Foto Keluarga

Semua orang pasti suka saat lihat postingan temen atau siapa pun saat bersama keluarganya, baik itu direncanakan dengan memakai seragam atau kostum samaan atau candid dengan apa adanya, tapi momentnya bagus untuk dijadikan foto keluarga dan di print untuk dibuat frame dan ditampilkan di rumah.

Begitu juga dengan aku pribadi, sangat-sangat ingin memiliki foto keluarga yang bagus dalam arti ekspresi bagus dengan suami yang notabene sangat tidak bersahabat dengan kamera dan anak-anak yang masih moody saat diajak fotoan, boro-boro dengan pose dan ekspresi yang bagus.

Jadi, kalau ubek-ubek folder gambar di laptop belum menemukan foto yang PAS untuk diprint dan dibuat frame agar bisa dipajang dirumah. Saat sebelum pesta pernikahan adik ipar kemarin(bacaL: februari) ngobrol ama Pak suami, karena moment-nya pas karena pasti berpakaian rapih agar berfoto yang nantinya bisa dipajang dirumah, dan hasilnya…tetep ndak seperti ekspektasi saudara-saudara, hahaha…tapi diantara semua foto sekeluarga saat ini, paling ndak inilah foto yang paling bisa di print dan dipajang dirumah.

This is it, M’s Family (Malthus, Moris, Miguel and Maritha)

msfamily

Other things may change us, but we start and end with the FAMILY.

 -Anthony Brandt.-

Weekend Tanpa Anak

Ini bakal jadi 1 sejarah di keluarga kecil kami(baca: M’s Family), dimana si Anak mudah kesayangan terpisah jarak dengan Papa Mamanya, padahal anak mudanya masih usia 2 tahun lho, idihhh…..berani bgt jauh2 dari orang tuanya, pemberania tau ndak peduli dia? hahaha….*mulai lebay

Hari kamis minggu lalu, Adik kembarku datang ke Medan untuk bantu jagain Migue, berhubung kondisi opung Miguel yang biasa jaga kurang sehat, dan mama-nya sedang ndak bisa cuti dari kantor. Berhubung adik ku adalah seorang gulu TK, jadi sedang liburan, sehingga tidak menggangu jadwalnya kerja saat datang ke Medan. Malamnya, Mama, opung Miguel bilang mau pulang ke Siantar, biar bisa istirahat di siantar dan ada beberapa acara juga yang ingin dihadirin(baca: kurang sehat sik, tapi klo ada undangan tetep ajah harus hadir si opung manik ini). Setelah bicarain ama Pak suami, papa Migue, kita setuju, secara otomatis emang Migue harus dibawa ke Siantar juga.

Jumat pagi, papa mama -nya berangkat kerja, si bocah kesayangan tetap ajah santi seperti hari biasa berangkatin papa dan mama nya ngantor, mama nya yang udh mulai melow, bawaannya pengen nangis, karna bakal kangen ama candaan si anak muda yang biasa nyambut di depan pintu kalau pulang kantor, peluk, cium, dan puk-puk-in, lelah dari luar LUNAS TERBAYAR, tapi berangkat kali ini udah kebayang klo ntar malam bakal buka pintu rumah sendiri dan ndak ada yang nyambut, hiksss…..*nulis ini ajah lagi kebayang ntar mlm plg kntor ndak ada yang nyambut di rumah.

Dikantor, aku udh rempong ajah bbm-an ama si ade (baca: tante-nya Migue), tanya2 Migue udh makan apa belum. Migue udh mandi atau belum, barang2nya udh dipacking apa belum, minta dikirim foto2nya, ampe2 tantenya ngomel, wkwkwkw…maklum deeee…emak posesif (baca: padahal hari2 biasanya juga ndak segitunya nanya2 ke opungnya). Selama jam kerja, heboh dech, rasanya pengen nangis, udah kangen kebangetan, rasanya pengen pulang kerumah dan ikutan cabss ke Siantar bareng mreka, tapi apa daya.

Pulang kantor, pak suami ajak jalan2 dulu, biar istrinya yang sedang melow mikirin anak muda-nya mood nya okeh kembali, tapi apa daya, seorang ibu yang melo ini tetep ajah cerita ke kangenannya dengan wajah melas di depan Pak suami, sampai2 karna ndak pengen ngapa2in juga diluar, habis makan kita langsung cabs pulang ke rumah. Beneran, sampai dirumah buka gerbang sendiri, buka pintu rumah sendiri ndak kedengeran suara indah si bocah kesayangan, sedihhh. Akhirnya habis bersih2 badan, berdoa dan nangis bombay, titip salam ama Tuhan buat anak muda-nya, emaknya kaya’ orang putus cinta, nangisnya ampe sesengkukan sambil peluk2 baju Migue, dan untung Pak suami lama di kamar mandi jadi dia ndak denger istrinya ini nangis bombay, karna klo ndak, bakal diomelin, hahahahhahaha

Besok paginya, sabtu dan masih jam 7, langsung nelfon bocah kesayangan di seberang sana, dan dia teriak “Mamaaaaaa…” dengan suaranya yang renyah dan tanpa rasa sedih seperti aku disini(baca: menurut loe, anak 2 tahun yang baru bisa ngomong 3 kata udah bisa nangis cerita kangennya juga? YAKALEEE..). Setelah puas dengar suaranya, kami lanjutkan tidur,males juga ngapa2in. Akhirnya keluar dari kamar jam 11, beberes rumah trus mandi, kita mau jalan keluar, karna bingung dan mati gaya di rumah ber-2, dan itu rasanya aneh sekali, hahahhaa…

Siang itu terik bgt, AC mobil udah hampir ndak kerasa, butuh kipas angin malah dan ternyata bener MEDAN dikabarkan suhunya mencapai 39 Derajat Celcius, woww…pantesan nek! Makan siang di tempat favorit dan jarang dikunjungin, karna lumayan jauh jaraknya dari rumah, apalagi klo bukan TABONA, Kari sapi/ayam-nya NDAK ADA OBATNYA(baca: ndak ada tandingnya, pakai bahasa gaul Medan), jadi buat yang mau tau tempat makan enak di Medan, salah 1 nya ya itu, didaerah mangkubumi per porsinya, Rp.35.000. Udah terik, makannya outdoor, pedes, panas, kebayang donk dandan-an eike yang cetar sebelumnya keluar rumah jadi gmn kan? *udah ndak usah dibanyangkan. Nah..setelah kelar makan, timbul masalah baru, masalahnya…kita mau kemana lagi? hahhaa..bener2 mati gaya dech.

Tetiba kebersit dipikiran buat reflexy, oh…sounds good, langsung cabs ke daerah Multatuli, nyobain tempat refleksi baru, biasanya kita langganan di reflexy tetangganya, beneran sebelahan lho, hihihi…tapi ndak apalah nyoba yang baru, namanya NANO NANO, dengan Rp. 80.000 per orang selama 1 jam 30 menit merasakan surga dunia, hiihi…dan ternyata RECOMMENDED! We’ll be back.

Kelar reflexy, bingung lagi mau ngapain, hahaha…akhirnya si pak suami nyaranin kita nginep di hotel ajah semalem, otomatis buat si istri kaget, gimana ndak..tiba2, ndak ada bawa pakaian ganti, ndak ada rencana apa2, tapi tetep ajah si istri ini nurut(baca: padahal seneng juga sik, asikk…tidurnya bakal nyenyak), hahhaa…mulai seaching2 hotel seputaran medan dengan kondisi yang deket dengan Mall dan di tengah kota, secara…kita ndak bawa pakaian ganti, pasti butuh mall donk ya *you know what I mean, Setelah telfon sana, telfon sini, jadinya kita menuju Hotel Santika.

Hotelnya asik, baru dan pelayanannya cepet, tapi gitu besoknya, hari Minggu kita sarapan, dengan sebegitu melimpahnya makanan di restoran, tak 1 pun makanan yang buat kita senyum. Sorry to say, BAD! Masa dari semua makanan yang ada ndak 1 pun yang rasanya enak, huaaa…..ndak worth it!

Setelah check out, kita hunting piyama buat si bocah kesayangan yang lagi asik2nya maen ama temennya di rumah opungnya, dan mengacuhkan telfon dari papa mama-nya, hiks…kita pulang trus ke Gereja sore. what a longggg weekend FOR US. hahaha…WE MISS YOU MIGUEL HUGO RAMOTI HUTAGAOL

Tampang kelar makan di siang yang terik *maabken :D

Tampang kelar makan di siang yang terik *maabken 😀

10 Bulan #BabyMiguel

Hai anak kesayangan Papa dan Mama… hari ini #BabyMiguel genap 10 bulan, hahhh…Betapa baiknya Tuhan memberikan Papa dan Mama kesempatan untuk menjadi saksi pertumbuhan #BabyMiguel hingga saat ini nak. Terima Kasih tak berkesudahan buat Tuhan Yesus yang telah, masih dan akan selalu melingkupi keluarga kecil kami, terlebih- lebih #BabyMiguel, anak titipan yang menjadi tanggung jawab kami saat ini dan yang akan datang, smoga segala sesuatu yang kami ajarkan kepada #BabyMiguel dari kecil hingga dewasanya nanti menjadikan #BabyMiguel menjadi garam dan terang dunia, AMIN :’)
image
Weww…ada cerita apa ya diusia #BabyMiguel yang ke-10 bulan ini, buanyaakkkk dan semua buat happy, PASTI! Seperti biasa, kami bawa #BabyMiguel imunisasi di hari sabtu, karena papa dan mama-nya libur dihari sabtu, dan jadwal untuk imunisasi sebelumnya adalah diusia 9 bulan dimana tanggal 10 jatuh dihari senin, so jadinya diundur di tanggal 15 Februari 2014, nah imunisasi kali ini adalah imunisasi campak dan influenza, iya..kali ini papa dan mama memutuskan untuk kasih imunisasi simultan, demikian juga imunisasi selanjutnya jika ada yang bisa dibuat simultan akan dijadwalkan simultan karena mengurangi jadwal ke RS dan budget bayar dokternya(baca: setelah dari awal berhubung kurang info juga jadi ada bbrp x yang ndak simultan padahal sbenernya bisa, so..pelajaran ajah).

Kalau vaksin yang sebelumnya kan berhubung jenis-nya sama, namun kelanjutan dari sebelum-sebelumnya, jadi udah tau efeknya dan biasanya ke #BabyMiguel gimana,nah…campak ini sepertinya aku masih butuh info, akhirnya aku baca2 beberapa referensi di internet dan tanya ke beberapa teman-teman yang udah berpengalaman, ada beberapa yang efeknya seperti biasa, demam beberapa hari setelahnya, ada yang ndak ada efek apa2 dan bahkan ada yang efeknya keluar campaknya setelah 5 hari setelahnya, nah..efek yang terakhir itu buat aku degdegser, karena seminggu dari jadwal imunisasi itu kami berencana akan pulang ke siantar karena sahabat ku menikah, takutnya nanti kondisi fisik #BabyMiguel tidak memungkinkan karena efek imunisasi itu kalau-kalau pada saat rencana kami pulang, so..aku diskusikan ama papa #BabyMiguel untuk menunda jadwal imunisasinya setelah pulang dari siantar.

Akhirnya tgl 21 Feb jadi pulang ke siantar dan tgl 22 Feb menghadiri acara pernikahan sahabat kami dan tgl 23 pulang kembali ke Medan. Anw di Siantar #BabyMiguel kembali bertemu dengan sepupunya kaka Margaret dan Abang Boni, kali ini mereka ber-3 udah bisa berdialog satu sama lain karena #BabyMiguel udah mulai gede jadi udah bisa bermain yang sama dengan sepupunya, namun kayanya #BabyMiguel diusia segini lagi “galak” dan “bawel”, soalnya apa yang dipegang kaka dan abangnya dianya mau rebut ajah, trus kalau kurang suka ama kaka dan abangnya, maen cakar ajah, untung kaka dan abangnya yang juga masih balita, usia 2.5 tahun dan 1.5 tahun jadi sepertinya mereka “ngerti” ama tingkah #BabyMiguel dan tetap mengalah, haha..tapi Papa dan mama #BabyMiguel tetep ngingetin dan ‘negur” dia biar ndak seperti itu, jadi nantinya kalau ketemu lagi ama kaka dan abangnya udah bisa akur-akur, semoga ya nak 🙂
image

Kembali ke jadwal imunisasi, berhubung mamanya masuk kantor jam 10.30 hari seninnya tgl 24 Feb, jadilah disempetin pagi2 berangkat ke RS bawa #BabyMiguel imunisasi. Mungkin karena hari kerja dan masih pagi, jadi kita langsung daftar dan langsung masuk keruangan si DSA, kali ini kita ke dr.Rasydah di RS Stella Maris seperti biasa, oh ya BB #BabyMiguel 8.4Kg PB nya 73cm dan LK nya 45cm, puji Tuhan semua pertumbuhannya baik, dan milestone-nya juga baik setelah ditanya dan dijelaskan ama si dokter. Sebelum disuntik #BabyMiguel ditidurkan ditempat si dokter, tapi ini anak emang ndak bisa diem jadinya bawaannya mau bangkit ajah dan berdiri,hahhaa..sampai si suster, mama dan papanya ikutan nahan buat tiduran biar bisa disuntik, akhirnya dia tenang dan ndak nangis ngeliat si dokter, tapi gitu jarum suntik pertama mendarat di paha sebelah kanan, langsung menjerit kencang dalam 3 detik dan diem, trus saat jarum suntik ke-2 mendarat juga di paha sebelah kiri, langsung menjerit kencang lagi dalam 4 detik dan diem gitu digendong ama papanya, haha…lucunya kamu nak, dan setelah imunisasi ndak ada efek apa2 bahkan sampai usia 10 bulan ini ndak ada keluar campaknya, sehat2 ya sayang.

Apa ajah perkembangan #BabyMiguel yang lain, dia anak yang baik, setiap hari “ngepel” rumah dari depan pintu, ke kamar, ke dapur, ke kamar mandi pakai celananya, wkkw…artinya makin lancar ajah merangkaknya, cuma ndak kita bolehin ngerangkak ke tangga, karna berhubung tangganya dari besi dan ada bolongannya dari 1 anak tangga
ke anak tangga lainnya, so..too dangerous, jadi kalau dimana ada orang ada, dia akan ngerangkak ke arah orang itu, mau itu mama, papa atau opung sampai2 celananya bulukan semua, hahaa.. Trus suka berpegangan ke bahan tumpuan buat berdiri dan udah lancar banget ndak takut2 lagi, mau itu meja, kursi, tempat tv, galon aqua, kulkas, tempat tidur dan pintu jerajak rumah, bahkan badan siapa ajah yang bisa diraihnya, hahaa..semangatnya luar biasa nak! we proud of you ! Tapi sampai saat ini belon berani ngelepas kedua tangannya karna langsung kaget, cuma kalau mau duduk dari posisi berdiri udah pinter berlulut dahulu ndak langsung ngelepas pegangan dan pantatnya deluan yang mendarat, ow…smoga secepatnya berani berdiri tanpa pegangan ya nak, we’re here to support you as always :’)

#BabyMiguel ntuh suka nyanyiii…just like his father, jadi kalau kita ngajak dia nyanyi dan lagu itu udah pernah dia dengar, bakal ikutan seolah-olah dia tau lagu ntuh tapi semua lagu pasti nadanya sama dibuat ama #BabyMiguel,hahha..tapi kami bangga dan bahagia setiap dia ikutan nyanyi kalau denger salah satu orang di rumah nyanyi, tapi kalau lagu itu pertama kali dia denger pasti alirnya dikerutkan kaya’ mikir dan menghafalkan nada lagu itu, wkwkwkw..akhhh..moment2 yang selalu buat kangen ama #BabyMiguel kalau lagi ndak disampingnya. Sampai saat ini lagu yang paling khatam dia tau walau masih diawal dinyanyiin ntuh lagu “Haleluya”, “Satu-satu”, “Kasih Ibu”, ahh…semoga besarnya nanti jadi  penyanyi hebat untuk memuliakan nama Tuhan ya nak! :’)

Hal lain yang luar biasa diusia 10 bulan ini dari #BabyMiguel adalah kosakatanya untuk mengucapkan kata-kata itu udah semakin jelas, dan yang paling khatam itu adalah panggilan PAPA dan MAMA, dan udah bisa bedain, kalau emang butuh papa, panggil “PAPAaaaaaaa…” gitu juga kalau butuh mama, panggil “MAMAaaaaa…”, ndak lupa setiap pagi setiap ngeliat papa dan mama pasti panggil,ahhh…senangnya luar biasa nak! papa dan mama ngerasa dibutuhkan bgt ama #BabyMiguel . Gitu juga kalau #BabyMiguel  liat papa dan mama disampingnya, dan tiba2 ada suara dari tempat lain yang ndak terlihat, seketika #BabyMiguel teriak panggil “PUNGggg…”, hahaa..gimana opung ndak semakin hari semangat sayang ama #BabyMiguel  dan makin sukacita ngejalanin hari-harinya bareng kamu nak, smoga opung juga sehat terus dan panjang umur ya nak, kita doain
semuanya, AMIN.
Gimana makan dan minum asip #BabyMiguel sampai diusia 10 bulan ini? kalau akannya semakin banyak porsinya dan campur-campurannya juga semakin bervariasi dan texturnya juga udah kasar, biar terbiasa dan #BabyMiguel sampai saat ini udah pinter ngunyah, gitu juga kalau cemilannya dikasih untuk finger food pasti pinter pegangnya, gigitnya dan kunyahnya, minum jusnya selalu habis 1/2 gelas, senengnya setiap hari nyediain makan #BabyMiguel buat pagi, siang dan sore dan malam gitu pulang dari kantor tanya tentang makannya dan hasilnya HABIS… puji Tuhan! Kalau minum asi-nya setiap ada didekat mamanya pasti terus-terusan minum apalagi malam ke pagi, kagak pernah lepas dech, udah beberapa minggu belakangan ndak pernah pumping tengah malam tau pagi karna emang #BabyMiguel  terus-terusan minum, tapi gitu ditinggal kerja selama 12 jam #BabyMiguel  cuma ngabisin 200 – 350ml asip, ndak tau apa yang salah, dan hasil pumping ku juga ndak seperti dibulan-bulan sebelumnya, tapi tetap konsisten pumping dan berapa pun hasilnya tetap aku syukurin, pokoknya mantab dan semangat ampe 2 tahun, perjuangan S2 – ASI buat #BabyMiguel  sampai usia 1 tahun didepan mata, semangat 2 bulan kedepan pasti masih dicukupkan Tuhan, AMIN.

Hanya 1 yang “kurang” dalam bulan ini, tante yang sebelumnya dapat buat jagain #BabyMiguel , ternyata sebulan bekerja dan masih didampingi ama opungnya #BabyMiguel menurut aku dan papa #BabyMiguel  belum cocok, ada beberapa hal yang membuat kita belum mempercayakan #BabyMiguel  seutuhnya pada dia, padahal rencana sebelumnya kalau memang udah cocok, 2 minggu dia kerja, opung #BabyMiguel  balik ke siantar, tapi sampai 1 bulan pun dia bekerja kita tetap minta opung #BabyMiguel tetap dirumah buat ngawasin :(, jadi papa dan mama putuskan untuk ndak memperpanjang si penjaga #BabyMiguel dan si opung ajah sementara sambil mencari dan berdoa biar Tuhan kasih yang memang sesuai dengan kebutuhan yang terbaik buat jagain #BabyMiguel , doa kita semoga didengar Tuhan ya nak.

image

For #BabyMiguel our dearest son:
Selamat ulang bulan ke-10 anak baik, anak sehat, anak pintar, anak kuat, anak ganteng kebanggaan Papa dan Mama. Kamu semangat papa dan mama setiap membuka mama dan menutup mata ini, senyuman mu yang memberangkatkan papa dan mama setiap pagi berangkat kerja benar2 mood booster, senyuman mu yang menyambut papa dan mama setiap pulang kantor buat semua lelah kami hilang, benar2 OBAT paling manjur kamu nak. Tetap bertumbuh dan berkembang semakin hari semakin buat kejutan yang membuat kebahagiaan papa dan mama dan orang-orang disekeliling #BabyMiguel lengkap ya nak.

image

6 Bulan #BabyMiguel

Wowww….just Wowwww… GOD did it, Pappa and Momma did it, especially #BabyMiguel did it, yeayyyy… ASIX. Hari ini 10 November 2013, menjadi salah satu moment bahagian dikeluarga kecil kami, kenapa ndak? Karena hari ini usia hubungan-ku dengan papa Miguel 9 tahun, hahha..lama yak, iya 7,5 tahun pacaran dan 1,5 tahun menikah dan hari ini juga 6 bulan usia anak kami yang luar biasa #BabyMiguel yang lulus dengan predikat Sarjana ASI(ASIX), dan hari ini #BabyMiguel bakal menikmati HIS FIRST SOLID, yeayyy…
Anw, untuk cerita Anniversary-nya papa Miguel dan mama Miguel ceritanya di postingan lain ajah yak, karna harus special donk yak, hahahaha…jadi kali ini postingannya hanya untuk 6 bulan #BabyMiguel. Seperti biasa cerita perkembangan #BabyMiguel setiap bulanya yang aku buat di blog ini, cerita tak habis-habisnya tentang anak luar biasa kiriman TUHAN dalam keluarga kecil kami ini, selalu buat sukacita.

Setelah rasa penasaran papa dan mama Miguel bulan lalu, saat imunisasi kalau dari bulan ke-4 ke bulan ke-5 ndak ada kenaikan BB(Berat Badan) dari #BabyMiguel, sementara TB(Tinggi Badan) dan LK(Lingkar Kepala) tetap ada kenaikan, padahal #BabyMiguel menghabiskan ASIP dengan kuantitas yang sama 450-550 ml per harinya, dan malam hari minum langsung dari emaknya. Akhirnya dibulan ini, berat badan #BabyMiguel naik, yeayyy…GOOD BOY!, Walaupun ndak endut bgt, tp ada peningkatan dan tetap dikurva ya saying. Emang perkataan ntuh DOA ya, dari awal tau ndak ada kenaikan berat badan #BabyMiguel, aku selalu ngomong ke dia, kalau bulan depan harus bisa naik ya nak , harus minum banyak ama mama-nya, harus minum banyak walau ditinggal kerja ama mama-nya, harus tidur yang cukup biar kenaikan berat badannya bisa lebih dari bulan yang lalu.

Apa yang terjadi dibulan ke-6 ini? Yah banyak..yg dari #BabyMiguel demam tinggi dan naik turun, ampe batuk kering, jadi batuk berdahak dan flu sampai sembuh yang buat degdegan serta drama yang buat kami jadi orang tua yang lebih bijak menentukan apa yang harus kami lakukan untuk anak kami disaat2 panik menyerang. Jadi ceritanya, hari kamis kami pulang dari kantor sampai di rumah seperti biasa, gitu didepan pintu, pasti teriak “Miguellll…”, tapi ternyata #BabyMiguel lagi digendong ama opungnya aka MA’eee dan lagi minum asip dari botol. Tiba-tiba MA’eee ngomong, “Dari tadi jam 3 dia demam, jadi bawaannya lemas”, whatttt…? Kaget bukan kepalang, karna MA’eee ndak ada hubungin kami buat kasih tau kabar ntuh.

Akhirnya seperti biasa, langkah pertama yang kami lakukan ukur suhu badan #BabyMiguel pakai thermometer, ganti bajunya jadi yang kuntung, celana pendek, matiin AC, buat terapi uap dikamar. Ternyata suhu badannya 38,5 decel donk, untung kita udah sedia parasetamol (Baca: Obat yang memang aman dikasih ke bayi 0-1 tahun dengan kondisi suhu badan sama atau diatas 38.5 decel), jadi kita kasih, setelah ntuh kita skin to skin ama #BabyMiguel , gentian antara aku dan papanya, kalau udah keserap padan badannya, gentian tapi suhu badan #BabyMiguel masih naik turun juga, mungkin karena #BabyMiguel juga ndak bisa tidur jadi istirahatnya kurang, dan 1 lagi #BabyMiguel hanya mau minum asip dari botol, ndak mau nyusu langsung ama aku, daripada ndak minum dan ndak ada cairan yang masuk, jadi kita kasih yang asip dari botol, akhirnya aku pumping dirumah karna ndak nyusuin langsung, kalau kata MA’eee sich, mungkin dia males nyusu karna harus usaha ngeluarinnya, kalau botol dot kan ndak, lagian tenggorokannya kaya’nya lagi sakit, ntahlah aku harus nerima atau ndak alesan ntuh, tapi yang penting #BabyMiguel mau minum dan ndak dehidrasi.


Besok paginya, aku coba lagi nyusuin #BabyMiguel secara langsung, dan dia udah mulai mau, Cuma beberapa x minum, sekian kali juga dimuntahin, kami jadi kaget dan panic, akhirnya kita langsung ke Rumah Sakit ketemu DSA, berhubung masih pagi jadi kita ndak ke dsa yang biasa ama #BabyMiguel , yaitu dokter bugis, karena dr. Bugis prakteknya jam 13.00. Sampai di RS. Stella Maris kita nyari dokter yang jam prakteknya dekat dengan jadwal kita, akhirnya jatuhlah pilihan pada dokter yang 1 ini(baca: Nama disamarkan demi keamanan data si dokter), yang sebelumya aku juga cari tahu ada yang bilang cocok dengan dsa ini.
Ternyata singkat cerita, si dokter seperti nakut2in kita, kalau kondisi #BabyMIguel udah gawat,untung cepat dibawa ke dokter dan sebenernya si dokter mau cek darah #BabyMIguel tapi dia minta makan obat dulu, dan 3 hari setelahnya kalau masih dalam kondisi yang sama, bawa kontrol lagi ketemu dia, dan obat-obat yang dia kasih ntuh salah satunya adalah ANTIBIOTIK sosodara! Saat ntuh juga dengan rasa panik deluan, langsung Tanya dokternya, “kenapa harus ANTIBIOTIK? Ini kah demam dan batuk which is ntuh karena virus, sedangkan ANTIBIOTIK buat penyebabnya bakteri”, “Karena ini udah parah!” yah, walaupun udah tau banyak informasi tentang bahaya ANTIBIOTIK, tetep ajah aku dan papa #BabyMIguel nebus ntuh obat, yang sebenernya harganya juga ndak murah lho, darn!
Oh ya 1 lagi, waktu aku bilang ama dokternya, “Dok, Miguel dari bulan lalu ke bulan ini berat badanya ndak naik lho, kenpa bisa gitu ya? Saya ASIX”, “Oh udah 5 bulan ya? Kita liat ajah bulan depan, kalau ndak ada perubahan, Ibu boleh kasih tambahan SUFOR ajah”, lagi dan lagi, bukan solusi yang membuat hati tenang dan bisa diterima dengan murah oleh aku, darn! Really..really hate him! Bukan karena aku “Pembenci” Sufor, not at all(baca: BOLD+UNDERLINE), tapi jawabannya bukanlah jawaban seorang tenaga ahli yang dibayar mahal dengan ilmunya dan membuat para orang tua yang sedang kuatir dengan keadaan anaknya menjadi tenang, malah menjadi semakin panik. Biarlah ntuh pertama dan terakhir kalinya bertemu dia, yah..bertemu dia, walaupun ndak, TUHAN ijinkan aku bertemu lagi dengannya beberapa hari kemudian, saat makan siang di 1 rumah makan dekat kantor.


Sampai dirumah, kita tetap ukur suhu badan #BabyMiguel, saat ada di 38,5 dercel kita kasih parasetamol dan tetap nyusuin langsung, puji Tuhan #BabyMIguel mau nyusu langsung jadi ndak harus pake asip dari botol dotnya. Akhirnya tiba-tiba papa #BabyMIguel minta aku iris-iris jahe, cengkeh, bawang putih, bawang merah dan dia buat di wadah terapi uap yang biasa kita pakai dialasin dengan sapu tangan, kemudian papa dan #BabyMIguel sama2 buka baju dan minta aku tutupin ama sarung sekeliling mereka, sementara #BabyMIguel digendong dipelukan papa, dan mengalihkan perhatiannya dengan menonton Disney Junior yang jadi kesenangannya, jadi metode ini dibuat papa #BabyMIguel seperti Sauna/Oukup yang mengeluarkan panas ditubuh, akhirnya begitu keluar banyak keringat dan #BabyMIguel udah basah badannya, kita bungkus pakai baju, trus ditengkurapkan, lalu punggungnya di puk-puk, sampai ada yang dimuntahin, dan ternyata adalah dahaknya, lalu disusuin dan langsung tidur lelap(baca: setelah dari beberapa hari lalu sulit tidur) dan begitu bagun suhu badannya normal langsung di 37.3 dercel, GLORY TO GOD.
Setelah ntuh ndak ada lagi demam-demaman, yang sisa adalah batuk dengan dahak yang nyangkut, berhubung MEDAN sedang disombongin ama sinar matahari, jadi kita juga ndak bisa jemur #BabyMiguel , eh..tiba2 karna posting keadaan #BabyMiguel di media social ada temen yang anaknya udah hampir 2 tahun nyaranin buat obatnya kencur dihaluskan trus dibuat diatas ubun-ubun dan sekeliling leher #BabyMiguel, and it worked!, yeayyy…tapi saat ada matahari walau udah jam 10 pagi, kita tetep jemur #BabyMiguel sampai batuknya bener2 hilang, huff….RUM is in the house, yeayyy..NO ANTIBIOTIC nor other medicines, GLORY TO GOD.
Yah…bener-bener pelajaran berharga buat aku , papa dan opungnya #BabyMiguel. Setelah ntuh hari-hari berikutnya, malah yang ada #BabyMiguel aktifnya luar biasa, sampai-sampai ndak bisa diam, tapi minum asi/asip nya juga nambah, yang biasanya Cuma 450-550ml per hari asip-nya, jadi 550-700ml per hari, yeayyy..bagus nak! Ntuh artinya mama harus lebih sering-sering pumping. HIkss..walaupun akhir-akhir ini udah ndak pumping beberapa waktu malam, karna kecapekan dan ketiduran, alhasil beberapa kali hasil pumpingnya deficit dari per hari dari yang dihabiskan ama #BabyMiguel, tapi mama janji setelah MPASI nanti which is 6bulan #BabyMiguel, mama mau rutin lagi pumping tengah malam/subuh biar tetap produksi asi mama banyak, apalagi bentar lagi mau liburan natal, huff…semoga liburan di kampong nanti tetap bisa disiplin pumping ya nak!.
Perkembangan #BabyMiguel diusia 6 bulan apa yah, banyak dech, tenaganya udah kuat banget buat genggam sesuatu, tapi lebih kuat tangan kanan dari tangan kiri, gigitannya dasyat, semua buku-buku yang bisa diraih sobekkkkk, dan beberapa x mama, papa dan opung kecolongan ada kertas yang masih disembunyiin dilangit-langit mulunya, hayaaa..nakkk…ntuh ndak enak, percaya dech!. Seperti biasa cek nilai KPSP #BabyMiguel dan sukses dengan nilai 10 juga, yeayy…Puji TUHAN. Oh ya #BabyMiguel udah bisa mundur-mundur, wakaka…harusnya ngerangkak ntuh maju nak, bukan mundur, tapi lucu setiap liat aksinya #BabyMiguel. Sekarang lagi belajar duduk, tapi klo distimulasi duduk sendiri dengan sandaran bantal, males bgt #BabyMiguel, dia langsung selonjoran, tp klo sandaran dibadan mama atau papa senengnya bukan main, kurang empuk bantalnya ya nak? Hahahha..
Ok, 6 bulan berarti saatnya MPASI yak, walaupun menurut WHO sebenernya diusia 180 hari pencernaan si bayi udah siap untuk mengkonsumsi makanan pendamping selain asi, jadinya hari sabtu, 9 November 2013, aku buat puree kabocha dan dengan semangatnya kita kasih ke #BabyMiguel, dan dengan suksesnya #BabyMiguel menolaknya walau masih nempel digusi , hahaha…Awalnya kita pikir karna texturnya yang masih terlalu kental, akhirnya aku tambahkan asip yang fresh, tapi ternyata #BabyMiguel tetep nolak, akhirnya tambah lagi asip-nya dan buat d botol dot-nya, sapa tau dia ndak suka ama wadahnya, tapi tetep juga, dan ternyata pikir punya pikir sepertinya dia masih dengan karena sebelumnya #BabyMiguel minum susu langsung dari mamake, o’alaaa…salah waktu kasihnya.
Akhirnya, besoknya kita ndak pantang nyerah dengan begitu, kita ganti menunya dengan puree alpukat, oh ya x ini dikasih waktu kita udah pulang gereja kira-kira jam 9-an pagi, dan begitu sendok 1 menyentuh ujung lidah #BabyMiguel, dia langsung mengecap-ecap dan sukses membuka mulutnya, yeayyyy…akhirnya habis semua, dan lebih mengherankan lagi #BabyMiguel ntuh kenceng bgt minum air putihnya, kaya’ papa dan mamanya, yang demen ama air putih , huaaa…can’t wait for the next day and the next day MPASI #BabyMiguel, sesuai dengan jadwal yang udah aku buat, semoga seneng makan ya nak, kaya’ mama dan papa juga, hahaha..
Oh ya, kita udah biasakan #BabyMiguel dari kecil dulu setiap bangun tidur berdoa dengan lipat tangan dan dengan doa yang sama, kalau doa tidur jarang, karena #BabyMiguel biasanya klo mau ditidurkan kadang-kadang ada dramanya, hehehe…dan setelah makan ini kita juga mau biasain #BabyMiguel berdoa sebelum makan, biar ntar semakin besar udah bisa doa sendiri ya nak, doa’kan papa,mama, opung dan keluarga yang lain 
For #BabyMiguel :
Hi Ganteng papa dan mama, udah gede ajah #BabyMiguel, baru kemaren mama ngerasain si ganteng mama ini goyang-goyang diperut, bentar lagi papa dan mama udah bisa liat #BabyMiguel goyang-goyang dihadapan papa dan mama ya nak, hahaaa. Terima Kasih ya nak, udah buat kebahagiaan papa dan mama bertambah-tambah dari hari ke hari, begitu pulang kantor ngeliat #BabyMiguel tidur ntuh rasanya sedih, tapi ternyata kata opung sebelum papa dan mama pulang #BabyMiguel juga resah kaya’ nyari-nyari ko’ blon plg, kita berdoa ya nak, biar dapat tempat tinggal yang ndak terlalu jauh dari kantor mama dan papa, jadi bisa ketemu #BabyMiguel saat masih bangun sorenya . Tetap tumbuh dijalannya TUHAN ya nak, tetap tumbuh dan bawa sukacita selalu seperti nama #BabyMiguel. Papa dan mama sayang #BabyMiguel.

5 Bulan #BabyMiguel

5 bulan? wow….just wow… Anak kami yang selalu buat kami semangat lagi, yang selalu buat air mata jadi tawa bahagia, yang selalu buat segala lelah kami pulang kantor menjadi hilang terganti dengan sukacita yang luar biasa, anak kami yang selalu menunggu papa mama nya pulang kantor untuk sebuah NITE KISS-nya, yup siapa lagi kalau bukan #BabyMiguel.

Terima Kasih luar biasa buat TUHAN YESUS yang sampai sekarang masih memberikan berkat luar biasa buat #BabyMiguel, terima kasih buat hikmat yang diberikan untuk kami orang tua yang masih butuh belajar banyak ini hari demi hari menjadi lebih baik demi dan demi #BabyMiguel,such a great BLESSING.

Oh ya, seperti harapan dipostingan 4 bulan #BabyMiguel sebelumnya, kalau kami mau ada surprise2 dari #BabyMiguel tentang perkembangannya, dan tepat dihari sabtu yang biasanya kalau bangun ndak langsung beberes2, jadi kita maen-maen dulu dikamar dan tiba2 #BabyMiguel yang udah bisa tegakin kepala langsung berguling tengkurap, Yayyy….#ThankingGOD dan saat ntuh usia #BabyMiguel 4m4d, sukacita bgt rasanya, dan ntuhlah awal mula #BabyMiguel demen tidur miring atau tengkurap, mau pagi, siang, sore atau malam, tapi lagi2 masih kuatir dengan SISD, kalau kebangun kita benerin posis tidur #BabyMiguel menjadi telentang atau mirip dengan diganjel pakai gulingnya dia yang sekarang total ada 4, huff..jangankan guling ada 4, bantal doi ajah ada 4 yang 2 masih baru dan ndak pernah dipake dilemari, hahaa.

Banyak cerita tentang #BabyMiguel sampai di usia 5 bulan ini, ndak beda seperti bulan-bulan sebelumnya, anak yang kuat karna di 4m11d #BabyMiguel kembali ikut kami ke Siantar untuk ngerayain ulang tahun Inang dan ulang tahun pernikahan Amang dan Inang (baca: Opung boru dan opung doli #BabyMiguel), ndak ada aksi drama dengan rewel selama perjalanan, yang ada #BabyMiguel anteng dimobil, begitu juga dengan saat perjalanan pulang dari Siantar ke Medan. Berhubung harus ngejar jam kerja ku senin ntuh, jadi kami berangkat jam 4 subuh dari Siantar, begitu dengar kami beberes barang2 masukin ke mobil, seketika ntuh juga #BabyMiguel terbangun dari tidurnya dan ndak nangis, dia anteng ajah ngeliatin kami yang lagi sibuk-sibuknya, begitu berangkat dari Siantar #BabyMiguel kembali tertidur di mobil dan kebangun kalau minta minum susu dan kembali lagi tidur dan terbangun dengan mata benar-benar segar dan tanpa drama rewel lagi langsung ceria begitu nyampe di Medan, bener-bener anak baik :’)

Tapi untuk pertama kali-nya sejak #BabyMiguel sakit, yah..dia kena batuk kering. Sebelumnya waktu di Siantar, 2 ponakan kami sakit dan bermain dengan #BabyMiguel, sebenernya kami juga takut ntar #BabyMiguel ketularan,cuma karna ngeliat mereka bermain dengan serunya akhir dibiarin, dan puji Tuhan ampe pulang ke Medan pun #BabyMiguel ndak kena tular batuk ponakan kami ntuh, namun beberapa hari setelahnya, #BabyMiguel jadi sedikit lemas dan ndak seceria biasanya, dan mulailah malam sebelum tidur dan pagi setelah bangun tidur kebatuk-batuk kering.

Ternyata selidik punya selidik sepertinya batuknya karena pengaruh cuaca, terlebih karena sehari sebelumnya seperti biasa #BabyMiguel yang cepat bgt bangun pagi seperti biasa, sekitaran jam 4-jam 5.30 pagi setelah bosen maen ditempat tidur, minta digendong keluar, akhirnya aku bawa keluar rumah, jalan-jalan area kompleks sebentar tanpa selimut atau topi hanya bermodalkan baju tidurnya, yah..aku pikir juga udah biasa #BabyMiguel seperti ntuh dan udara masih bersih, tapi ternyata aku salah, udaranya lagi ndak bagus, akhirnya daya tahan tubuh #BabyMiguel menurun dan terserang batuk. Kurang lebih 4hari masih batuk, tapi ndak rewel, cuma minum susu ndak seperti biasanya, bahkan waktu aku tinggal kerja, kata mama(baca: opung Miguel) cuma habis 300ml, akhirnya sisa 200ml yang udah cair aku relakan kebuang, biar #BabyMiguel minum langsung asi bukan asip.

Yang lebih membuat sedih, dihari ulang tahun ku, dimana banyak rencana yang sebelumnya aku dan hubbie bicarakan bubar jalan karna kondisi #BabyMiguel. Yang ada tepat jam 00.00 tanggal 29 September, yang ada #BabyMiguel rewelnya minta ampun, dia nangis tanpa sebab, dikasih minum ndak mau, dielus-elus punggungnya ndak mau, dikipas-kipas ndak mau, dimasukkan ke ayunan ndak mau, yang ada setelah beberapa hari aku dan hubbie juga kurang istirahat jadi gantian bentar-bentar gendong #BabyMiguel ampe dia tertidur. Setelah #BabyMiguel tidur, akhirnya aku dan hubbie meluruskan punggung yang lelah ditempat tidur dengan mata 2watt hubbie mencium ku “Selamat Ulang Tahun Mama”, just it…antara sadar dan tak sadar kami bertiga pun terlelap walau hanya beberapa jam, karna #BabyMiguel kembali bangun dan rewel.

Jadi hari ulang tahun ku ntuh hanya kami habiskan dirumah, ndak kemana-mana dan ndak mau kemana-mana juga ngeliat kondisi #BabyMiguel. Hari ntuh hanya ada surprise kecil dari mereka yang ku sayangi, ceritanya waktu pagi ntuh aku bersih-bersih kamar, dan tiba-tiba ada suara kencang menyanyikan lagu “Happy Birthday”, ada hubbie, Mamaku, Inang Mertua, Eda dan #BabyMiguel, bener-bener ndak nyangka sich, awalnya aku liat hubbie ambil kunci mobil ditempat biasanya dibuat, trus ngeliat dia balik tapi dengan tangan kosong, aku mikir ini anak tadi keluar bawa mobil bukannya mau beli sarapan? ko’ sarapannya ndak keliatan? eh ternyata doi beli cake ulang tahun buat istrinya, hahaha… Waktu kita heboh tiup-tiup lilin, ndak ada ekspresi sama sekali dari #BabyMiguel, bener-bener tampang orang ndak enak badan, diselingi dengan batuk-bat gnya.

Berhubung #BabyMiguel hanya bisa mengkonsumsi ASI sampai usia 6 bulan, dan kami juga penganut RUM(baca: Rational Used of Medicine), jadi ndak ada yang namanya kasih-kasih obat, aku perbanyak ajah kasih ASI ama #BabyMiguel dan kebetulan cuaca ndak bagus diluar jadi ndak bisa jemur juga. Siangnya kami putusnya bawa #BabyMiguel massage di MOM and JO, di jalan Kartini Dalam No.23, Medan dan ini yang pertama kami ketempat ini. Setelah daftar dan ada ruangan yang kosong, tanpa antri kita langsung dibawa keruangan tempat #BabyMiguel akan di massage. Anw pegawai di MOM and JO emang ramah-ramah dan keliatan penyayang anak-anak,yah sudah seharusnya donk ya, karena emang tujuan massagenya ngeluarin dahak kering #BabyMiguel dan buat badanya segar, jadi hanya ambil paket massage Rp. 135.000 dalam waktu 40 menit, hmm…nice ya (baca: emaknya kesalon ajah udah bisa 2 jam dengan biaya segitu, hahaa..)

Diruangan ntuh disediain TV buat si baby nonton sambil di massage, tapi berhubung #BabyMiguel ndak dibiasain nonton atau lebih tepatnya belum diperbolehkan nonton, gitu juga kalau dirumah, jadi TV-nya ndak dinyalain, kita ngobrol-ngobrol ajah ama #BabyMiguel sambil dia di massage. Minyak yang dipakai oleh MOM and JO katanya Immune Booster, nyesal kemaren ndak beli langsung, nyampe rumah baru nyadar harusnya beli, next time dech lagi kesana, harganya Rp. 180.000. Beberapa saat setelah selesai massage aku masih gendong #BabyMiguel sambil foto2 usil, tiba2 #BabyMiguel batuk dan keluar dahak, wahhh…senengnya…pasti #BabyMiguel sedikit lega, bener-bener ndak salah keputusan bawa ke MOM and JO saat ntuh, trus kapan #BabyMiguel sembuhnya? beberapa hari setelahnya, Puji Tuhan berkat ASI dan kasih karunia TUHAN.

Trus, cerita apa lagi ya tentang perkembangan #BabyMiguel? ehmmm…dia lagi geram-geramnya liat segala sesuatu yang bisa masuk kemulutnya, yang paling dia favoritkan adalah jari-jemari nya dia dan jari-jemari nya siapa ajah yang dekat kewajahnya, hahaah…dalam hitungan detik udah masuk ajah ntuh kedalam mulutnya, padahal #BabyMiguel ada punya 2 teether, tapi sepertinya jari-jemari masih lebih menarik buat #BabyMiguel, tapi teethernya juga jadi bahan stimulasi buat #BabyMiguel untuk menggenggam sebuah benda dan memindahkannya dari satu tangan ke tangan yang lain, yayyyy. Kadang-kadang aku pegang gusi bawahnya, sapa tau emang tanda-tanda kalau giginya mau numbuh, emang udah keras sich dan ada bagian keras gt udah nongol, cuma blon dalam bentuk gigi, hiihhi..penasaran semoga smua baik-baik ajah saat giginya nongol ya nak!

Pernah pulang kantor, seperti biasa jalanan kota Medan yang semakin sembraut buat lelah berkali-kali lipat begitu sampai dirumah, seperti biasa kami membersihkan diri dulu sebelum menyentuh #BabyMiguel, dan saat ntuh dia sedang dikamar dan lagi ngabisin asip-nya buat hari ntuh dan pemandangan yang kami liat adalah eng…ing…eng…#BabyMiguel pegang botol dot-nya sendiri donk, woww…..Puji Tuhan, banyak hal-hal baru dari #BabyMiguel yang buat kami sukacita lagi. Cuma sampai sekarang tetap ndak dibiarkan #BabyMiguel minum asip dari botol ditinggalkan sendiri, tetap diawasin, karna dia suka maen-maenin atau takutnya keselek juga, oh ya pencapain ntuh terjadi saat usia #BabyMiguel 4m3w.

Ehmm…apalagi yak? oh ya, another achievement dari #BabyMiguel ntuh di usia 3d to 5mos, tengah malam #BabyMiguel nangis seperti biasa mau minta minum susu, ntah kenapa rada berlebihan doinya nangisnya kenceng bgt, padahal aku sebenernya udah bangun dan siap kasih gudang susu(baca: sumber makanan Migu) buatnya, akhirnya hubbie pun terbangun dan gitu kita liat dia yang tidur diantara aku dan hubbie, ajaib donk #BabyMiguel guling-guling ampe 4x artinya dari telentang ke tengkurap kemudian ketelentang lagi dan ketengkurap lagi, whooo….serentak aku dan hubbie tertawa sukacita saat ntuh juga, ternyata bener kata orang, kadang-kadang si anak ntuh rewel sepertinya ada kepintarannya yang bertambah, wo..wo..wo… #ThankingGOD

Ah…ndak ada habisnya emang cerita tentang #BabyMiguel, apalagi tentang perkembangan Bicara & Bahasa, Sosialisasi dan Kemandirian, banyak yang nambah sesuai dengan stimulasi yang kita kasih, sangkin mandirinya, sering maen sendiri ditempat tidur sementara papa dan mama-nya tidur karna doi bangunnya kecepetan, hahahaa.. Usut punya usut, teranyta waktu cek di usia 5 bulan ini, nilai KPSP #BabyMiguel ntuh 9 lho, yayyy….GOOD BOY!

Oh ya gimana cerita ASIP-nya #BabyMiguel selama aku tinggal kerja? Puji Tuhan masih cukup, walau kadang-kadang hasil pumping naik turun dari hari ke hari, tapi dengan aku buat TARGET setiap hari aku harus dapatkan ASIP lebih banyak atau sama dengan #BabyMiguel konsumsi per hari ntuh, akhirnya sama saat ini ASIP di freezer masih surplus dan semoga satu bulan kedepan tercapai SARJANA ASI-nya #BabyMiguel *praying. Sebulan lagi #BabyMiguel udah mulai MPASI, dari Sekarang aku udah banyak baca buku tentang MPASI dan tanya-tanya dari teman-teman yang berpengalaman, dan setelah menggalau tentang menu pertama #BabyMiguel, akhirnya dapatlah 1 jadwal pemberian MPASI untuk #BabyMiguel di usia 6 bulan nanti :).

For #BabyMiguel
Hey our heaven on earth, 5 months already handsome! Thanking GOD for everything HE has been giving, is still giving and going to give for our little family, especially in you #BabyMiguel. As usual our best prayers go to you
dearest, keep growong up in GOD’s path, stay healthy and stay blessed to be a blessing. We love you so much dearest, we’ll do everything for you, you are our everything.

Don’t forget to show us the best from you day after day dearest, it does bring a lot of happiness in our tiring and bored day, yes…you truly our oase.

So sorry if we can’t spend all of our days with you, yet please believe dear that our love for today is bigger than yesterday and tommorow for you :). May GOD bless our little family more and more.

4 Bulan #BabyMiguel

Kembali bekerja dan udah 1 bulan ninggalin #BabyMiguel selama kurang lebih 12 jam seharinya, betapa rasanya ingin ngeliat setiap perkembangannya secara langsung dan berada disampingnya setiap saat. Mana perjalanan rumah-kantor-rumah benar2 menguras waktu dan tenaga karna ndak bentar, apalagi dengan kondisi lalu lintas kota Medan yang semakin acak adut. Jadi sebisa mungkin kami berangkat kantor udah maen2 ama #BabyMiguel sebelumnya dan pulang kantor udah nyampe sebelum #BabyMiguel tidur. Tapi ada kalanya kami sampai dirumah pulang kantor #BabyMiguel udah tertidur, gimana rasanya saat ngeliat seperti ntuh? Nyesss…..sedihnya :’(, puji Tuhan #BabyMiguel ngerti dan tetap nyediain waktu buat maen ama papa mamanya dipagi hari, karna pagi2 jam 5 atau jam 6 dia udah bangun tidur, dan sebelum brangkat kantor kita selalu sempatin maen bareng #BabyMiguel dan beberapa kali kita brangkat udah duluan balik boboin #BabyMiguel lagi.

Setelah cerita 3 bulan kemaren, masih banyak rasa penasaran aku dan papa Miguel tentang pencapaian2 yang seharusnya udah didapat oleh #BabyMiguel, tapi belum juga kami lihat, tapi kami ndak nyerah dan ndak berputus asa untuk tetap menstimulasi #BabyMiguel. Puji Tuhan memang semua ada waktunya, dan pasti waktu itu yang tepat seturut rencana Tuhan. Kami juga ndak mau maksa #BabyMiguel untuk achieve sesuatu sesuai keinginan kami, sama seperti nanti masa depan #BabyMiguel, kami mau dia ngejalanin semuanya sesuai dengan keinginan hatinya, kami sebagai orang tua hanya mendukungnya dan member pengertian tentang segala sesuatu yang kami lebih dahulu tahu J.

Ceritanya hari itu kami pulang kantor, dan dengar cerita tante Miguel(baca: Jagaian sementara #BabyMiguel) kalau hari itu dia rewel bgt ndak tau karna apa, yang pasti bukan karena sakit atau apa2, tapi rewel ajah, tapi begitu mama dan papa Miguel pulang dan disambut ama #BabyMiguel sperti biasa kita pasti mandi dan bersih2 dulu trus maen2 ditempat tidur. Seperti biasa kami stimulasi lagi #BabyMiguel dengan menengkurapkannya dan disinilah hal itu terjadi, tiba2 dia angkat ajah kepalanya ampe 90 derajat, ndak pake 30 derajat dulu, trus 45 derajat dulu, tapi langsung 90 derajat, betapa kami ndak bersyukur dan bahagia bgt, dan saat ntuh usia #BabyMiguel 3m5d(baca: 3 bulan 5 hari), yang mana artinya masih kategori 3mos(baca: kalau 3m16d sudah termasuk 4mos) dan menurut KPSP(baca: Kuesioner Pra Skrining Perkembangan)-nya, berarti nilai #BabyMiguel = 10, yayyy… #ThankingGOD.

IMG_1104

Memikirkan bahwa hari2 kami akan semakin sedikit waktunya bersama #BabyMiguel masa2 sperti ini, jadi merencanakan untuk mencari tempat tinggal baru yang aksesnya sangat dekat atau ndak menghabiskan waktu yang banyak dijalan menuju kantor. Jadi udah mulai survey2 perumahan ama papa Miguel, yang terjangkau juga dengan isi tabungan, dan smoga Tuhan tunjukkan yang terbaik untuk rencana baik ini, BIG AMEN !! Kebayang klo jarak antara rumah dan kantor dekat, bisa juga dihabiskan jam makan siang dengan balik ke rumah, wah…pasti seneng bgt yak, slain ndak usah minum asip #BabyMiguel nya, bonding antara aku dan #BabyMiguel pasti lebih kuat, ouch…how I need it much.

Setelah achieve untuk angkat kepala, jadi klo digendong sekarang #BabyMiguel ndak mau lagi dengan posisi tiduran, maunya ditegakin atau ndak diposiin seperti duduk, luar biasa senengnya nich bocah, ampe2 ndak sadar sewaktu jemput uda-nya dibandara kualanamu, #BabyMiguel dari bandara ampe tanjung merawa diposisi duduk, walau akhirnya berakhir dengan nangis bentar dan tertidur, hiihih. Hari-hari berikutnya diisi dengan perkembangan #BabyMiguel lainnya, sperti untuk stimulasi tidur miring dan tengkurap, aku biasakan nyusuin #BabyMiguel sambil tiduran, dan hasilnya sring bgt #BabyMiguel kalau tidur miring, rasanya pules bgt, dan klo ndak sring diperhatiin bisa2 nanti #BabyMiguel udah tidur tengkurap, hahaha..good boy! Tapi berhubung masih takut dengan SIDS(baca: syndrome infant death sudden),kami biasakan #BabyMiguel untuk tidur telentang, dan menurut dokter posisi tidur seperti ini yang paling baik untuk bayi. Tapi berhubung mungkin #BabyMiguel sambil latihan miring dan tengkurep, sesekali kalau kami perhatiin dia udah bisa miring dan tengkurap sendiri, tapi belon mantab, hehe..ayo nak…berusaha lagi J

Oh ya, 3 days to 4 months #BabyMiguel, kami bawa imunisasi lagi, rasanya kalau udah jadwal imunisasi seneng bgt, bisa ngobrolin bnyak perkembangan #BabyMiguel ama DSA-nya dr. Bugis. Oh ya berat badan 6.8kg dan tinggi badan 64.5, quite good menurut dokter karna masih dalam garis hijau kurva, dan senengnya lagi walau ndak nulis record laporan kami pada dr. Bugis dibuku kesehatan #BabyMiguel, dr. Bugis bertanya lagi tentang benjolan dikantung zakar #BabyMiguel yang aku ceritakan dipostingan sebelumnya, wow…dokternya perhatian, jagi makin seneng J

So selanjutnya, gimana cerita nanny-nya #BabyMiguel? Ampe sekarang belon dapat donk :’(, it’s not an easy thing, actually. 1 minggu pertama #BabyMiguel dijagain tante Coy(baca: adik kembarku yang guru, karena masih libur sekolah), tapi masih belon dapat nanny juga akhirnya minta tolong ama MA’eee-opung Miguel, dan masih belon dapat juga ampe sekarang. Sampai sekarang masih tenang ninggalin #BabyMiguel dirumah karna dia diasuh oleh orang yang tepat, tapi ndak mau juga selamanya tergantung ama MA’eee, karna dia juga punya aktifitas lain di Siantar ditambah lagi dengan usianya yang seharusnya ndak full time jagain #BabyMiguel. Semoga dapat orang yang tepat buat ngasuh #BabyMiguel secepatnya, biar MA’eee aka opungnya bisa focus jagain dan sesekali bisa pulang ke Siantar dan sesekali datang ke Medan, bukan karna keharusan jaga #BabyMigeul.

Gimana cerita tentang ASIP #BabyMiguel setelah aku kembali ngantor? Yak…dikantor pumping 3x sehari, jam 08.00, 12.00 dan 16.30 bagaimana hasilnya? Biasanya dari 3x pumping ntuh aku bisa bawa pulang ASIP sekitar 400-800ml buat #BabyMiguel. Hehee…aku tetap disiplin pumping dan berapa pun hasil yang didapat tetap bersyukur, ndak mau down karna dengar orang2 lain hasilnya berkali2 lipat dari hasil yang aku peroleh. Kalau dirumah ndak disiplin pumpingnya, akibat kecapekan dari kantor, jadi kadang2 pumping malam sekitar jam 22.00 dan pagi jam 04.00, dan sampai saat ini setiap hari #BabyMiguel menghabiskan sekitar 400ml – 500ml ASIP per harinya, dan puji Tuhan stock ASIP di freezer diusia #BabyMiguel ini masih penuh seperti bulan ke-3 saat aku bersiap masuk kantor lagi.

 

Anw, mungkin kebiasaan pake dot,pernah sekali waktu hari Sabtu, waktu imunisasi dari pagi #BabyMiguel minum cuma sebentar, dan ampe siang dia ndak minta minum lagi. Diperjalanan ke RS, aku ajak becanda dimobil sambil nyodorin buat minum, tapi dia ndak mau, sampai setelah imunisasi pun dia Cuma minum bentar dan tidur lagi. Setelah selesai imunisasi kita kerumah Uda-nya papa Miguel, which is mertua aku juga dan #BabyMiguel juga ndak mau minum, rasanya sedih dan mikir apa dia bingung putting? Mana aku ndak bawa breastpump atau wadah buat pumping, jadinya rasanya udah penuh banget payudaranya. Begitu nyampe rumah, aku mandiin #BabyMiguel dan sambil tiduran aku sodorin biar dia minum, puji Tuhan #BabyMiguel mau minum, berarti bukan karna bingung putting, ntahlah apa yang buat dia ndak terlalu bnyak minum hari itu, semoga Cuma kali itu ajah.

For #BabyMiguel

Hey gorgeous boy, you’re 4 months now, and we’re so proud of you, for what happiness we’ve got this 4 months after you delivered, such a great blessing, indeed. #ThankingGOD for everything HE has done and counting for the next he’ll do for our little family, especially for you dearest son, #BabyMiguel.

Keep growing in GOD’s path dearest, stay healthy, be smarter and be full of joy as always. We’ll do anything for you as long as we could give our maximum effort for. Please give Papa and Mama a lot of surprise in your growing progress everyday because it does multiply our happiness day by day.

Please be a good boy dear, when papa and mama not around, it’s not because we don’t love or care about you, no..we just try our best for your future by working. Pray for us dear, so we can achieve everything in our wish list. We love you so much #BabyMiguel God Bless our little family.