menurut KPSP(baca: Kuesioner Pra Skrining Perkembangan)-nya, berarti nilai #BabyMiguel = 10, yayyy… #ThankingGOD.

IMG_1104

Memikirkan bahwa hari2 kami akan semakin sedikit waktunya bersama #BabyMiguel masa2 sperti ini, jadi merencanakan untuk mencari tempat tinggal baru yang aksesnya sangat dekat atau ndak menghabiskan waktu yang banyak dijalan menuju kantor. Jadi udah mulai survey2 perumahan ama papa Miguel, yang terjangkau juga dengan isi tabungan, dan smoga Tuhan tunjukkan yang terbaik untuk rencana baik ini, BIG AMEN !! Kebayang klo jarak antara rumah dan kantor dekat, bisa juga dihabiskan jam makan siang dengan balik ke rumah, wah…pasti seneng bgt yak, slain ndak usah minum asip #BabyMiguel nya, bonding antara aku dan #BabyMiguel pasti lebih kuat, ouch…how I need it much.

Setelah achieve untuk angkat kepala, jadi klo digendong sekarang #BabyMiguel ndak mau lagi dengan posisi tiduran, maunya ditegakin atau ndak diposiin seperti duduk, luar biasa senengnya nich bocah, ampe2 ndak sadar sewaktu jemput uda-nya dibandara kualanamu, #BabyMiguel dari bandara ampe tanjung merawa diposisi duduk, walau akhirnya berakhir dengan nangis bentar dan tertidur, hiihih. Hari-hari berikutnya diisi dengan perkembangan #BabyMiguel lainnya, sperti untuk stimulasi tidur miring dan tengkurap, aku biasakan nyusuin #BabyMiguel sambil tiduran, dan hasilnya sring bgt #BabyMiguel kalau tidur miring, rasanya pules bgt, dan klo ndak sring diperhatiin bisa2 nanti #BabyMiguel udah tidur tengkurap, hahaha..good boy! Tapi berhubung masih takut dengan SIDS(baca: syndrome infant death sudden),kami biasakan #BabyMiguel untuk tidur telentang, dan menurut dokter posisi tidur seperti ini yang paling baik untuk bayi. Tapi berhubung mungkin #BabyMiguel sambil latihan miring dan tengkurep, sesekali kalau kami perhatiin dia udah bisa miring dan tengkurap sendiri, tapi belon mantab, hehe..ayo nak…berusaha lagi J

Oh ya, 3 days to 4 months #BabyMiguel, kami bawa imunisasi lagi, rasanya kalau udah jadwal imunisasi seneng bgt, bisa ngobrolin bnyak perkembangan #BabyMiguel ama DSA-nya dr. Bugis. Oh ya berat badan 6.8kg dan tinggi badan 64.5, quite good menurut dokter karna masih dalam garis hijau kurva, dan senengnya lagi walau ndak nulis record laporan kami pada dr. Bugis dibuku kesehatan #BabyMiguel, dr. Bugis bertanya lagi tentang benjolan dikantung zakar #BabyMiguel yang aku ceritakan dipostingan sebelumnya, wow…dokternya perhatian, jagi makin seneng J

So selanjutnya, gimana cerita nanny-nya #BabyMiguel? Ampe sekarang belon dapat donk :’(, it’s not an easy thing, actually. 1 minggu pertama #BabyMiguel dijagain tante Coy(baca: adik kembarku yang guru, karena masih libur sekolah), tapi masih belon dapat nanny juga akhirnya minta tolong ama MA’eee-opung Miguel, dan masih belon dapat juga ampe sekarang. Sampai sekarang masih tenang ninggalin #BabyMiguel dirumah karna dia diasuh oleh orang yang tepat, tapi ndak mau juga selamanya tergantung ama MA’eee, karna dia juga punya aktifitas lain di Siantar ditambah lagi dengan usianya yang seharusnya ndak full time jagain #BabyMiguel. Semoga dapat orang yang tepat buat ngasuh #BabyMiguel secepatnya, biar MA’eee aka opungnya bisa focus jagain dan sesekali bisa pulang ke Siantar dan sesekali datang ke Medan, bukan karna keharusan jaga #BabyMigeul.

Gimana cerita tentang ASIP #BabyMiguel setelah aku kembali ngantor? Yak…dikantor pumping 3x sehari, jam 08.00, 12.00 dan 16.30 bagaimana hasilnya? Biasanya dari 3x pumping ntuh aku bisa bawa pulang ASIP sekitar 400-800ml buat #BabyMiguel. Hehee…aku tetap disiplin pumping dan berapa pun hasil yang didapat tetap bersyukur, ndak mau down karna dengar orang2 lain hasilnya berkali2 lipat dari hasil yang aku peroleh. Kalau dirumah ndak disiplin pumpingnya, akibat kecapekan dari kantor, jadi kadang2 pumping malam sekitar jam 22.00 dan pagi jam 04.00, dan sampai saat ini setiap hari #BabyMiguel menghabiskan sekitar 400ml – 500ml ASIP per harinya, dan puji Tuhan stock ASIP di freezer diusia #BabyMiguel ini masih penuh seperti bulan ke-3 saat aku bersiap masuk kantor lagi.

 

Anw, mungkin kebiasaan pake dot,pernah sekali waktu hari Sabtu, waktu imunisasi dari pagi #BabyMiguel minum cuma sebentar, dan ampe siang dia ndak minta minum lagi. Diperjalanan ke RS, aku ajak becanda dimobil sambil nyodorin buat minum, tapi dia ndak mau, sampai setelah imunisasi pun dia Cuma minum bentar dan tidur lagi. Setelah selesai imunisasi kita kerumah Uda-nya papa Miguel, which is mertua aku juga dan #BabyMiguel juga ndak mau minum, rasanya sedih dan mikir apa dia bingung putting? Mana aku ndak bawa breastpump atau wadah buat pumping, jadinya rasanya udah penuh banget payudaranya. Begitu nyampe rumah, aku mandiin #BabyMiguel dan sambil tiduran aku sodorin biar dia minum, puji Tuhan #BabyMiguel mau minum, berarti bukan karna bingung putting, ntahlah apa yang buat dia ndak terlalu bnyak minum hari itu, semoga Cuma kali itu ajah.

For #BabyMiguel

Hey gorgeous boy, you’re 4 months now, and we’re so proud of you, for what happiness we’ve got this 4 months after you delivered, such a great blessing, indeed. #ThankingGOD for everything HE has done and counting for the next he’ll do for our little family, especially for you dearest son, #BabyMiguel.

Keep growing in GOD’s path dearest, stay healthy, be smarter and be full of joy as always. We’ll do anything for you as long as we could give our maximum effort for. Please give Papa and Mama a lot of surprise in your growing progress everyday because it does multiply our happiness day by day.

Please be a good boy dear, when papa and mama not around, it’s not because we don’t love or care about you, no..we just try our best for your future by working. Pray for us dear, so we can achieve everything in our wish list. We love you so much #BabyMiguel God Bless our little family.

3 Bulan #BabyMiguel

3 bulan #BabyMiguel , yayyy!
Puji syukur buat Tuhan Yesus yg masih dan akan selalu kasih kesehatan, umur panjang dan sukacita dikeluarga kecil kami, terlebih2 lewat #BabyMiguel. Dalam hitungan hari aku juga harus kembali ke rutinitas awal sebagai working mom, yah..it’s a must krn kami juga harus mencari bekal #BabyMiguel nantinya, buat kebutuhan kesehatan dan pendidikannya, smoga #BabyMiguel mengerti saat suatu saat nanti wktu bertanya “Kenapa mama ndak resign ajah dan jagain #BabyMiguel sperti ibu2 yg lain?”, ok nak ! 🙂


C360_2013-07-26-12-33-33-364-1-1
Camera 360

2 Minggu setelah ulang bulan ke2 #BabyMiguel kami pulang ke Siantar, krna aku minta mau cari suasana baru stelah 2bln mendekam di rumah,walaupun tetep menyenangkan ada #BabyMiguel tp rasanya pngen ket4 lain ajah dan ttp bersama #BabyMiguel. Ini perjalanan panjang pertama #BabyMiguel dr lahir, anak usia 2 bln dbawa rute Medan-Siantar, dan apa yg trjadi? hahhaa..#BabyMiguel ntuh klo kmana2 masuk mobil mah bawaannya bobo anteng(*dia pikir ayunan x ya, hahhaa), jd slama prjalan Medan-Siantar-Medan menyenangkan bawa #BabyMiguel, baee ! . Setiap Jumat papa Miguel dtg dari Medan bertemu kami, jd critanya hubungan jarak jauh suami ama istri dan anak, hahha..kasian sich :D. Disiantar kami ganti2an nginepnya, bbrp hari dirumah MA’eee dan bbrp hr drumah mama mertua(*dijatah berhubung 1 kota, hehehe). Apa yg terjadi slama dsiantar? yak sudah bareng tentu jam tidur#BabyMiguel bisa diblg teratur, secara siapa yg ndak tau dgn ademny udara siantar,jangankan anakny jam tidur 16-18 jam sehari? emaknya jg tau, wakakka..

Biasany dMedan #BabyMiguel bngun jam 6 plg cpt dan jarang jg sic, plg jam 7lah, tp dsini jam 4 atau jam 5 udh bangun dan ngebangunin.seisi rumah, caranya gmn bangunin seisi rumah? dia pura2 nangis, aku pikir kencing, dicek trnyata ndak, aku pikir haus, dksh trnyata ndak mau, jdnya org2 pada bangun dan stelah dia diem dan senyum trus ketawa manis, astagaaa…trnyata dia mau maen donk(*kecup Migu). Stelah aksi Migu ntuh terbaca dr hari2 awal dsiantar, akhirnya mama Miguel pun yg jam sgitu sbenernya msh pngen tarik selimut punya solusi yg handal.

Stelah #BabyMiguel trtawa2 gt, aku langsung angkut dia ke kmr MA’eee biar mreka bs bercerita, scara MA’eee juga luar biasa sygny ama #BabyMiguel krna cucu panggoran, akhirnya aku tidur lagi dan bangun2 udh liat #BabyMiguel udh tidur.lg dkamar MA’eee, yuhuuuu…bisa dech santai sambil nunggu dia bangun buat minum :). Oh ya slama dsiantar aku mencatat pola #BabyMiguel, aku buat ntuh sbagai acuan nantinya buat jadwal untuk si penjaga #BabyMiguel stelah aku kmbali ngantor lg, walau dr hari ke hari waktunya ndak sama, plg ndak sringnya hampir2 sama, jd prbedaanny masih bs ditoleransi.

Tapi aku masih sdikit bingung nanti gmn cara memperkirakan asip yg harus diturunkan dr freezer u/ dinikmatin oleh #BabyMiguel. esoknya saat aku tinggal ngantor, krn klo nyusu langsungkan sesuka maunya dia, dan bs ajah br 15menit lalu minum, udh minta lg skrg. Tapi hal2 sperti ini tantangan kecil yg harus aku hadapi sbagai mama muda, smua butuh proses belajar, aku yakin kami pasti bisa nantinya.

Klo crita tentang si nanny yg bakal jagain #BabyMiguel huff…soalnya menguras pikiram juga, sebelumnya udah ada yang mau buat jagain #BabyMiguel, tapi last minute 2 minggu lagi aku ngantor tiba2 dia betingkah(baca: padahal belon mulai kerja udah buat ndak enak, akhirnya dari sisi aku juga yang minta cancel dan ndak mau dia jagain #BabyMiguel. Akhirnya karna aku harus ngantor, aku minta ade kembar ku Coy yang notabene adalah seorang guru TK dan masih libur 1 minggu kemudian stelah aku ngantor untuk jagain #BabyMiguel sementara, dan kalau stelah dia pulang jg belon dapet yang jagain #BabyMiguel maka MA’eee(baca: Opung Miguel) rela jagain sementara karna aku ndak mau juga buat MA’eee capek hanya buat jagain #BabyMiguel.

hiks…Hal lain yg buat galau diusia 3 bulan #BabyMiguel ntuh adalah BAB nya. Selama sebulan ini, dia hnya BAB sekali dalam seminggu dan itupun kuning dan cair kental gitu. Klo dbilang krn aku mkan pedes, aku seminggu berhenti ndak mkan cabe/sambel tp ttp sama, dan waktu tnya ama dokter katanya krn asix jadi ndak masalah masih normal, asal #BabyMiguel ndak rewel dan berat badannya naik normal.

Diusia 3 bulan ini #BabyMiguel kami bawa imunisasi lagi ditempat sebelumnya RSIA Stella Maris tapi aku dan hubbie mau ganti dokter soalnya mau dapet yg lebih ok dan bisa ngejelasin bnyak, kami putuskan nyoba dokter Bugis yg kata org2 bagus, pro asi dan dukung rum. Berhubung baca2 klo track record si dokter ini slalu rame, jadi kita brangkat lebih awal dr rumah dan nyampe ditempat 1jam lebih cepat dr jadwal praktek si dokter dan kita udah dinomer antrian 2 ajah gt, wow..
Setelah nunggu 1 jam lebih akhirnya nama #BabyMiguel pun dipanggil, begitu kita blg klo kita mau imunisasi PCV, eh scepat kilat si dokter langsung jelasin apa itu vaksin PCV, knp perlu, usia br ajah dbri pokoknya beda ama dsa2 #BabyMiguel sebelumnya, akhirnya aku dan papa miguel langsung menghujani si dokter dgn beratus2 pertanyaan dan aslikkk…suka bgt ama ini dokter! dan mutusin ama hubbie bakal ama dokter ini lagi dbulan2 brikutnya :). Anw biaya vaksin PCV sekitar Rp.
763.000 dgn honor dokter Rp.100.000,ehmm..lagi2 biaya imunisasi ntuh mahal bok! tp demi anak dijabanin dech, rejeki anak udh Tuhan atur sedemikian rupa *Amin

Seperti biasa klo habis imunisasi #BabyMiguel ntuh rewel bgt, x ini juga gt ampe2 kita ndak bs kluar rumah ampe 2hari pdhlkan sipapa lg libur dan ini minggu trakhir aku cutinya, tp kita emang hrs drumah ajah krn kondisi #BabyMiguel. Puji Tuhan ampe usia 3 bln ini #BabyMiguel sehat2 ndak pernah sakit walau emaknya yg udh 2x tepar dgn demam dan flu-ny, dan Puji Tuhan sembuh dgn cpt jg karna terapi uap dan perhatian lebih yang dikasih ama papa Miguel #ThankingGOD and Thank hubbie.

For #BabyMiguel
Hi dear, udah 3 bln ajah anak papa dan mama, Puji Tuhan ama semua berkat Tuhan atas keluarga kita, khususnya #BabyMiguel ya nak. Smoga sehat trus, mkin cerdas, kuat dan ceria ya nak, biar Tuhan bentuk #BabyMiguel sempurna sperti waktu dlm kandungan mama dan kami papa dan mama bisa lebih sabar dan cerdas jg ngebesarin #BabyMiguel.

Maafin mama ya nak klo slama ini bbrp x mama bandingin prkembangan #BabyMiguel ama anak2 tmn mama yg lain, knp #BabyMiguel ndak segendut si a, knp blon bs ini dan itu sperti si b, knp mreka bs sperti ntuh dan #BabyMiguel.ndak, ahh..honestly I’m so stupid for thinking like that dear, and I promise I’ll never do it anymore, because I know God has made everything right at His time, ok!

Minggu dpn mama dan papa udah mulai sibuk ditempat kerjaan baru nak, doakan.kami ya biar bisa ngelakuin yg trbaik dan ttp perhatian ama #BabyMiguel untuk keluarga kecil kita. Jadi anak yg baik ya syg ama org yg jagain #BabyMiguel, jgn nyusahin org lain, jgn rewel, ttp jadi anak baik yg papa dan mama tau slama ini.

Tuhan berkati keluarga kita

1 Bulan #BabyMiguel

Hey universe, I’m back with another story about #BabyMiguel, hohoho..he’s the center of our love recently, yes..he’s adorable who can make me an hubbie especially feel so blessed everytime #ThankingGod

Sebenernya ini late post *lagi dan lagi*, jadi 1 bulannya #BabyMiguel ntuh kan harusnya tgl 10 Juni kmren, cuma baru kelar nulisnya skrg ya udah dech *yang penting ttp keposting* :D.

Oh ya, berhubung masih menikmati cuti dan masih sibuk2 sukacita ngurusin #BabyMiguel, jadi posingan sebelumnya proses persalinanku dan postingan ini masih aku buat dr hp, jadi harap2 maklum klo banyak yg typo dan kurang lengkap krn kayanya ada batasan juga jumlah karakter yang bisa dipost, yang penting nge-post lah ya, hehehhe..

Oh ya, ada cerita yang dpostingan sebelumnya aku blon ceritain, aku tempelin disini aja ya. Setelah sebelumnya perjanjian ama pihak RS klo aku dan hubbie mau IMD, Rooming In ama #BabyMiguel dan trus no susu formula, the worst case klo udh 2hr ndak ada asi jg baru kasih(baca: walau berat).

Tp trnyata sngat dsayangkan, proses IMD-ny ndak brjalan sesuai hrpan, krn masih blon ktemu puting, #BabyMiguel udah dbwa dan hrs dihangatkan kata suster yang ngeselin ntuh, bgitu juga asi ku dhari 1 ndak keluar, tp puji Tuhan #BabyMiguel tetep minum dgn benar dan kenceng, tp brhubung ada sdikit prbedaan pndapat dgn keluarga akhirnya #BabyMiguel dksih formula esok hrnya dan otomatis ndak bs rooming in ama aku :'(.

Demi kebaikan anakku, aku ndak patah semngat, stiap jam aku massage payudaraku, sambil berdoa dan tumpang tangan minta Tuhan berkati dan mengeluarkan asi yang cukup buat #BabyMiguel. Suami adalah perpanjangan tangan Tuhan saat ntuh, ndak pernah dia biarkan aku sendiri ngadepin ini semua, dia dukung aku, dia doain aku jg dan jd benteng untuk mnjawab org2 yg sbenernya kata2nya cukup buat down. Sampai pulang dr RS yang keluar hanya kolostrum, tapi aku udah bersyukur, yang artinya Tuhan udah buka jalan, tinggal usaha ku lebih lg dan perkuat doanya lagi, sampai dirumah, baru ndak ada lagi yang namanya susu formula, asiku lancar..car..car…Puji Tuhan yang luar biasa, Tuhan.itu baik dan sangat baik, sampai2 aku langsung mompa buat stok karna asinya muncrat2 dan PD ku bengkak, karna yang dikonsumsi oleh #BabyMiguel juga blon bnyak, lambungnya masih kecil.

Yah, begitulah prjuangan baru lahiran dan apakah sampai situ ajah tantangannya? oh tentu tidak, diminggu 1 aku dan suami bener2 kena baby blues karna kita ber2 emang blon pernah ngurus anak kecil apalagi bayi, jd apa2 serba ndak tau, kagok, panik, lambat dan sring buat #BabyMiguel nangis(baca: maabkan mama papa mu nak).

Bbrp hal yg terjadi, saat #BabyMiguel pup atau pipis, aku lambat ganti popoknya, krn aku jg blon pulih bener dr pasca melahirkan, akhirnya dia sring cegukan dan nangis kedinginan, krn kdg2 aku atau hubbie lupa matiin ac wktu ganti popok, lampin ama sarungnya. Siangnya dia pasti rewel krn panasnya Medan ini, mana ac-nya ndak brsahabat klo siang :'(.

Tp untuk minggu 1, #BabyMiguel msh doyan bobo, jd klo pun begadang hnya saat dia pipis, pup dan pengen minum, jd masalahnya hnya di aku dan hubbie ttg hal2 cara ngurus #BabyMiguel yang msh lambat dan bnyak tidak taunya.

Diminggu ke-2 dimulai lagilah aksi baru #BabyMiguel, dia sering bgt nangis lama, yang kita pada ndak tau dia kenapa, krna dicek ndak pipis, dikasih minum nolak, dipikir gerah dan kepanasan ndak keringetan, jd bolak balik gantian ngegendognnya ampr dia diam sendiri. Awalnya tanya2 ama tmn2 yang berpengalaman, ada Lia, K’Emmelia apa ntuh kolik, tp brdasarkan kondisi #BabyMiguel ntuh ndak kolik, puji Tuhan dech, dia nangisnya hanya pagi ajah hr ini, bsk malam ajah, pokoknya ganti2 dech ndak trus2an sama.

Minggu ke-3 tambah lagi perihal baru #BabyMiguel klo dia manja harus digendong klo mau bobo, dan ndak mau pake gendongan, seneng sich, tp kdg klo ndak dimaui nangisnya kenceng bgt. Aku jg kurang pinter pake kain gendong batik ntuh akhirnya gendong aja dech, sukacita ko’ skin to skin ama #BabyMiguel dengan begitu.

1 hal yang dr minggu 2 dan 3, #BabyMiguel sering bgt ngeden, ternyata dia kesulitan untuk pup. Padahal aku sendiri ndak harus ngeden(baca:ibu menyusui biasanya sama dgn bayinya, katanya), dan kalau udah ngeden ntuh wajahnya merah bgt, kasian liatnya. Penyebab pastinya ndak tau apa, krn jarang sendawa atau kembung atau bermasalah dgn pencernaan, tp kata dokter anak yg bs dtanyaain dtwitter, slama asix ntuh biasa. Puji Tuhan semua berakhir juga masa2 ntuh, setelahnya #BabyMiguel pup dengan normal.

3 minggu pertama, jadwal nyusu #BabyMiguel masih sama sperti awal 2 jam sekali, tp diminggu ke-4 ini maksimal 1jam sekali, sungguh dasyat. Setelah aku cari2 tau ternyata ntuh fase Growth Spurt dari seorg anak kecil dengan intensitas minum susunya seperti ntuh, tp yang penting #BabyMiguel semakin sehat dan kuat atas ASIX dr mama. Oh ya, minggu ini pertama kalinya #BabyMiguel ke gereja, digendong ama ‘opung gereja’ dan tenang bgt dan ndak rewel, makasih anak mama.

Rame ya cerita sebulannya #BabyMiguel dan ntuh udah aku singkat2 lho, aslinya lebih bnyak lagi ceritanya dan bener2 buat pola hidupku dan hubbie berubah 180 derajat, tp kami sungguh2 bersyukur atas semuanya.
image

image

Berat #BabyMiguel sebulan ini naik 1,6kg, yeayyy..good job anak papa mama, smua berkat Tuhan melalu asi. Usia 1 bulan ini hrusnya #BabyMiguel imunisasi BCG dan Hepatitis B yang ke-2, tp wkt br lahir di RS, udah sekalian untuk BCG-nya, jd x ini hanya untuk Hepatitis B ke-2. Saat ktemu dokter #BabyMiguel msh tidur, tp waktu disuntik langsung bangun dan jerit kenceng bgt, setelah ntuh tidur lagi, hahhaa..pinter anak mama. Smoga imunisasi selanjutnya #BabyMiguel bisa gitu lagi, bangga lho papa ama mama :).
image

For #BabyMiguel

Udah 1 bulan usia Miguel, sayang. Sehat terus ya, bertumbuh, kuat dan smakin sehat dalam perlindungan Tuhan. Maabkan papa dan mama klo ampe saat ini masih sring buat kmu kecewa atas tindakan2 yang ndak buat Miguel nyaman, krn papa ama mama lagi belajar jadi orang tua baru nak. Stiap hari kami mau lebih baik lagi ngasih sgala sesuatunya buat Miguel ya nak. Tunggu cerita2 mama ttg Miguel selanjutnya ya sayang. Papa danu Mama sayang bgt ama Miguel *kisshug*

Ps. – Sulit bgt upload foto dr hp ini, ginilah klo nge-blog msh dr hp, ndak sempat buka notebook.