Category Archives: Hutagaol

Sekolah Pertama, TK A Santo Thomas 1

Jadi calon /orang tua itu, banyak moment yang mungkin sebenernya biasa tapi karna namanya first moment jadinya kaya’ istimewa gitu. Termasuk aku dan pak suami, salah satunya adalah moment anak panggoaran kami #MiguelHutagaol masuk sekolah TK A.

Ceritanya dari awal tahun ini(2017), setelah diskusi dengan Pak suami kami memutuskan untuk mendaftarkan #MiguelHutagaol sekolah dan berhubung usianya masih 4 tahun(disaat mulai tahun ajaran baru) jadi cocoknya masih dilevel TK A. Diskusi selanjutnya adalah pencarian sekolahnya. Berhubung papa dan mamanya ngantor jadi kondisi dan lokasi sekolah harus diperhatikan. Dari sisi mamanya sebenernya pengen banget anaknya sekolah ditempat yang fun, modern, dan dekat rumah(pastinya!) dan ada beberapa list sekolah yang udah masuk list, namun dari sisi pak suami setelah saya jelaskan list sekolah yang saya mau, dia punya pendapat yang berbeda. Menurut pak suami, saat ini memasukkan #MiguelHutagaol sekolah tujuannya untuk melihat bagaimana dia mulai bersosialisasi dengan anak-anak seusianya, bagaimana dia mengikutin arahan, bagaimana dia berdisiplin, bagaimana dia percaya diri saat ada didepan umum.

Akhirnya setelah diskusi sengit dan melihat dari beberapa faktor, kita memutuskan akan mendaftarkan #MiguelHutagaol disekolah katholik yang masih bisa dibilang konvensional jadi mungkin masih mirip dengan cara belajar papa mamanya dulu, namanya TK Santo Thomas 1 yang ada dijalan Gatot Subroto, Gg. Harapan, Sei Kambing, Medan. Dari bulan Februari saya sudah datang kesekolah yang kita mau daftarkan (semangat bgt ya…), dan ternyata kata gurunya pendaftaran dimulai dari bulan Mei. Akhirnya setelah Mei kita kembali lagi kesekolahnya dan daftarka #MiguelHutagaol dan masuk ke kelas TK A sesuai dengan usianya.

Hari ini, 17 Juli 2017 adalah hari dimana anak lanangnya masuk sekolah hari pertama. Bangun pagi rada drama karena anaknya kurang enak badan bawaannya manja tapi mamanya yang bawel tetep ngomel karna anaknya harus mulai disiplin dengan waktu dan segala sesuatunya yang harus mandiri untuk ngurus banyak hal-hal yang terkait dia sendiri. Sampai di sekolah ternyata kita telat 5 menit(hahaha…padahal udah deket rumah), dan ternyata 1 kelas cuma ada 11 orang sajah sodara-sodara, mamanya seneng bgt, artinya miss-nya bakal fokus kemasing-masing anak nantinya, semuanya masih bisa in control seharusnya.

santo2
Can you spot us? hahaha.. *riwehh…

Setelah dipanggil satu per satu oleh miss-nya, nyanyi beberapa lagu anak-anak sudah bisa pulang, hahaha…akhirnya mama yang cuti ndak jadi cuti karena masih keburu ngantor, papa masih sempat nganterin anak lanangnya pulang kerumah juga. Oh ya sebelum pulang kita tawarin #MiguelHutagaol untuk main sebentar dahulu disekolah, tapi berhubung anaknya emang lagi kurang fit, bawaannya lemes dan pengen pulang ajah katanya, kasian…

santo1
Tampangnya masih blank

Semoga besok dan hari-hari selanjutnya semakin semangat dan excited setiap berangkat dan ada disekolah ya anak kesayangan #MiguelHutagaol

Advertisements

4 Tahun #MiguelHutagaol

*late post*

Yuhuuuu…Anak mudanya udah 4 tahun, masih inget ulang tahun 1-nya, Puji Tuhan dan bagi Tuhan selalu kemuliaan untuk setiap dan segala sesuatu yang kami terima, termasuk pertumbuhan dan perkembangan yang baik untuk anak panggoaran #MiguelHutagaol

Favorit-nya Yang paling kiri ^.-

4 tahun masih perjalanan yang masih sangat dini, masih panjang jalan untuk mendidik #MiguelHutagaol menjadi anak yang saat besar dan bertumbuhkan bisa berkenan pada Tuhan, membawa harum nama keluarga dan jadi berkat dimana dia berada.

all

#MiguelHutagaol diusia 4 tahun ini tumbuh menjadi pribadi yang cukup membanggakan Papa,Mama, Ompung dengan segala kekurangan yang dia punya,  ndak jarang membuat papa, mama, ompung dan orang-orang disekitar tertawa terpingkal-pingkal, yang selalu jadi orang yang menjadi sasaran empuk sang adik untuk diusilin, namun tak jarang juga buat esmosi karena tantrum dan ke-moody-annya.

Tahun ini rencananya #MiguelHutagaol akan memulai masuk sekolah formal, TK A Santo Thomas 1, semoga bisa menjalanin hari-hari disekolah dengan FUN, menyenangkan dan selalu bersemangat serta bisa berbaur dan membuat teman-teman dan gur-guru bangga #MiguelHutagaol menjadi bagian mereka.

BGDI5080

Perayaan ulang tahun #MiguelHutagaol tahun ini agak beda yang biasanya cuma ada papa, mama dan ompung tapi tahun ini kedatangan tante-tantenya, udanya dan adiknya(anak tante), lumayan meriah dan buat #MiguelHutagaol semakin merasa banyak yang mencitainya. Begitu juga saat berbagi berkat dengan teman-teman sekolah minggu HKBP Sei Agul, rasanya sukacita saat semua orang ikut sukacita ngerayain ulang tahun #MiguelHutagaol walau sangat-sangat sederhana.

Perayaan dan berbagi berkat dibuat oleh papa mama agar mengingatkan Miguel sampai besar nanti, berbagilah dan berbahagialah dengan orang-orang, sehingga kebaikan selalu ada pada #MiguelHutagaol dan percaya bahwa kita masih dan semoga selalu dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangi #MiguelHutagaol

Doa semua orang yang sayang ama #MiguelHutagaol semoga selalu jadi pribadi yang kuat, sehat dan bertumbuh dalam firman Tuhan, terlebih-lebih dengan keluarga.

1 Tahun #BabyMaritha

Is it a very late post? hahaha… better late than never *foreverexcuse

14 Februari 2017,

Disela-sela waktu yang ada, ditengah-tengah keluarga besar yang baru menghabiskan seluruh tenaga buat pesta pernikahan adek ipar, kita nyanyiin lagu selamat ulang tahun buat si anak gadis mungil kami, Maritha Rhea Nauli Hutagaol yang 1(pertama)

IMG_2010.JPG

Mungkin tidak semeriah perayaan ulang tahun orang lain, tapi  sangat bersyukur buat segala sesuatu yang TUHAN telah dan selalu berikan buat keluarga terlebih-lebih atas Anak gadis kami, #BabyMaritha.

Berhubung mama-nya tidak pernah buat pencapaian yang ada per bulannya atas #BabyMaritha, diusia 1 tahun ini, pencapaiannya :

  • Giginya ada 5 (3 gigi atas, 2 gigi bawah)
  • Udah bisa berdiri sendiri untuk beberapa saat, udah bisa melangkah (1-2 langkah), udah bisa naik anak tangga dirumah(1-2 anak tangga)
  • Udah bisa sebut Mamaaa…Papaaa…Abbbb…Pungg
  • Udh bisa berkomunikasi dengan bahasa tubuh untuk bilang tidak (menggeleng), bilang iya (menggangguk), gembira (senyum dan berkedip), tepuk tangan
  • Imunisasi lengkap untuk seusianya 1 tahun
  • Berat badan masih irit, tinggi badan dan lingkar kepala sesuai seusianya
  • KPSP nilainya 10 (*cek KPSP)

IMG_1492.JPG

Our prayer for our #BabyMaritha (like to #BabyMiguel)
Hope you grow up with a soft and gentle heart, pleasing in GOD’s eyes.
Dearly loved by everyone around you;

families, friends and most important by GOD Himself.
Have a strong faith in Jesus, to experience Him personally since your young age.
Obedience to your parents and always make us laugh.
Be a beautiful girl in and outside.
Stay healthy,cheerful,outgoing,funny, cute,adorable,creative and has incredible singing voice,so you can be GOD true worshiper as our dream 🙂

#MiguelHutagaol 32 Bulan

Hiksss..terakhir update tentang perkembangan anak muda-nya Miguel ntuh saat usia 21 bulan, sekarang udah usia 32 bulan, jadi udah hampir 1 tahun ndak update perkembangan anak kesayangan kami yang sangat amat membuat kami bersyukur.

Sampai saat ini perkembangan yang paling buat kita bisa ngakak-ngakak dan tertawa panjang ngeliat tingkahnya yang lucu adalah dalam hal bicara. Puji Tuhan sudah sangat lancar dan bisa beberapa kalimat sekali diucapkan, dan kata-kata yang ndak pernah kita tau kita ucapkan pun tiba-tiba bisa keluar dari mulut kecilnya yang menggemaskan, so proud of him #ThankingGOD.

Minat anak muda-nya Miguel kami sangat teramat cenderung ke musik terlebih-lebih menyanyi, mungkin karena ompung-nya juga demen ngajakin nyanyi ya, tapi hanya beberapa kali dengerin lagu yang setiap masuk mobil dan ada anak muda-nya selalu di pasang(CD 40 Lagu Anak Sekolah Minggu Non Stop), sekarang dia udah tau semua isi lagu-lagu itu dan udah bisa ngikutin irama-nya dengan bener, untuk usia anak 2 tahun 8 bulan buat kami itu sungguh-sungguh mengagumkan.

Terima Kasih terlebih-lebih buat TUHAN YESUS yang selalu berikan kami sukacita dan kesehatan serta berkat-berkat melimpah melalui anak kesayangan kami, Miguel Hutagaol, semoga titipan Tuhan yang luar biasa ini bisa bawa kebahagian selalu buat keluarga kecil dan besar kami dan ajaran kami bisa dipertanggungjawabkan nantinya di kemudian hari.

Sedikit rekap yang buat kami kami terkagum-kagum akan tinggah anak muda-nya.

1.Saat pulang kantor, aku kurang enak badan jadi ndak terlalu ceria walaupun udah disambut ama anak kesayangan. Setelah selesai mandi, masuk kamar dan merebahkan diri di tempat tidur, disamperin ama Miguel.

Miguel : “Capek mama?
Mama : “Iya nak, maab ya ndak bisa main ama Migue” *tampang lemes*
Miguel : “Ohhh..jangan capek2lah ma..kusut mama? (baca: pijet mama)”
Mama : “Bolehlah nak...” *mulai terobati sakit badannya
Miguel : *sambil pijet* “Panjang umur ya ma, sehat2 ya ma..
Mama : *terharu sangat, seketika badannya pulih* “Makasih banyak ya sayang

2. Saat papa mama-nya lagi nonton, si bocah lagi bermain dengan mobil-mobilannya, tetiba bawa karton dan lari kearah papa mama-nya

Miguel : “Papa pesan apa? Mama pesan apa?”
Papa : *sedikit bingung* “Hmm…air putih”
Miguel : “Oh..yaaa”
Mama : *ikutan bingung* “Hmm…Jus Belimbing ya”
Miguel : “Gak ada..”
Mama : “Hmm….teh manis hangat dech klo gitu”
Miguel : “Oh…yaaa..” *berlari ke arah rak mainannya dan mengambil 2 mobilannya dan dibawa diatas karton yang sebelumnya dan diberikan masing-masing ke papa dan mama-nya*
Papa : “Enakkk…makasih ya…berapa bayarnya? ”
Miguel : “Seribu..mama juga seribu yaaa..”
Mama : “Oh iya…ini ya” *seolah-olah mengambil seribu rupiah dan berikan pada miguel*
Miguel : *Menerima duitnya dan berlari* “Makasih ya pa..ma..”
Papa & Mama : *tertawa tersipu2*

3. Kebiasaan ngadem di kamar sebelum tidur, bakal bermain drama-drama-an ama miguel. Dia paling doyan main dan berimajinasi dengan tongsis jadiin sesuatu barang yang bisa dibuat macem2. Contohnya, dia pakai tongsis itu sebagai tongsis biasa, cuma bedanya ndak ada hp didalamnya yang bisa digunakan buat nge-fotoin.
Miguel : “Miguel foto ya ma..?”*mengarahkan tongsisnya kearah mama-nya
Mama : “Oh iy, fotoin mama lah sayang” *sambil pose*
Miguel : *mengarahkan tongsisnya kearah papa-nya* “Miguel foto ya pa…?”
Papa : “Oh iy, foto lah” *sambil bergaya karna mikir mau di fotoin*
Miguel : “Kalian sama-lah, jangan jauh-jauhan lho…rapatlah pa..ma..” *sambil mengarahkan kalau posisi si papa harus pindah kesamping mama-nya*
Papa & Mama : *ketawa terpingkal-pingkal sambil atur posisi jadi berdekatan dan berpose*
Miguel : “Ok….cissss..1…2….3…” *dengan gayanya pegang tongsis seolah-olah benar udah ambil foto papa dan mama-nya

 

Sehat-sehat dan panjang umur ya hasian papa mama….we love you, Miguel Hugo Ramoti Hutagaol.

10 Bulan #BabyMiguel

Hai anak kesayangan Papa dan Mama… hari ini #BabyMiguel genap 10 bulan, hahhh…Betapa baiknya Tuhan memberikan Papa dan Mama kesempatan untuk menjadi saksi pertumbuhan #BabyMiguel hingga saat ini nak. Terima Kasih tak berkesudahan buat Tuhan Yesus yang telah, masih dan akan selalu melingkupi keluarga kecil kami, terlebih- lebih #BabyMiguel, anak titipan yang menjadi tanggung jawab kami saat ini dan yang akan datang, smoga segala sesuatu yang kami ajarkan kepada #BabyMiguel dari kecil hingga dewasanya nanti menjadikan #BabyMiguel menjadi garam dan terang dunia, AMIN :’)
image
Weww…ada cerita apa ya diusia #BabyMiguel yang ke-10 bulan ini, buanyaakkkk dan semua buat happy, PASTI! Seperti biasa, kami bawa #BabyMiguel imunisasi di hari sabtu, karena papa dan mama-nya libur dihari sabtu, dan jadwal untuk imunisasi sebelumnya adalah diusia 9 bulan dimana tanggal 10 jatuh dihari senin, so jadinya diundur di tanggal 15 Februari 2014, nah imunisasi kali ini adalah imunisasi campak dan influenza, iya..kali ini papa dan mama memutuskan untuk kasih imunisasi simultan, demikian juga imunisasi selanjutnya jika ada yang bisa dibuat simultan akan dijadwalkan simultan karena mengurangi jadwal ke RS dan budget bayar dokternya(baca: setelah dari awal berhubung kurang info juga jadi ada bbrp x yang ndak simultan padahal sbenernya bisa, so..pelajaran ajah).

Kalau vaksin yang sebelumnya kan berhubung jenis-nya sama, namun kelanjutan dari sebelum-sebelumnya, jadi udah tau efeknya dan biasanya ke #BabyMiguel gimana,nah…campak ini sepertinya aku masih butuh info, akhirnya aku baca2 beberapa referensi di internet dan tanya ke beberapa teman-teman yang udah berpengalaman, ada beberapa yang efeknya seperti biasa, demam beberapa hari setelahnya, ada yang ndak ada efek apa2 dan bahkan ada yang efeknya keluar campaknya setelah 5 hari setelahnya, nah..efek yang terakhir itu buat aku degdegser, karena seminggu dari jadwal imunisasi itu kami berencana akan pulang ke siantar karena sahabat ku menikah, takutnya nanti kondisi fisik #BabyMiguel tidak memungkinkan karena efek imunisasi itu kalau-kalau pada saat rencana kami pulang, so..aku diskusikan ama papa #BabyMiguel untuk menunda jadwal imunisasinya setelah pulang dari siantar.

Akhirnya tgl 21 Feb jadi pulang ke siantar dan tgl 22 Feb menghadiri acara pernikahan sahabat kami dan tgl 23 pulang kembali ke Medan. Anw di Siantar #BabyMiguel kembali bertemu dengan sepupunya kaka Margaret dan Abang Boni, kali ini mereka ber-3 udah bisa berdialog satu sama lain karena #BabyMiguel udah mulai gede jadi udah bisa bermain yang sama dengan sepupunya, namun kayanya #BabyMiguel diusia segini lagi “galak” dan “bawel”, soalnya apa yang dipegang kaka dan abangnya dianya mau rebut ajah, trus kalau kurang suka ama kaka dan abangnya, maen cakar ajah, untung kaka dan abangnya yang juga masih balita, usia 2.5 tahun dan 1.5 tahun jadi sepertinya mereka “ngerti” ama tingkah #BabyMiguel dan tetap mengalah, haha..tapi Papa dan mama #BabyMiguel tetep ngingetin dan ‘negur” dia biar ndak seperti itu, jadi nantinya kalau ketemu lagi ama kaka dan abangnya udah bisa akur-akur, semoga ya nak 🙂
image

Kembali ke jadwal imunisasi, berhubung mamanya masuk kantor jam 10.30 hari seninnya tgl 24 Feb, jadilah disempetin pagi2 berangkat ke RS bawa #BabyMiguel imunisasi. Mungkin karena hari kerja dan masih pagi, jadi kita langsung daftar dan langsung masuk keruangan si DSA, kali ini kita ke dr.Rasydah di RS Stella Maris seperti biasa, oh ya BB #BabyMiguel 8.4Kg PB nya 73cm dan LK nya 45cm, puji Tuhan semua pertumbuhannya baik, dan milestone-nya juga baik setelah ditanya dan dijelaskan ama si dokter. Sebelum disuntik #BabyMiguel ditidurkan ditempat si dokter, tapi ini anak emang ndak bisa diem jadinya bawaannya mau bangkit ajah dan berdiri,hahhaa..sampai si suster, mama dan papanya ikutan nahan buat tiduran biar bisa disuntik, akhirnya dia tenang dan ndak nangis ngeliat si dokter, tapi gitu jarum suntik pertama mendarat di paha sebelah kanan, langsung menjerit kencang dalam 3 detik dan diem, trus saat jarum suntik ke-2 mendarat juga di paha sebelah kiri, langsung menjerit kencang lagi dalam 4 detik dan diem gitu digendong ama papanya, haha…lucunya kamu nak, dan setelah imunisasi ndak ada efek apa2 bahkan sampai usia 10 bulan ini ndak ada keluar campaknya, sehat2 ya sayang.

Apa ajah perkembangan #BabyMiguel yang lain, dia anak yang baik, setiap hari “ngepel” rumah dari depan pintu, ke kamar, ke dapur, ke kamar mandi pakai celananya, wkkw…artinya makin lancar ajah merangkaknya, cuma ndak kita bolehin ngerangkak ke tangga, karna berhubung tangganya dari besi dan ada bolongannya dari 1 anak tangga
ke anak tangga lainnya, so..too dangerous, jadi kalau dimana ada orang ada, dia akan ngerangkak ke arah orang itu, mau itu mama, papa atau opung sampai2 celananya bulukan semua, hahaa.. Trus suka berpegangan ke bahan tumpuan buat berdiri dan udah lancar banget ndak takut2 lagi, mau itu meja, kursi, tempat tv, galon aqua, kulkas, tempat tidur dan pintu jerajak rumah, bahkan badan siapa ajah yang bisa diraihnya, hahaa..semangatnya luar biasa nak! we proud of you ! Tapi sampai saat ini belon berani ngelepas kedua tangannya karna langsung kaget, cuma kalau mau duduk dari posisi berdiri udah pinter berlulut dahulu ndak langsung ngelepas pegangan dan pantatnya deluan yang mendarat, ow…smoga secepatnya berani berdiri tanpa pegangan ya nak, we’re here to support you as always :’)

#BabyMiguel ntuh suka nyanyiii…just like his father, jadi kalau kita ngajak dia nyanyi dan lagu itu udah pernah dia dengar, bakal ikutan seolah-olah dia tau lagu ntuh tapi semua lagu pasti nadanya sama dibuat ama #BabyMiguel,hahha..tapi kami bangga dan bahagia setiap dia ikutan nyanyi kalau denger salah satu orang di rumah nyanyi, tapi kalau lagu itu pertama kali dia denger pasti alirnya dikerutkan kaya’ mikir dan menghafalkan nada lagu itu, wkwkwkw..akhhh..moment2 yang selalu buat kangen ama #BabyMiguel kalau lagi ndak disampingnya. Sampai saat ini lagu yang paling khatam dia tau walau masih diawal dinyanyiin ntuh lagu “Haleluya”, “Satu-satu”, “Kasih Ibu”, ahh…semoga besarnya nanti jadi  penyanyi hebat untuk memuliakan nama Tuhan ya nak! :’)

Hal lain yang luar biasa diusia 10 bulan ini dari #BabyMiguel adalah kosakatanya untuk mengucapkan kata-kata itu udah semakin jelas, dan yang paling khatam itu adalah panggilan PAPA dan MAMA, dan udah bisa bedain, kalau emang butuh papa, panggil “PAPAaaaaaaa…” gitu juga kalau butuh mama, panggil “MAMAaaaaa…”, ndak lupa setiap pagi setiap ngeliat papa dan mama pasti panggil,ahhh…senangnya luar biasa nak! papa dan mama ngerasa dibutuhkan bgt ama #BabyMiguel . Gitu juga kalau #BabyMiguel  liat papa dan mama disampingnya, dan tiba2 ada suara dari tempat lain yang ndak terlihat, seketika #BabyMiguel teriak panggil “PUNGggg…”, hahaa..gimana opung ndak semakin hari semangat sayang ama #BabyMiguel  dan makin sukacita ngejalanin hari-harinya bareng kamu nak, smoga opung juga sehat terus dan panjang umur ya nak, kita doain
semuanya, AMIN.
Gimana makan dan minum asip #BabyMiguel sampai diusia 10 bulan ini? kalau akannya semakin banyak porsinya dan campur-campurannya juga semakin bervariasi dan texturnya juga udah kasar, biar terbiasa dan #BabyMiguel sampai saat ini udah pinter ngunyah, gitu juga kalau cemilannya dikasih untuk finger food pasti pinter pegangnya, gigitnya dan kunyahnya, minum jusnya selalu habis 1/2 gelas, senengnya setiap hari nyediain makan #BabyMiguel buat pagi, siang dan sore dan malam gitu pulang dari kantor tanya tentang makannya dan hasilnya HABIS… puji Tuhan! Kalau minum asi-nya setiap ada didekat mamanya pasti terus-terusan minum apalagi malam ke pagi, kagak pernah lepas dech, udah beberapa minggu belakangan ndak pernah pumping tengah malam tau pagi karna emang #BabyMiguel  terus-terusan minum, tapi gitu ditinggal kerja selama 12 jam #BabyMiguel  cuma ngabisin 200 – 350ml asip, ndak tau apa yang salah, dan hasil pumping ku juga ndak seperti dibulan-bulan sebelumnya, tapi tetap konsisten pumping dan berapa pun hasilnya tetap aku syukurin, pokoknya mantab dan semangat ampe 2 tahun, perjuangan S2 – ASI buat #BabyMiguel  sampai usia 1 tahun didepan mata, semangat 2 bulan kedepan pasti masih dicukupkan Tuhan, AMIN.

Hanya 1 yang “kurang” dalam bulan ini, tante yang sebelumnya dapat buat jagain #BabyMiguel , ternyata sebulan bekerja dan masih didampingi ama opungnya #BabyMiguel menurut aku dan papa #BabyMiguel  belum cocok, ada beberapa hal yang membuat kita belum mempercayakan #BabyMiguel  seutuhnya pada dia, padahal rencana sebelumnya kalau memang udah cocok, 2 minggu dia kerja, opung #BabyMiguel  balik ke siantar, tapi sampai 1 bulan pun dia bekerja kita tetap minta opung #BabyMiguel tetap dirumah buat ngawasin :(, jadi papa dan mama putuskan untuk ndak memperpanjang si penjaga #BabyMiguel dan si opung ajah sementara sambil mencari dan berdoa biar Tuhan kasih yang memang sesuai dengan kebutuhan yang terbaik buat jagain #BabyMiguel , doa kita semoga didengar Tuhan ya nak.

image

For #BabyMiguel our dearest son:
Selamat ulang bulan ke-10 anak baik, anak sehat, anak pintar, anak kuat, anak ganteng kebanggaan Papa dan Mama. Kamu semangat papa dan mama setiap membuka mama dan menutup mata ini, senyuman mu yang memberangkatkan papa dan mama setiap pagi berangkat kerja benar2 mood booster, senyuman mu yang menyambut papa dan mama setiap pulang kantor buat semua lelah kami hilang, benar2 OBAT paling manjur kamu nak. Tetap bertumbuh dan berkembang semakin hari semakin buat kejutan yang membuat kebahagiaan papa dan mama dan orang-orang disekeliling #BabyMiguel lengkap ya nak.

image